Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan

Manfaat vitamin E untuk Kesuburan pria dan wanita diantaranya adalah kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat mengatasi beragam masalah kesehatan organ reproduksi pada pria dan wanita. Bagi Anda yang sedang dalam program hamil disarankan untuk memenuhi asupan vitamin E sebanyak 500 – 1.000 mg setiap harinya, dan lebih dari itu tidak disarankan.

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria

Vitamin E merupakan nutrisi esensial yang memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta mencegah oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Berikut ini manfaat vitamin E untuk kesuburan pria yang perlu Anda ketahui :

1. Meningkatkan Kemampuan Gerak Sperma

Memenuhi kebutuhan asupan vitamin sebanyak 500 mg saat program hamil merupakan salah satu cara meningkatkan kesuburan sperma. Mengutip ClinicalTrials.GOV Vitamin E memberikan kemampuan sel sperma kemampuan gerak yang lebih baik agar berhasil membuahi sel telur. Selain itu, nutrisi ini juga melindungi sel sperma dari kerusakan karena oksidasi radikal bebas dalam tubuh Anda.

2. Meningkatkan Jumlah Sperma

Salah satu penyebab sulit hamil adalah pria memiliki jumlah sperma yang rendah. Idealnya, setiap mililiter sperma terdapat lebih dari 20 juta sel sperma untuk meningkatkan keberhasilan program hamil Anda. Dalam banyak kasus, rendahnya level sperma pria disebabkan oleh infeksi dan kerusakan karena radikal bebas.

Konsumsi vitamin E merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi sel sperma dan juga melindunginya dari kerusakan karena radikal bebas.

3. Meningkatkan Gairah Seksual

Beragam penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi dapat meningkatkan level testosterone pada pria. Peningkatkan testosterone dapat meningkatkan gairah seksual dan performa fisik pria.

Dengan kata lain, memenuhi kebutuhan nutrisi ini dapat mengatasi disfungsi seksual pada pria dan meningkatkan kesuburan sperma di saat yang sama.

4. Meningkatkan Keberhasilan Program Bayi Tabung

Mengutip penelitian dari Firstcry.com, pria yang mengonsumsi suplemen vitamin E dikatakan dapat meningkatkan persentase keberhasilan program bayi tabung hingga 29 persen daripada mereka yang tidak. Hal ini terjadi karena nutrisi ini meningkatkan kualitas sperma pria untuk keberhasilan pembuahan sel telur.

Baca Juga:

Cara Cepat Hamil setelah Menikah
Jenis Olahraga saat Program Hamil
Makanan untuk Kesuburan Pria dan Wanita
Makanan Sumber Asam Folat

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Wanita

Selain untuk Pria, konsumsi vitamin E merupakan salah satu cara untuk menyuburkan rahim, berikut ini beberapa manfaat vitamin E bagi wanita.

1. Menebalkan Dinding Rahim

Konsumsi vitamin E bagi wanita dapat membantu menambah ketebalan dinding rahim, dinding rahim yang tipis dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita. Oleh karena itu, untuk membantu kesehatan rahim, wanita disarankan untuk mengonsumsi suplemen Vitamin E sebanyak 600 mg setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh khususnya ke organ reproduksi Anda.

Konsumsi vitamin E juga berperan dalam menjaga gangguan menstruasi dengan begitu Anda bisa dengan tepat menghitung masa subur setelah haid, untuk meningkatkan keberhasilan program hamil Anda.

2. Mengatasi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS merupakan kondisi dimana tubuh wanita mengalami ketidakseimbangan hormon dan perlambatan metabolisme tubuh, kondisi ini dapat menyerang satu dari 10 wanita di seluruh dunia, kondisi dapat mengganggu kesuburan rahim Anda dalam program hamil.

Suplementasi vitamin E dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin, menurunkan oksidasi radikal bebas, meningkatkan karakteristik membran sel dan meningkatkan metabolisme gula oleh tubuh. Sebagai informasi, mengutip DetikHealth, wanita yang mengalami PCOS umumnya memiliki kadar gula yang tinggi, oleh karenanya manfaat vitamin E yang berperan dalam memaksimalkan penggunaan gula oleh tubuh dapat menurunkan risiko PCOS.

Baca Juga:

Manfaat Konsumsi Nanas bagi Kesuburan Rahim
Manfaat Buah Tin saat Program Hamil
Konsumsi Buah Delima agar Cepat Hamil
Manfaat Madu untuk Kesuburan Pria dan Wanita
Manfaat Royal Jelly saat Program Hamil
Manfaat Habbatussauda agar Cepat Hamil

3. Menyuburkan Rahim

Vitamin E dapat membantu mengontrol produksi Lendir Servikal, hal ini berperan penting dalam proses pembuahan karena lendir servikal dapat menjaga sperma agar tetap hidup selama beberapa hari dalam rahim Anda.

Dalam sebuah studi yang di publikasikan pada Fertility and Sterility pada tahun 2010 menyebutkan bahwa suplementasi yang vitamin E dapat meningkatkan kualitas kantung ketuban dan mencegahnya dari kerusakan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria dan Wanita, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menemukan cara agar cepat hamil dengan cara alami.

Rekomendasi Artikel

Olahraga agar Cepat Hamil Melakukan olahraga agar cepat hamil? Tentu saja!, olahraga memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara umum dan kesehatan organ...
Cara Menyuburkan Kandungan Cara menyuburkan kandungan secara alami mengharuskan Anda menerapkan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang serta menghinda...
Vitamin Kesuburan Pria Konsumsi vitamin kesuburan pria merupakan salah satu cara cepat hamil yang dapat Anda tempuh demi mendapatkan keturunan.Terdapat beberapa vitamin ...
Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Manfaat kayu manis untuk kesuburan berasal dari kandungan nutrisi dan fitokimia yang dapat mengatasi beragam masalah kesehatan seperti mencegah pembek...
Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan Salah satu cara cepat hamil adalah dengan cara mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk meningkatkan kesuburan, salah satunya adalah Buah Tin, lantas a...
Makanan agar Cepat Hamil Kesuburan dan diet merupakan topik panas yang selalu menjadi bahan diskusi bagi mereka yang menginginkan kehamilan, khususnya mengenai apa saja makana...

Leave a Comment