Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

2 min read

manfaat buah tomat untuk ibu hamil

Manfaat buah tomat untuk ibu hamil datang dari kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa kimia lainnya yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kehamilan dan menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia, diabetes gestasional dan kerusakan saraf pada janin Anda.

Meski banyak orang yang mengatakan bahwa konsumsi tomat selama kehamilan itu tidak baik, nyatanya pendapat tersebut salah. Tomat aman dikonsumsi selama kehamilan dan merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan, kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat, serta lycopene dan zat besi merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan

Vitamin C dalam buah tomat dapat memaksimalkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sehingga menghindarkan masalah anemia selama kehamilan. Untuk lebih detail, berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram buah tomat :

Kandungan Nutrisi Buah Tomat

Kandungan Nutrisi Buah Tomat (100 gram)
Kandungan NutrisiJumlah
Kalori18 kcal
Karbohidrat3.89 gram
Protein0.88 gram
Serat1.2 gram
Lemak Total0.2 gram
Asam Folat15 mcg
Pyridoxine0.08 mg
Niacin0.594 mg
Riboflavin0.019 mg
Thiamin0.037 mg
Vitamin A833 IU
Vitamin C13.7 mg
Potassium237 mg
Sodium5 mg
Kalsium10 mg
Zat Besi0.27 mg
Magnesium11 mg
Zinc0.17 mg
Fosfor24 mg

Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

1. Sumber Vitamin

Satu buah tomat berukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil, dalam satu buah tomat dapat memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C dan 20 persen kebutuhan vitamin A harian ibu hamil.

Vitamin C berperan dalam memaksimalkan penyerapa zat besi, sehingga membantu melancarkan produksi sel darah dan mencegah anemia pada ibu hamil. Vitamin A berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi infeksi dan memperbaiki jaringan sel-sel tubuh yang rusak setelah persalinan.

2. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Tomat memiliki serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil, terdapat 1,2 gram serat dalam setiap 100 gram buah tomat. Serat berperan penting dalam melancarkan pergerakan perut dan menstimulasi otot perut sehingga mengatasi masalah susah buang air besar pada ibu hamil, diare dan mencegah penyakit kanker usus.

3. Mencegah Risiko Preeklamsia

Kandungan potassium dalam buah tomat berperan sebagai vasodilator yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, potassium dapat menenangkan dan melebarkan pembuluh darah Anda sehingga melancarkan sirkulasi darah, meredakan stress pada jantung dan menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik Anda.

Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

4. Meningkatkan Energi

Tomat merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil. Karbohidrat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk memproduksi energi selama kehamilan, sehingga dapat mengatasi masalah mudah lelah selama kehamilan.

Selain untuk meningkatkan energi, karbohidrat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga fungsi organ pencernaan berfungsi dengan maksimal. Nutrisi ini juga membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

5. Mencegah Cacat Bawaan pada Bayi

Kandungan asam folat dalam buah tomat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan pada trimester pertama kehamilan untuk mencegah risiko terjadi cacat otak dan sumsum tulang belakang pada bayi Anda. Selain itu, nutrisi ini juga penting untuk mencegah penyakit jantung dan kanker pada ibu hamil.

6. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Tomat memiliki kandungan air dan senyawa kimia yang bekerja sebagai diuretik. Konsumsi buah tomat dapat menstimulasi dan melancarkan buang air kecil, hal ini sangat baik untuk menghindarkan Anda dari risiko infeksi saluran kemih dan masalah kantung kemih lainya.

7. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Konsumsi buah tomat selama kehamilan dapat mencegah diabetes gestasional, yakni meningkatnya kadar gula darah selama kehamilan. Diabetes gestasional jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes setelah persalinan, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan konsumsi buah tomat.

Kandungan antioksidan dalam buah tomat dapat mencegah stress oxidatif yang disebabkan oleh diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah selama kehamilan.

Baca Juga:
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Manfaat Kurma untuk Kehamilan
Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil
Manfaat Konsumsi Susu selama Kehamilan
Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Manfaat Ubi Jalar bagi Kehamilan
Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kehamilan yang sehat untuk ibu dan bayi dalam kandungan Anda.

Artikel Terkait

Manfaat Madu untuk Kesuburan Manfaat madu untuk kesuburan pria dan wanita telah dikenal sejak lama dalam pengobatan Yunani Kuno. Madu merupakan salah satu makanan super yang kaya ...
Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil dikarenakan kandungan nutrisi seperti vitamin C, zat besi, zinc, dan asam folat yang dapat meningkatkan sistem keke...
Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mengatasi masalah kehamilan dan membantu tumbuh kembang j...
Pantangan Ibu Hamil Menghindari pantangan ibu hamil merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan yang sehat baik dan mendukung tumbuh kembang janin dalam kandung...
Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi didalamnya, termasuk dalam salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Konsumsi ubi jal...