Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

1 min read

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Susu Kedelai merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti serat, kalsium dan protein yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Kalsium dan protein merupakan nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan selama kehamilan, konsumsi susu kedelai merupakan salah satu cara mendapatkan asupan kalsium bagi mereka yang memiliki alergi susu sapi.

Dalam artikel berikut ini, saya akan mengulas mengenai manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan. Simak ulasannya dibawah ini:

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

1. Sumber Protein

Susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan protein harian ibu hamil, susu kedelai mengandung sembilan asam amino esensial yang sangat baik untuk kesehatan. Protein susu kedelai merupakan protein nabati yang setara dengan protein hewani namun lebih sehat karena mengandung lebih sedikit kalori, lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol.

Protein dalam susu kedelai sangat penting untuk perkembangan dan perbaikan sel-sel dan organ tubuh yang rusak. Susu kedelai juga dapat membantu ibu hamil dalam menjaga berat badan dan menurunkan kadar kolesterol selama kehamilan, lebih jauh produk kedelai dapat mencegah diabetes gestasional dengan mengontrol kadar gula darah ibu hamil.

2. Asam Folat

Susu kedelai memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk dikonsumsi saat program hamil dan selama awal kehamilan. Asam folat saat program hamil bekerja untuk mempersiapkan rahim untuk menyambut kehamilan, sedangkan pada trimester pertama kehamilan asam folat dapat memaksimalkan perkembangan sistem saraf pada janin Anda dan mencegah timbulnya komplikasi kehamilan kerusakan saraf pada janin Anda.

3. Membantu Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan

Susu kedelai merupakan sumber vitamin ibu hamil. Kandungan kalsium dalam susu kedelai memastikan kesehatan tulang ibu hamil dan memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan, zat besi dalam susu ini dapat mencegah anemia selama kehamilan dan mencegah bayi lahir dengan berat badan minimal serta kelahiran prematur.

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam susu kedelai sangat penting untuk perkembangan otak dan organ mata janin dalam kandungan. Omega 3 dibutuhkan oleh bayi Anda untuk memaksimalkan perkembangan sistem saraf. Di sisi lain, ibu hamil membutuhkan asam lemak omega 3 untuk mengontrol tekanan darah, transmisi saraf dan meredakan peradangan serta menjaga fungsi ginjal.

Sedangkan mineral Zinc bekerja untuk memaksimalkan produk sel, perkembangan jaringan otot dan mengontrol enzim dan hormon tubuh Anda dan Janin dalam kandungan. Oleh karena itu, konsumsi susu kedelai untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan.

4. Sumber Energi

Kelelahan saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi, mengonsumsi susu kedelai dapat mengatasi kelelahan pada ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat. Karbohidrat dalam susu kedelai dapat dikonversi oleh tubuh menjadi energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

5. Lemak Sehat

Susu kedelai mengandungan lemak esensial yang sehat, jenis lemak dalam susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Sehingga rutin konsumsi susu kedelai dapat mengontrol kadar kolesterol, disamping itu kolesterol baik dapat memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai makanan sehat untuk ibu hamil.

Artikel Terkait

Manfaat Madu untuk Kesuburan Manfaat madu untuk kesuburan pria dan wanita telah dikenal sejak lama dalam pengobatan Yunani Kuno. Madu merupakan salah satu makanan super yang kaya ...
Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil dikarenakan kandungan nutrisi seperti vitamin C, zat besi, zinc, dan asam folat yang dapat meningkatkan sistem keke...
Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil Manfaat buah tomat untuk ibu hamil datang dari kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa kimia lainnya yang berperan penting dalam menjaga k...
Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mengatasi masalah kehamilan dan membantu tumbuh kembang j...
Pantangan Ibu Hamil Menghindari pantangan ibu hamil merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan yang sehat baik dan mendukung tumbuh kembang janin dalam kandung...