Susu Ibu Hamil

Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Saat hamil, kebutuhan nutrisi Anda meningkat untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan, disamping kebutuhan nutrisi Anda sendiri.

Susu merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil, minimal Anda mengonsumsi satu gelas produk susu setiap harinya untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin, kalsium dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Berikut ini beberapa alasan mengapa ibu hamil harus minum susu setiap harinya.

Jenis Susu untuk Ibu Hamil

  • Susu Sapi, susu sapi kaya akan Kalsium, Vitamin A, Vitamin D, dan Vitamin E. Kandungan protein dan asam amino yang terdapat pada susu sapi sangat penting untuk pembentukan sel-sel pada ibu dan bayi dalam kandungan. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan menghindarkan Anda dari risiko diabetes gestasional. Vitamin A bekerja dengan menguatkan sistem imun dan membantu menjaga kesehatan mata ibu hamil, sedangkan vitamin E bekerja sebagai antioksidan dan melindungi Anda dari infeksi penyakit.
  • Susu Kambing, kandungan nutrisi dalam susu kambing sangat tinggi, meski rasanya aneh bagi sebagian orang namun kualitas susu jenis ini tidak perlu diragukan lagi. Tinggi kalsium, protein, Vitamin A dan Vitamin B2 serta lemak sehat yang terdapat didalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga metabolisme tubuh ibu hamil dan mengatasi masalah pencernaan. Kandungan vitamin A dalam susu kambing sangat mudah diserap oleh tubuh.
  • Susu Almond, susu yang diolah dari kacang almond merupakan alternatif terbaik bagi mereka yang memiliki alergi gluten dan kedelai. Susu Almond kaya akan kandungan asam folat, vitamin B, vitamin E, Kalsium, Zat Besi, Protein dan Serat. Selain itu, susu jenis ini juga rendah kalori, lemak dan kolesterol.
  • Susu Kedelai, susu kedelai memiliki kandungan protein sebanyak susu sapi, saat ini banyak produk susu kedelai untuk ibu hamil yang rendah lemak dan telah di fortifikasi dengan kalsium serta serat yang baik untuk mengatasi masalah kehamilan. Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil diantaranya menjaga kesehatan sistem kardiovaskular serta menguatkan sistem imun tubuh dengan kandungan antioksidannya.
  • Susu Oat, susu yang di olah dari bahan dasar oatmeal ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin B, Fosfor, serta Serat yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan, mengontrol kadar gula darah dan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Meski kandungan protein dalam susu oat lebih rendah dibandingkan susu sapi, tapi minuman ini merupakan salah satu susu ibu hamil yang direkomendasikan.

Manfaat Susu untuk Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti yang Anda ketahui, susu memberikan nutrisi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang karena kandungan Kalsium di dalamnya. Selama kehamilan, Anda membutuhkan asupan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda dan membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Memenuhi kebutuhan kalsium dapat membantu bayi Anda menderita osteoporosis di kemudian hari.

2. Sumber Multivitamin

Susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt dapat memberikan Anda asupan vitamin untuk ibu hamil, mulai dari vitamin B hingga vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium oleh tulang dan menjaga kepadatan tulang Anda. Selain itu, asupan vitamin D akan memastikan kehamilan Anda tetap sehat dan mengurangi risiko keguguran.

3. Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam Lambung naik merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi dan mungkin Anda mencoba mengonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasinya. Namun, dengan mengonsumsi susu Anda dapat mengatasi asam lambung secara alami sehingga menghindarkan Anda dari konsumsi obat-obatan kimia yang mungkin dapat mempengaruhi kehamilan Anda.

Susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt dapat menetralkan asam lambung dan Yogurt dapat menyeimbangkan bakteri baik di usus Anda sehingga mencegah risiko timbulnya masalah asam lambung di kemudian hari.

4. Melahirkan Bayi Sehat

Beragam penelitian mengungkapkan bahwa minum susu saat hamil tidak hanya baik untuk ibu hamil dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Namun, juga akan memberikan Anda bayi yang sehat dan terhindarkan dari risiko penyakit diabetes gestasional dan osteoporosis. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil dapat menghindarkan dari risiko penyakit bawaan lahir seperti multiple sclerosis. Oleh karena itu, rutinlah minum susu saat hamil.

5. Memaksimalkan Perkembangan Otak Bayi

Susu memiliki kandungan Iodine yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan, Iodine juga membantu memaksimalkan perkembangan sistem saraf bayi Anda. Iodine hanya terdapat pada sedikit makanan dan susu merupakan salah satu diantaranya, jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan minum susu selama kehamilan.

6. Untuk Kesehatan Ibu dan Bayi Dalam Kandungan

Kandungan protein dalam susu sangat penting untuk kekuatan tubuh Anda dan membantu Anda untuk menjaga berat badan selama kehamilan. Terlebih bagi janin dalam kandungan Anda membutuhkan protein selama kehamilan sehingga terhindarkan dari masalah bayi lahir dengan berat badan minimal. Susu memiliki kandungan protein dan asam amino esensial yang membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan dan mengatur ritme detak jantung bayi Anda.

Asupan nutrisi selama kehamilan sangat penting untuk memastikan bayi Anda terlahir sehat, sehingga jaga kesehatan diri dan kehamilan Anda.

Cara Aman Minum Susu saat Hamil

Selama kehamilan, Anda dapat mengonsumsi sekitar tiga gelas susu dan produk turunannya untuk memenuhi kebutuhan kalsium, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda dan memaksimalkan perkembangan tulang dan gigi bayi dalam kandungan.

Pastikan Anda hanya mengonsumsi susu yang telah melewati proses Pasteurisasi untuk memastikan kehigienisan susu dan menghindarkan Anda dari infeksi virus dan bakteri yang mungkin terdapat pada susu.

Hindari konsumsi susu jika Anda alergi terhadap susu sapi dan kacang kedelai. Konsultasikan kepada dokter mengenai sumber nutrisi pengganti susu kepada dokter kandungan atau bidan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Susu Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga asupan makanan sehat untuk ibu hamil.

Leave a Comment