Olahraga Ibu Hamil

3 min read

Olahraga untuk Ibu Hamil

Rutin berolahraga saat hamil merupakan salah satu cara merawat kehamilan dan kesehatan Anda. Aktif olahraga selama kehamilan dapat menjaga postur tubuh Anda dan mengurangi ketidaknyamanan saat hamil seperti nyeri punggung dan kelelahan.

Selain itu, telah banyak study yang mengungkapkan bahwa aktifitas fisik selama kehamilan dapat mencegah beragam masalah kehamilan seperti Diabetes Gestasional, Mengurangi Stress dan Mempermudah proses persalinan kelak.

Lantas bagaimana olahraga yang baik untuk ibu hamil? Jika Anda termasuk orang yang jarang berolahraga sebelumnya. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai, mengutip rekomendasi The American College of Obstetrics and Gynecology lakukan jalan santai selama 30 menit setiap tiga kali dalam seminggu.

Dalam artikel kali ini kami membahas mengenai Olahraga untuk Ibu Hamil yang aman untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, sebagaimana dikutip dari What to Expect.

Olahraga untuk Ibu Hamil

  1. Jalan Santai

    Tidak ada olahraga yang lebih mudah dilakukan selain berjalan santai. Olahraga ini baik untuk dilakukan dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan.

    Jalan santai merupakan olahraga kardio yang baik untuk ibu hamil, berjalan kaki dapat menjaga kesehatan Anda tanpa memberikan beban yang lutut dan pergelangan kaki Anda. Dan Anda hampir tidak membutuhkan peralatan olahraga yang rumit serta mudah dilakukan dimana saja.

  2. Renang

    Aktifitas renang merupakan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan di air tubuh Anda sangat ringan dan bergerak lebih bebas sehingga lebih banyak otot yang bergerak.

    Manfaat berenang bagi ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi pembengkakan, menghilangkan penat, meredakan pegal pada pinggang dan kaki Anda. Selain itu, juga dapat meringankan gejala nyeri punggung.

  3. Aerobik

    Low Impact Aerobik merupakan olahraga hamil yang baik dilakukan. Aerobik bermanfaat untuk menguatkan jantung dan memperbaiki postur tubuh Anda. Selain itu, jenis olahraga ini dapat memicu keluarnya hormon endorphin yang membawa kesenangan.

    Namun, pastikan Anda mengikuti kelas aerobik khusus kehamilan karena ada beberapa gerakan yang dilarang saat hamil seperti meloncat dan gerakan yang memberikan tekanan pada kandungan Anda.

  4. Yoga

    Yoga untuk Ibu hamil merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk menjaga kehamilan. Gerakan senam yoga dapat memberikan relaksasi, kelenturan, fokus dan olah pernapasan yang baik saat persalinan kelak.

    Saat ini banyak kelas senam yoga untuk ibu hamil yang berfokus pada gerakan-gerakan yang baik sesuai dengan fisik wanita hamil. Kunjungi studio yoga untuk menanyakan ketersediaan program bagi wanita hamil.

    Namun, hindari Bikram Yoga atau Hot Yoga karena peningkatan suhu merupakan pantangan kehamilan.

  5. Pilates

    olahraga buat ibu hamil selanjutnya adalah Pilates, pilates dapat menguatkan tubuh dan melenturkan otot, selain itu pilates dapat mengurangi nyeri punggu dan memperbaiki postur tubuh anda.

    Sama seperti halnya kelas yoga kehamilan, saat ini telah menjamur studio Pilates yang menawarkan kelas untuk wanita hamil.

  6. Stretching

    Stretching atau peregangan merupakan salah satu jenis olahraga yang aman dilakukan bagi kehamilan. Melakukan peregangan akan menjaga kelenturan tumbuh Anda dan menenangkan jaringan otot tubuh Anda.

    Lakukan peregangan sebelum melakukan olahraga seperti jalan santai, jogging atau berenang untuk menghindari keram otot.

  7. Jogging

    Jogging merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan membentuk daya tahan tubuh selama kehamilan. Jika sebelumnya Anda jarang melakukan olahraga, cukup lakukan jogging dengan kecepatan yang lamban dan rute pendek selama 30 menit setiap sesinya.

  8. Angkat Beban

    Meski mengangkat beban berat merupakan hal yang dilarang selama kehamilan. Namun jika dilakukan dengan benar–dengan gerakan perlahan dan teratur–, latihan angkat beban sangat baik untuk membentuk postur dan otot tubuh Anda.

    Melatih kekuatan otot tubuh selama kehamilan akan memudahkan proses persalinan kelak.

  9. Tai Chi

    Tai Chi merupakan salah satu bentuk meditasi yang dilakukan dengan gerakan yang pelan. Manfaat tai chi untuk meningkatkan kelenturan dan menguat tubuh anda tanpa risiko cedera dibanding olahraga lain.

    Bergabung dengan komunitas atau kelas tai chi adalah hal yang baik untuk menjaga kehamilan Anda agar tetap sehat.

  10. Sepeda Statis

    Sepeda statis sangat baik untuk ibu hamil karena selain minim risiko terjatuh atau kecelakan dibanding melakukan kegiatan bersepeda di luar ruangan. Gerakan bersepeda juga dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak bayi dalam kandungan Anda.

    Saat melakukan olahraga sepeda statis, lakukan dengan kecepatan yang santai dan jangan terpengaruh untuk meningkatkan kecepatan secara tiba-tiba karena dapat membahayakan persendian dan otot punggung bagian bawah Anda.

  11. Senam Kegel

    Senam kegel bermanfaat untuk melatih otot panggul bagian bawah dan area sekitarnya seperti organ reproduksi, rahim, kandung kemih dan usus.

    Bagi ibu hamil senam kegel bermanfaat untuk menguatkan otot panggul untuk persiapan persalinan. Selain itu, mengutip Okaydoc.com manfaat senam kegel pada ibu hamil meliputi:

    • Menguatkan otot panggul sebagai persiapan persalinan, otot panggul yang akan memudahkan keluarnya bayi pada kelahiran normal.
    • Mengatasi gangguan buang air kecil, Ibu hamil umumnya mengalami ketidakmampuan menaham buang air kecil
    • Mengurangi risiko Ambeien pada ibu hamil

Mereka yang Dilarang Olahraga Saat Hamil

Meski olahraga hamil sangat baik untuk, namun ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik selama kehamilan karena justru berdampak negatif pada kehamilan mereka. Mengutip Webmd wanita hamil yang dilarang adalah yang memiliki masalah kesehatan seperti :

  • Penderita Asma
  • Penderita Penyakit Jantung
  • Penderita Diabetes
  • Mengalami Flek Darah
  • Pernah Mengalami Keguguran
  • Pernah Mengalami kelahiran Prematur
  • Lemah Rahim
  • Plancenta Turun

Sebelum memulai salah satu jenis olahraga, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan apakah hal tersebut cocok dengan kondisi tubuh dan kehamilan Anda. Umumnya, dokter akan memberikan rekomendasi olahraga yang cocok dengan rekam medis Anda.

Baca Juga:
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Pantangan Kehamilan
Vitamin Ibu Hamil

Demikian pembahasan mengenai Olahraga Ibu Hamil, jangan lupa kehamilan yang sehat merupakan hasil dari penerapan gaya hidup sehat yang meliputi aktif berolahraga, konsumsi makanan yang sehat dan menjauhi pantangan ibu hamil. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Vitamin Ibu Hamil Untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan, mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan merupakan keharusan. Namun, mengonsumsi vitamin ibu ham...
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan merupakan hal yang penting. Saat hamil, tubuh Anda membutuhkan tambahan vitamin dan mineral untuk membantu tum...
Pantangan Ibu Hamil Memiliki kehamilan yang sehat merupakan dambaan setiap wanita, berbagai metode diterapkan mulai dari metode medis hingga tradisi yang dilakukan turun ...