Mimisan saat Hamil

1 min read

mimisan saat hamil

Mimisan saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi, dalam banyak kasus sering kali ibu hamil yang mengalami mimisan tidak sedang menghadapi masalah serius.

Penyebab Mimisan saat Hamil

Selama trimester pertama kehamilan, volume dalam tubuh Anda meningkat dan membuat jantung Anda bekerja ekstra untuk menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Peningkatan volume darah ini juga membuat pembuluh darah di dinding bagian dalam hidung Anda mengalami pembengkakan, ditambah perubahan hormon tubuh yang membuat hidung Anda kering dan gatal, sehingga saat Anda menggaruknya dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan membuat Anda mengalami mimisan.

Mimisan juga dapat terjadi karena faktor kesehatan seperti Hipertensi, Gangguan Pembekuan Darah, Demam, Sinus, Infeksi atau Alergi, dan faktor lingkungan yang menyebabkan selaput kulit dalam hidung Anda menjadi kering karena udarah dingin dari ruangan berpendingin udara, kabin pesawat dan lainnya.

Meski terlihat menyeramkan, namun selama Anda tidak kehilangan banyak darah mimisan saat hamil tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang janin Anda.

Cara Menghentikan Mimisan saat Hamil

Saat terjadi mimisan, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menghentikan perdarahan yang keluar dari hidung Anda:

  • Duduk atau berdiri, jaga posisi kepala Anda tetap tegak. Hal ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di hidung Anda dan akan memperlambat perdarahan.
  • Jangan berbaring, karena Anda dapat menelan darah dan menyebabkan Anda mengalami mual dan muntah.
  • Cubit hidung Anda pada bagian samping lubang hidung Anda selama sepuluh menit. Jika darah yang keluar terlalu banyak, condongkan kepala ke depan dan bernapas melalui mulut sehingga darah mengalir keluar melalui hidung bukan melalui tenggorokan.
  • Keluarkan semua darah yang terdapat dalam mulut Anda.
  • Setelah sepuluh menit lepaskan cubitan pada hidung Anda untuk melihat apakah darah masih mengalir
  • Jika mimisan masih terjadi, cubit hidung Anda dan letakan kompress es batu pada bagian tulang hidu Anda. Hal ini akan membantu membekukan darah dan menghetikan pendarahan.

Kapan Harus ke Dokter?

Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan Anda segera mendapatkan pertolongan medis karena dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, jika Anda mimisan dan mengalami hal-hal dibawah ini, segera hubungi dokter kandungan Anda:

  • Anda memiliki tekanan darah tinggi
  • Mimisan terus terjadi selama 20 menit
  • Anda kesulitan bernapas melalui mulut
  • Anda kehilangan banyak darah
  • Frekuensi mimisan yang tidak wajar
  • Anda menelan banyak darah dan mengalami muntah-muntah
  • Anda mengalami demam setelah mimisan

Cara Mencegah Mimisan Saat Hamil

Berikut ini langkah-langkah pencegahan mimisan saat hamil yang baiknya Anda lakukan :

  • Penuhi kebutuhan air putih Anda sebanyak dua liter setiap harinya, hal ini memastikan selaput lendir Anda terhidrasi dan tidak kering
  • Saat bersin, lakukan dengan mulut terbuka. Hal ini bertujuan untuk mengrangi tekanan pada hidung Anda yang berisiko menyebabkan mimisan.
  • Gunakan pelumas untuk mencegah bagian dalam hidung Anda kering, beberapa ahli merekomendasikan Petroleum Jelly atau Vaselline Repairing Jelly. Gunakan pada bagian dalam hidung Anda.
  • Atur suhu ruangan Anda agar tidak terlalu dingin, temukan suhu yang tepat bila Anda menggunakan pendingin udara karena terlalu dingin dapat menyebabkan hidung Anda mengalami kekeringan.

Baca Juga Masalah Kehamilan lainnya:
Asam Lambung Naik pada Ibu Hamil
Kenali Penyebab Gatal-gatal selama Kehamilan
Gusi Berdarah saat Hamil, Berbahayakah?
Mengapa Ibu Hamil Sering Kelelahan
Ibu Hamil Sulit Tidur Malam Hari, Normalkah?
Mengapa Ibu Hamil Sering Kepanasan
Mimpi saat Hamil, adakah Artinya?
Susah Buang Air Besar Saat Hamil
Sakit Kepala saat Hamil

Demikian pembahasan mengenai Mimisan saat Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menghindari masalah kehamilan dan komplikasi kehamilan yang dapat terjadi.

Rekomendasi Artikel

Flek Darah saat Hamil Keluarnya flek darah saat hamil muda trimester pertama umumnya bukan tanda adanya masalah kehamilan. Namun, flek darah yang keluar pada trimester kedu...
Sakit Kepala saat Hamil Sakit kepala merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering dialami, terutama pada trimester pertama dan trimester ketiga kehamilan. Meski terdeng...
Air Ketuban Sedikit Air ketuban merupakan bagian dari sistem pendukung bayi dalam kandungan. Air ketuban melindungi bayi dan membantu proses pengembangan otot, anggota tu...
Diabetes Gestasional Diabetes Gestasional adalah kondisi dimana kadar gula darah ibu hamil mengalami peningkatan, sering juga disebut diabetes mellitus gestasional. Diabet...
Plasenta Previa Plasenta Previa atau plasenta letak rendah merupakan komplikasi kehamilan dimana sebagian atau seluruh bagian plasenta menutupi mulut rahim.Plasen...
Kelelahan saat Hamil Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi pe...