Susah Buang Air Besar saat Hamil

1 min read

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Saat Hamil

Sembelit atau susah buang air besar saat hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi, lebih dari 50 persen ibu hamil mengalami masalah ini. Banyak faktor yang menjadi penyebab ibu hamil mengalami sembelit seperti perubahan hormon, tekanan pada perut dan suplemen zat besi selama kehamilan.

Meski tidak membahayakan kehamilan, bila tidak diatasi dengan benar sembelit pada ibu hamil dapat menyebabkan Hemorrhoids. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada ibu hamil, namun tidak membahayakan kehamilan.

Penyebab Susah Buang Air Besar saat Hamil

Saat hamil, peningkatan hormon progesteron membuat otot-otot tubuh Anda melemas. Hal ini sebagaimana dikutip dari TodayParents mengakibatkan pergerakan sistem pencernaan Anda menjadi lambat, sisi positifnya adalah kondisi ini membuat tubuh menyerap nutrisi dan cairan yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi di awal-awal kehamilan.

Pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, tekanan yang diakibatkan pertumbuhan janin dalam rahim dapat menyebabkan masalah pada perut Anda yang salah satunya adalah sembelit.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar saat Hamil

Untuk mengatasi sembelit saat hamil melakukan perubahan gaya hidup harus dilakukan selain untuk mencegah, gaya hidup sehat untuk dapat mengobati susah buang air besar. Lakukan beberapa tips berikut ini agar pencernaan Anda lancar:

1. Minum Air Putih

Menjaga cairan sangat penting bagi siapa saja, terutama bagi ibu hamil. Memenuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum 8-10 gelas setiap hari dapat meningkatkan pergerakan perut dan melancarkan pencernaan Anda.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Saat hamil penting untuk memilih makanan sehat untuk ibu hamil, yang kaya vitamin, mineral dan serat. Serat merupakan bahan alami yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Serat dapat membantu pergerakan perut Anda menjadi lebih ringan dan lancar. Beberapa orang merekomendasikan untuk mengonsumsi buah prem yang juga memiliki kandungan Laxative atau pencahar alami untuk mengatasi susah buang air besar.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil. Olahraga dapat menstimulasi pergerakan perut Anda, ibu hamil disarankan untuk berolahraga tiga kali dalam sepekan dengan durasi 20 – 30 menit.

Lakukan olahraga untuk ibu hamil seperti jalan kaki, yoga atau berenang untuk meningkatkan fungsi organ tubuh dan detak jantung yang stabil, kondisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

4. Batasi Asupan Kalsium

Terlalu banyak konsumsi kalsium dapat menyebabkan ibu hamil susah buang air besar. Kalsium banyak terdapat pada susu dan produk turunan seperti Keju, Yogurt dan Es Krim, oleh karenanya batasi asupan susu Anda setiap harinya.

5. Makan Dalam Porsi Kecil

Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil disarankan untuk menghindari makan dalam porsi besar. Ada baiknya Anda makan dalam porsi kecil namun sering, hal ini dapat membuat perut Anda mudah mencerna makanan dan dapat mentransfer makanan pada usus dengan lebih lancar.

Makan dalam porsi besar dapat membuat perut Anda penuh dan membuat sistem pencernaan Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna.

6. Batasi Asupan Zat Besi

Jika Anda mengonsumsi vitamin ibu hamil yang mengandung zat besi dalam dosis tinggi dan Anda tidak mengalami anemia selama kehamilan, tanyakan pada dokter kandungan Anda untuk mengganti suplemen kehamilan yang memiliki kandungan zat besi yang rendah.

Masalah Kehamilan Lainnya:
Gusi Berdarah Saat Hamil, Berbahayakah?
Waspadai Gejala Kepanasan Saat Hamil Berikut ini.
Komplikasi Kehamilan yang Mengancam Ibu dan Bayi dalam Kandungan.

Demikian pembahasan mengenai Cara mengatasi Susah Buang Air Besar Saat Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi masalah kehamilan.

Artikel Terkait

Masalah Kehamilan Kehamilan merupakan kondisi spesial dalam hidup Anda, sudah pasti rasa antusias meliputi Anda beserta pasangan dalam menghitung hari dan mengikuti per...
Keguguran Keguguran adalah gugurnya janin sebelumnya kehamilan mencapai usia 20 minggu. Keguguran merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang menjadi momok b...
Gatal pada Ibu Hamil Mengapa ibu hamil sering mengalami gatal? gatal pada ibu hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi. Lebih dari 20 persen ibu ha...
Air Ketuban Sedikit Air ketuban merupakan bagian dari sistem pendukung bayi dalam kandungan. Air ketuban melindungi bayi dan membantu proses pengembangan otot, anggota tu...
Kelelahan saat Hamil Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi pe...