Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Anda pasti hanya ingin mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil demi kesehatan Anda dan memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan dalam menu Anda adalah sayur-sayuran, Wortel salah satunya. Memang apa saja manfaat wortel untuk ibu hamil?

Wortel merupakan sayuran sehat yang mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Berikut ini kandungan nutrisi yang terkandungan dalam tiap 100 gram wortel:

Kandungan Nutrisi Wortel100 gram
Energi41 kcal
Karbohidrat9.58 gram
Gula4.5 gram
Protein0.93 gram
Lemak0.24 gram
Vitamin C6 mg
Vitamin A5 mg
Vitamin B60.135 gram
Vitamin K13.2 ug
Kalsium33 mg
Sodium69 mg
Fosfor35 mg
Potassium320 mg
Magnesium12 mg
Copper0.045 mg
Zat Besi0.30 mg
Zinc0.24 mg
Mangan0.143 mg
Selenium0.1 ug

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan vitamin dan mineral diatas, sayuran akar ini dapat dimakan secara langsung atau dijadikan sebagai salah satu pelengkap masakan Anda. Berikut ini ulasan mengenai manfaat wortel untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan, simak ulasannya dibawah ini:

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam wortel merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata selama kehamilan. Tidak hanya untuk kesehatan mata Anda, vitamin A dalam sayuran orange ini sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan mata janin dalam kandungan dan dapat menghindarkan anak Anda dari masalah mata di kemudian hari.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Wortel memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Konsumsi wortel selama kehamilan dapat melindungi Anda dari infeksi virus dan bakteri yang dapat menyerang selama kehamilan dan borpotensi menimbulkan masalah kehamilan yang mengganggu.

3. Membantu Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan

Konsumsi wortel selama kehamilan sangat efektif untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan karena kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya, kalsium yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin Anda. Kalsium dalam wortel juga sangat penting untuk kesehatan tulang ibu hamil.

mineral mangan juga merupakan mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan tulang rawan janin Anda. Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B dalam wortel sangat penting untuk pembentukan sistem saraf dan pembentukan otak bayi. Konsumsi wortel selama kehamilan dapat menurunkan risiko kerusakan saraf bayi Anda.

4. Mencegah Anemia

Rutin konsumsi wortel juga dapat mencegah anemia saat hamil. Hal ini karena kandungan vitamin C dan zat besi di dalamnya. Zat Besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, sedangkan vitamin C bekerja dengan memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh Anda.

5. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat. Wortel merupakan salah satu sayuran berserat yang dapat membantu Anda mencegah masalah sembelit selama kehamilan. Selain itu, sayuran orange ini juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

6. Mencegah Kram saat Hamil

Banyak ibu hamil yang mungkin mengalami kram dan otot kejang selama kehamilan. Hal ini merupakan masalah kehamlan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Kandungan fosfor dalam wortel dapat menjaga fungsi otot Anda bekerja dengan baik dan mencegah timbulnya kram otot.

7. Mencegah Hipertensi pada Ibu Hamil

Beberapa ibu hamil mengalami naiknya tekanan darah saat kehamilan, hal ini jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, preeklamsia. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi wortel. Kandungan potassium dalam wortel bekerja sebagai vasodilator yang dapat melebarkan dan menenangkan pembuluh darah, hal ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah Anda.

8. Mencegah Kanker

Kandungan beta karotene dalam wortel dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Beta karoten bekerja sebagai antioksidan bagi ibu hamil dan menangkal radikal bebas dari tubuh Anda yang dapat mengancam kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan dari risiko kanker di kemudian hari.

Baca Juga:
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil
Manfaat Susu untuk Ibu Hamil

Cara Mengonsumsi Wortel saat Hamil

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengonsumsi wortel yang baik selama kehamilan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Pilihlah wortel berukuran kecil untuk mendapatkan rasa yang lebih manis dari sayuran ini
  • Pilihlah wortel segar, selain karena lebih renyah dan juga rasanya yang masih terjaga.
  • Wortel merupakan sayuran umbi, oleh karenanya penting untuk mencuci dengan bersih untuk menghilangkan bakteri dan virus yang didapat dari tanah.
  • Kandungan nutrisi wortel terkonsentrasi pada kulitnya, oleh karena itu, jangan hilangkan kulit wortel.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai makanan sehat untuk ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Tinggalkan komentar