Masa Subur Wanita

2 min read

mengetahui masa subur wanita

Jika Anda sedang berada dalam program hamil, mengetahui masa subur merupakan hal penting untuk meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan. Keutamaan mengetahui kapan masa subur wanita adalah Anda dapat meningkatkan aktivitas seksual selama waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan peluang Anda.

Mengetahui Masa Subur Wanita

Bagi kebanyakan wanita masa subur mereka biasanya hanya berlangsung lima hingga enam hari setiap bulannya. Hal tersebut terjadi setelah hari terakhir masa haid.

Lantas apa itu masa haid? Mengutip Alodokter.com masa haid dihitung pada hari pertama dinding rahim meluruh dan keluar bersama darah melalui vagina Anda. Pada masa haid ini, sel telur akan berkembang pada ovarium. Saat matang, sel telur akan dilepaskan oleh ovarium, peristiwa ini disebut juga sebagai ovulasi.

Ovulasi umumnya terjadi sekitar 12 hingga 14 hari sebelum haid Anda selanjutnya. Namun, ovulasi berbeda pada wanita satu dan yang lainnya. Hal ini bergantung dari siklus haid Anda, jika siklus haid hanya 22 hari maka ovulasi terjadi hanya beberapa hari setelah haid Anda berakhir. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk menghitung siklus haid Anda agar dapat mengetahui waktu ovulasi.

Masa subur wanita setelah haid berada di sekitar waktu ovulasi, kira-kira 12 – 16 hari sebelum masa haid Anda bulan berikutnya. Dengan kata lain, umumnya masa subur wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari terjadi di antara hari ke-10 hingga ke-17 setelah hari pertama haid.

Cara Menghitung Masa Subur setelah Haid

Untuk mendapatkan kehamilan, sel telur harus dibuahi dalam kurun waktu 12-24 jam setelah ovulasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui hari-hari dimana wanita berada pada kondisi paling subur.

Umumnya, perhitungan masa subur berdasarkan analisis dan catatan siklus haid Anda selama delapan bulan terakhir. Untuk Anda yang sedang dalam program hamil, prakiraan masa subur dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

  • Jika Siklus Haid Anda 21 hari maka masa subur Anda berada diantara hari ke-12, 13, dan 14 setelah haid terakhir.
  • Jika Siklus haid Anda 28 hari maka subur Anda berada diantara hari ke-19, 20 dan 21 setelah haid terakhir.
  • Jika Siklus haid Anda 35 hari maka saat-saat paling subur Anda beerada pada hari ke-5, 6, dan 7 setelah haid terakhir .

Dengan demikian jika siklus haid Anda rata-rata adalah 27-31 hari, maka saat-saat paling subur Anda adalah hari ke-9 hingga ke-20 setelah haid Anda berakhir.

Ciri-ciri Wanita Subur

Selain menggunakan perhitungan masa subur, terdapat ciri-ciri yang dapat Anda jadikan patokan untuk mengetahui masa subur wanita, seperti :

1. Perubahan Lendir pada Vagina

Saat-saat ovulasi Anda mungkin akan mendapati cairan atau lendir putih bening pada vagina Anda. Ini merupakan indikator bahwa Anda berada pada masa subur dan segera lakukan aktivitas seksual agar mendapatkan kehamilan.

2. Peningkatan Suhu basal Tubuh

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh Anda di pagi hari. Normalnya suhu tubuh adalah 35,5 – 36,6 derajat Celsius. Jika sedang berada dalam masa subur, umumnya Anda akan mengalami peningkatan suhu basa tubuh Anda di pagi hari. Dengan melakukan pencatatan suhu tubuh maka akan memudahkan Anda mengetahui masa subur.

3. Nyeri Pada Perut

Beberapa wanita mengalami kram atau nyeri pada perut bagian bawah saat masa ovulasi. Rasa sakit ini sering dijadikan patokan bahwa Anda berada dalam saat-saat paling subur.

4. Hasrat Seksual Meningkat

Selain ciri-ciri diatas, sebagian wanita mengalami peningkatkan hasrat seksual dari biasanya saat masa subur.

Faktor yang Menentukan Ovulasi

Penting untuk dicatat bahwa ovulasi dapat berbeda-beda sesuai dengan usia Anda. Wanita yang berada pada awal usia 40 tahun umumnya mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sel telur dan menyebabkan ovulasi tidak teratur.

Umumnya wanita mengalami ketidaksuburan setelah usia 35 tahun, pada titik ini beberapa wanita akan mengalami kesulitan hamil. Faktor lainnya yang menentukan sukses atau tidaknya ovulasi adalah Endometriosis, Uterin Fibroid, dan Peradangan Panggul.

Namun, meski demikian bukan tidak mungkin untuk mendapatkan kehamilan meski Anda telah melewati usia 35 tahun, Buatlah janji konsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk mendapatkan saran medis terkait kondisi Anda.

Artikel Terkait

Cara Menyuburkan Kandungan Salah satu cara cepat hamil adalah dengan meningkatkan kesuburan organ reproduksi Anda beserta pasangan pasangan.Masalah kesuburan menghantui seki...
Cara Cepat Hamil Setelah menikah hal yang paling keluarga kecil Anda tunggu-tunggu adalah kehadiran buah hati. Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menggendong mom...
Program Bayi Tabung Pasangan suami-istri yang telah menjalani program hamil untuk mendapatkan anak dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan dulu putus asa. Mungkin suda...
Pantangan Program Hamil Menjalani program hamil memerlukan kesabaran karena Anda dan pasangan tidak akan tahu di bulan keberapa mendapatkan kehamilan. Namun, selama menunggu ...
Olahraga agar Cepat Hamil Olahraga sangat penting dalam mempersiapkan tubuh Anda agar sehat dan fit sebelum kehamilan. Olahraga mendukung kesuburan dan mempersiapkan tubuh Anda...