Pantangan Program Hamil

4 min read

Pantangan Program Hamil

Menjalani program hamil memerlukan kesabaran karena Anda dan pasangan tidak akan tahu di bulan keberapa mendapatkan kehamilan. Namun, selama menunggu Anda dapat melakukan kiat sehat agar cepat hamil.

Terdapat beberapa pantangan program hamil yang harus Anda jalankan untuk meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan. berikut ini 11 Pantangan yang harus Anda hindari selama program hamil sebagaimana dikutip dari The Bump.

Pantangan Program Hamil

1. Merokok

Baik Anda maupun pasangan harus menghentikan kebiasaan merokok bila sedang dalam usaha mendapatkan keturunan, pasalnya menurut American Sociey for Reproductive Medicine menemukan bahwa para perokok membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dan kandungan kimia yang terdapat pada rokok mempengaruhi kesehatan sel telur wanita, sedangkan bagi pria dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

Kebiasaan merokok baik aktif maupun pasif dapat meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik.

Dalam penelitian lain mengungkapkan wanita yang aktif merokok yang menjalankan program bayi tabung memiliki peluang yang lebih kecil mendapatkan kehamilan dibanding mereka yang tidak.

2. Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan masalah kesuburan pada pria dan wanita. Kafein menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh Anda menyerap zat besi, dan cairan sehingga Anda mengalami dehidrasi.

Sedangkan pada ibu hamil, konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Jadi, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti:

  • Kopi
  • Teh
  • Coklat
  • Minuman Energi

3. Alkohol

Pasangan yang sedang dalam program hamil sebaiknya menghindari konsumsi alkohol, dalam sebuah study menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lima gelas alkohol dalam seminggu diketahui mengalami penurunan kesuburan.

Badan Standart Pangan Amerika Serikat menyarankan untuk meninggalkan alkohol Saat program hamil. Atau setidaknya batasi konsumsi alkohol satu gelas per dua minggu sekali. Selain minuman keras alkohol juga terdapat pada makanan seperti:

  • Buah Nangka
  • Buah Durian
  • Buah Duku
  • Tape

4. Terlalu Kurus atau Terlalu Gemuk

Untuk mempersiapkan kehamilan Anda harus menjaga berat badan Anda tetap ideal. Terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat menyebabkan siklus haid tidak lancar, bahkan jika Anda kekurangan berat badan maka dapat menghentikan ovulasi Anda.

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes, pre-eklampsia, gangguan pada janin.

Konsultasikan dengan dokter keluarga mengenai berat badan ideal Anda, konsumsi makanan sehat dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesuburan, olahraga teratur dan penuhi kebutuhan cairan untuk mempersiapkan tubuh Anda menyambut kehamilan.

5. Kurang Makan Sayur

Sayuran merupakan salah satu makanan penyubur kandungan. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau sangat baik untuk mendapatkan asam folat, asam folat merupakan vitamin B yang baik untuk mempersiapkan tubuh sebelum kehamilan dan pada trimester pertama kehamilan untuk menghindarkan gangguan kesehatan pada janin.

Jadi melewatkan mengonsumsi sayuran dapat menyebabkan peluang Anda mendapatkan kehamilan menurun.

Baca Juga:

Makanan Agar Cepat Hamil
Cara Menyuburkan Kandungan
Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

6. Abaikan Kesehatan Gigi

Jika sebelumnya Anda tidak memperhatikan kesehatan gigi, saat menjalankan program hamil sebaiknya Anda dan pasangan memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk pada pria dapat menyebabkan menurunnya jumlah produksi sperma dan jika wanita memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan kurang.

7. Malas Berolahraga

Malas berolahraga dapat menyebabkan kesuburan Anda dan pasangan menurun. Olahraga selain baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru juga baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda sebelum kehamilan. Oleh karenanya lakukan olahraga ringan seperti : Jogging, Berjalan Kaki, Bersepeda atau Berenang.

8. Olahraga Ekstrim

Olahraga terlalu keras juga tidak baik saat menjalankan program hamil. Olahraga ekstrim juga membuat wanita lebih sulit hamil karena dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan masa subur wanita.

Selain itu, Olahraga berat juga menurunkan libido pada pria dan wanita.

9. Bisphenol A

Bisphenol A atau sering disingkat BPA merupakan bahan kimia yang ditemukan pada benda plastik seperti botol minuman dan kotak makanan. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University mengungkapkan bila paparan BPA dapat menyebabkan masalah kesuburan baik pada pria maupun wanita, seperti menurunkan jumlah dan kualitas sperma dan menurunkan sel telur pada wanita

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman panas yang dikemas pada kemasan plastik untuk menghindari paparan BPA.

10. Stress

Stress dapat menyebabkan masalah kesuburan pada pria dan wanita. Wanita yang memiliki tingkat stress yang tinggi cenderung mengalami kesulitan untuk hamil karena stress menyebabkan gangguan siklus haid dan menyebabkan kondisi menopause dini pada wanita.

Sedangkan bagi pria, stress dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan kemampuan seksual sehingga mengurangi persentase keberhasilan untuk mendapatkan kehamilan.

Jadi stres menurunkan kualitas kesehatan Anda dan kemampuan tubuh untuk hamil, sebaiknya hindari stress dengan melakukan aktivitas luar ruang atau yoga.

Baca Juga:

Cara Cepat Hamil
Jenis Olahraga Agar Cepat Hamil

11. Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut diketahui memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Kandungan merkuri yang tinggi pada pembuluh darah Anda dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita. Bahkan merkuri dapat bertahan di tubuh Anda dalam jangka waktu yang lama dan menyebabkan masalah kehamilan seperti tumbuh kembang janin dalam trimester pertama kehamilan.

Oleh karenanya hindari makanan laut tinggi merkuri seperti:

  • Ikan Hiu
  • Ikan Kakap
  • Ikan Todak
  • Ikan Tuna
  • Ikan Marlin
  • Kerang

12. Susu Tanpa Pasteurisasi

Susu tanpa pasteurisasi kemungkinan besar mengandung bakteri Listeria, yang dapat menyebabkan penyakit Listeriosis. Penyakit yang dapat menyebabkan gangguan saraf pada janin hingga keguguran. Oleh karenanya hindari makanan seperti:

  • Susu Tanpa Pasteurisasi
  • Keju Brie
  • Keju Camembert
  • Keju Susu kambing
  • Keju Danish
  • Keju Stilton

13. Minuman Bersoda

Minuman bersoda berdasarkan hasil study merupakan salah satu faktor penyebab masalah kesuburan. Tingginya kandungan gula menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan peradangan karena infeksi bakteri dan perubahan metabolisme tubuh Anda.

Selain itu, mengonsumsi minuman bersoda dalam kemasan plastik juga borpotensi terkena paparan bahan kimia BPA yang mempengaruhi kesuburan Anda.

14. Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti kripik, popcorn microwave, makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng dapat menyebabkan peradangan dan membuat tubuh Anda resisten terhadap insulin dimana hal tersebut dapat menyebabkan kemandulan.

Makanan berlemak juga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga mengganggu penyebaran vitamin dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk ke organ reproduksi Anda. Selain itu, makanan berlemak juga dapat berdampak negatif pada pria karena mengurangi jumlah dan kualitas sperma.

15. Makanan Tinggi Gula

Salah satu cara cepat hamil adalah dengan membatasi mengonsumsi makanan tinggi gula, hal ini dikarenakan lonjakan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan masalah kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan peradangan, perubahan hormon dan menghalangi ovulasi. Oleh karenanya kurangi makanan dan minuman tinggi gula seperti:

  • Nasi Putih
  • Cake
  • Biskuit
  • Minuman Kemasan
  • Minuman Bersoda

16. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak dan produk turunannya seperti Yoghurt, Keju dan Es Krim mengandung hormon androgen, merupakan hormon pria yang muncul setelah penghilangan lemak pada susu. Hormon ini dapat menyebabkan terganggunya siklus haid Anda.

17. Daging Olahan

Daging olahan mengandung banyak bahan kimia seperti pengawet, perasa dan pewarna yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Selain itu, besar kemungkinan daging olahan mengandung bakteri Listeri yang berpengaruh langsung dengan kesehatan organ reproduksi Anda.

Oleh karena itu, hindari konsumsi daging olahan seperti:

  • Daging Kalengan
  • Ikan Kalengan
  • Sosis
  • Ham

18. Makanan Mentah

Makanan mentah sebaiknya hindari karena mengandung bakteri dan toxoplasma yang dapat menginfeksi placenta bayi dan mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Oleh karenanya, hindari makanan mentah seperti:

  • Sushi
  • Telur Setengah Matang
  • Carpacio

Demikian pembahasan mengenai Pantangan Program Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam upaya mendapatkan kehamilan.

Artikel Terkait

Makanan untuk Kesuburan Pria Agar cepat hamil mulai saat ini Anda harus mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.Makanan sehat sangat penting untuk pemben...
Vitamin Kesuburan Pria Terapi dengan mengonsumsi vitamin tertentu telah lama dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Mengonsumsi makanan sehat dan vitamin dapat meningk...
Vitamin Penyubur Kandungan Setiap orang setiap harinya membutuhkan vitamin untuk menjaga fungsi organ tubuh dan kesehatan mereka terjaga. Tubuh membutuhkan beragam vitamin denga...
Vitamin Ibu Hamil Untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan, mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan merupakan keharusan. Namun, mengonsumsi vitamin ibu ham...
Masa Subur Wanita Jika Anda sedang berada dalam program hamil, mengetahui masa subur merupakan hal penting untuk meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan. Keutamaan m...