Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi didalamnya, termasuk dalam salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Konsumsi ubi jalar pada trimester pertama kehamilan dapat memberikan nutrisi esensial untuk tumbuh kembang janin Anda. Sedangkan, konsumsi ubi jalar pada trimester kedua dan ketiga kehamilan akan memberikan Anda pasokan energi dan mengatasi masalah kelelahan saat hamil.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Seperti yang dijelaskan diatas, ubi jalar kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan Anda, berikut ini kandungan nutrisi dalam tiap 200 gram ubi jalar.

Kandungan NutrisiJumlahPersentase Kebutuhan Harian (%)
Vitamin A1.9 mg210
Vitamin C39.2 mg50
Mangan1 mg51
Copper0.3 mg35
Vitamin B51.8 mg36
Pyridoxine0.6 mg35
Vitamin B78.6 mcg30
Serat6.6 gr27
Niacin3 mg20
Thiamin0.2 mg19
Riboflavin0.2 mg15

Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan vitamin dan mineral diatas, sudah tentu ubi jalar memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan ibu hamil dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Berikut ini manfaat ubi jalar untuk ibu hamil:

1. Vitamin A

Vitamin merupakan nutrisi esensial untuk ibu dan bayi dalam kandungan, setiap hari ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A sebanyak 800 mcg untuk menjaga fungsi organ dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus, bakteri dan radikal bebas. Selain itu, vitamin A dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi Anda untuk membantu perkembangan jantung, paru-paru, liver, ginjal dan lainnya.

2. Serat

Kandungan serat dalam ubi jalar sangat baik untuk mengatasi masalah susah buang air besar pada ibu hamil, konsumsi 200 gram ubi jalar dapat membantu memenuhi 27 persen kebutuhan serat harian ibu hamil dan membantu pergerakan perut dan melancarkan pencernaan Anda.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin ibu hamil yang dibutuhkan untuk pembentuk sistem saraf dan fungsi otak bayi dalam kandungan, vitamin B6 juga merupakan menstimulasi produksi sel darah merah dan dapat mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Konsumsi satu cup ubi jalar dapat memenuhi 35 persen kebutuhan vitamin B6 harian Anda.

4. Mangan

200 gram ubi jalar dapat memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan mineral mangan tubuh Anda. Mineral mangan merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kekuatan tulang dalam menopang beban yang bertambah selama kehamilan, selain itu mangan juga dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang bayi Anda.

5. Vitamin C dan Zat Besi

Setiap hari, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 90 mg. Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga berperan dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan karena nutrisi esensial yang diperlukan untuk meningkatkan aktifitas enzim, membantu pertumbuhan tulang dan jaringan otot, pembentukan kulit dan lainnya.

Selain itu, vitamin C juga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi oleh ibu hamil sehingga mencegah sakit kepala saat hamil karena anemia.

6. Potassium

Potassium merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan selama kehamilan, Potassium berperan sebagai vasodilator yang dapat menenangkan dan melebarkan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah dan menghindarkan Anda dari risiko preeklamsia yang membahayakan Anda dan janin dalam kandungan.

Nutrisi Ibu Hamil Lainnya:
Manfaat Susu untuk Kehamilan
Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Hamil
Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil
Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Efek Samping Ubi Jalar pada Kehamilan

Meski memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, namun tidak dianjurkan mengonsumsi ubi jalar setiap hari. Para ahli kesehatan menganjurkan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dari beragam makanan dan tidak dari makanan tunggal. Berikut ini beberapa efek samping yang terjadi bila Anda terlalu banyak mengonsumsi ubi jalar saat hamil.:

  • Tingginya kandungan vitamin A dalam ubi jalar dapat menyebabkan Anda mengalami hypervitaminosis A yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan komplikasi kesehatan seperti cacat bawaan pada bayi, kerusakan liver, keguguran dan kelahiran prematur.
  • Kandungan Oxalate yang tinggi dalam panganan ini dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dan gangguan fungsi ginjal dan empedu tubuh Anda.
  • Kandungan gula alami dalam ubi jalar yang disebut Mannitol dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil.
  • Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dan kadar gula darah tinggi konsumsi ubi jalar bukan pilihan yang baik, hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam ubi jalar bila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan diabetes gestasional.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai makanan sehat untuk ibu hamil demi mendapatkan kehamilan yang sehat.

Tinggalkan komentar