Mimpi Buruk Saat Hamil

2 min read

Mimpi Buruk Saat Hamil

Saat hamil atau bagi Anda yang sedang berada dalam program hamil. Merupakan hal yang penting untuk mengetahui segala perubahan yang akan Anda alami selama kehamilan.

Anda mungkin mengetahui bahwa perubahan paling besar merupakan perubahan fisik Anda, namun perubahan fisik Anda juga akan diikuti oleh perubahan hormon, tingkat kenyamanan dan pola tidur yang akan berdampak pada kondisi emosional dan psikologi Anda. Apakah mimpi buruk saat hamil termasuk didalamnya? Ya, mengalami mimpi aneh saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang banyak dikeluhkan.

Setiap ibu hamil akan mengalami perubahan konsisten yang berkaitan dengan mimpi selama kehamilan. Beberapa perubahan yang dialami saat kehamilan diantaranya:

  • Mimpi yang sangat jelas
  • Mimpi buruk
  • Kecemasan karena mimpi
  • Lebih sering bermimpi saat tidur
  • Kemampuan mengingat mimpi dengan detail

Penyebab Ibu Hamil sering Bermimpi

Saat hamil, tubuh Anda akan mengalami peningkatan produksi hormon kehamilan. Hal ini akan berpengaruh pada emosi dan menimbulkan rasa cemas pada diri Anda, peningkatan hormon juga mempengaruhi kerja otak dalam mengelola emosi dan informasi yang menyebabkan ibu hamil sering mengalami mimpi.

Penyebab lainnya adalah berubahnya pola tidur normal Anda. Sebagaimana dikutip dari American Pregnancy, perubahan pola tidur atau gangguan tidur karena frekuensi buang air kecil yang meningkat selama kehamilan akan berdampak pada terganggunya Rapid Eye Movement (REM) Sleep, atau tidur dengan gerak mata cepat. Bila REM terganggu atau tidak konsisten maka akan berpengaruh langsung pada seberapa banyak mimpi yang Anda alami selama kehamilan.

Saat ini, peneliti sampai pada hipotesa bahwa mimpi merupakan salah upaya pikiran bawah sadar memproses informasi dan untuk menyelesaikan masalah. Saat hamil, tubuh Anda akan rentan stress dan mudah cemas kedua merupakan dapat dengan mudah membuat otak Anda berpikir negatif yang diproyeksikan pada mimpi buruk.

Dugaan Tafsir Mimpi Ibu Hamil

Jika Anda mengalami mimpi buruk saat hamil, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian mengalaminya. Saat hamil, besar kemungkinan Anda mengalami mimpi aneh atau bahkan mimpi buruk. Hal ini dikarenakan otak Anda memproses kekhawatiran yang Anda alami karena perubahan hormon.

Jika mengalami mimpi buruk, ceritakan kepada suami, keluarga, teman atau bidan. Menceritakan mimpi yang dialami dapat meringankan beban dan mendapatkan saran dari mereka yang berpengalaman bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang menakutkan.

Mimpi meski dianggap sebagai bunga tidur, namun seringkali mengganggu ibu hamil dan membuat mereka menebak-nebak apa gerangan arti dari mimpi tersebut. Hal ini tidak salah, namun juga dapat meningkatkan risiko stress pada ibu hamil. Untuk itu, para ahli mencoba menafsirkan mimpi buruk saat hamil berdasarkan psikologi, berikut beberap diantaranya sebagaimana dikutip dari Alodokter.

  • Mimpi Tentang Air, bermimpi sesuatu tentang air seperti berenang, tenggelam atau melihat ikan di air merupakan mimpi yang sering dialami oleh ibu hamil di bulan pertama kehamilan. Para ahli percaya hal ini disebabkan oleh terisinya rahim oleh cairan ketuban.
  • Mimpi Sedang Berkendara, bermimpi bahwa Anda berkendara untuk menuju suatu tempat merupakan tanda bahwa Anda akan mengalami perubahan dari fase sebelumnya, hal ini dipercaya dikarenakan Anda akan mengalami perubahan fisik dan psikis selama kehamilan.
  • Bermimpi Tentang Anak-anak, bagi Anda yang pertama kali hamil. Bermimpi tentang anak-anak merupakan tanda kecemasan bahwa Anda tidak dapat merawat bayi Anda dengan baik kelak. Selain itu, dapat pula dikarenakan ANda khawatir tentang proses persalinan kelak.
  • Bermimpi Tentang Alam, mimpi ini umumnya sering terjadi pada trimester pertama kehamilan Anda akan banyak bermimpi sesuatu seperti taman bunga, pegunungan dan lainnya.
  • Bermimpi Jatuh dari Ketinggian, para ahli menafsirkan mimpi ini karena kecemasan ibu hamil akan kebebasan yang terenggut karena kehamilan atau saat bayi sudah lahir kelak.
  • Bermimpi Tentang Binatang, para ahli menafsirkan mimpi ini sebagai persiapan ibu hamil dalam mengasuh bayi saat lahir kelak. Seringkali mimpi ini juga dilambangkan sebagai rasa optimis dan positif ibu hamil.

Pelajari Masalah Kehamilan Lainnya:

Gusi Berdarah pada Ibu Hamil
Waspadai Kepanasan saat Kehamilan
Cara mengatasi Susah Buang Air Besar saat Hamil
Komplikasi Kehamilan yang Harus Diwaspadai

Demikian pembahasan mengenai mengapa ibu hamil sering bermimpi buruk. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi rasa cemas bila bermimpi buruk saat menjalani kehamilan.

Artikel Terkait

Masalah Kehamilan Kehamilan merupakan kondisi spesial dalam hidup Anda, sudah pasti rasa antusias meliputi Anda beserta pasangan dalam menghitung hari dan mengikuti per...
Keguguran Keguguran adalah gugurnya janin sebelumnya kehamilan mencapai usia 20 minggu. Keguguran merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang menjadi momok b...
Gatal pada Ibu Hamil Mengapa ibu hamil sering mengalami gatal? gatal pada ibu hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi. Lebih dari 20 persen ibu ha...
Air Ketuban Sedikit Air ketuban merupakan bagian dari sistem pendukung bayi dalam kandungan. Air ketuban melindungi bayi dan membantu proses pengembangan otot, anggota tu...
Kelelahan saat Hamil Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi pe...