Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti karbohidrat, asam lemak omega 3 dan omega 6, vitamiN C, vitamin B kompleks, mangan, magnesium, potassium, copper dan selenium yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Tidak hanya itu, kandungan nutrisi pisang juga dapat mengatasi beragam masalah kehamilan yang sering terjadi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan manfaat pisang selama kehamilan berikut ini:

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

1. Meredakan Morning Sickness

Morning Sickness atau mual dan muntah pada ibu hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi terutama pada awal kehamilan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi buah pisang, kandungan Vitamin B6 dalam buah ini dapat menurunkan mual dan muntah.

2. Meredakan Pembengkakan

Masalah kehamilannya yang umum dialami oleh wanita hamila adalah terjadinya pembengkakan pada lengan, persendian dan betis, hal ini disebut Oedema. Umumnya terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan.

Konsumsi pisang dan mengurangi konsumsi makanan tinggi garam merupakan salah satu cara alami mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Buah pisang dapat menyerap kelebihan garam dalam tubuh Anda, hal ini sangat baik untuk mengurangi retensi air pada tubuh Anda yang menyebabkan pembengkakan.

3. Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat dan juga gula alami seperti Glukosa, Fruktosa, dan Sukrosa dalam buah ini dapat diserat oleh tubuh secara cepat sehingga memberikan Anda pasokan energi dan mengatasi rasa lelah selama kehamlan.

Konsumsi buah pisang sangat baik pada trimester ketiga kehamilan, hal ini dikarenakan pada fase ini ibu hamil umumnya mengalami penurunan level energi, oleh karenanya konsumsi pisang pada tiga bulan terakhir kehamilan dapat mengatasi rasa lelah selama kehamilan.

Baca Juga:

Makanan Sehat Ibu Hamil
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil
Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil
Manfaat Alpukat untuk Kehamilan

4. Sumber Asam Folat

Buah pisang merupakan salah satu makanan yang baik untuk awal kehamilan karena memiliki kandungan asam folat. Asam folat merupakan bentuk lain dari vitamin B dan  salah satu vitamin ibu hamil yang penting untuk dikonsumsi selama trimester pertama kehamilan.

Asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat rahim dalam mempersiapkan penempelan embrio pada rahim di awal kehamilan. Selain itu, nutrisi ini juga penting untuk membantu tumbuh kembang otak bayi dan berperan dalam mencegah kerusakan saraf janin Anda.

5. Mencegah Anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia selama kehamilan.

Zat besi berperan dalam produksi sel darah merah, sedangkan vitamin C memiliki fungsi memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Hal ini sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh dan memaksimalkan tumbuh kembang janin Anda.

6. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar merupakan salah satu masalah kehamilan yang juga sering dialami oleh wanita hamil karena peningkatan hormon progesteron yang melemaskan otot-otot perut. Untuk mengatasinya, konsumsi buah pisang merupakan solusi alami yang dapat ibu hamil tempuh.

Kandungan serat dalam buah pisang berperan dalam menstimulasi pergerakan perut dan mengurangi produksi gas di perut.  Selain itu, kandungan Pectin dalam buah kuning ini dapat melakukan normalisasi proses pencernaan tubuh ibu hamil.

7. Membantu Pembentukan Tulang

Kandungan mineral kalsium yang tinggi dalam buah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan membantu pertumbuhan tulang janin dalam kandungan. Mineral kalsium juga dibutuhkan untuk mengatur kontraksi otot tubuh Anda.

Rekomendasi Artikel:

Manfaat Susu Kehamilan
Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Belimbing selama Kehamilan
Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil
Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil

8. Mengontrol Tekanan Darah

Selama hamil, sangat penting untuk mengontrol tekanan darah pada batas normal. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko Preeklamsia yang diawali oleh tekanan darah tinggi.

Bila Anda memiliki riwayat hipertensi sebelum atau saat kehamilan, ada baiknya Anda mengontrol tekanan darah Anda dengan mengonsumsi buah pisang. Kandungan Potassium dalam buah ini berperan sebagai Vasodilator yang bekerja menenangkan dan melebarkan pembuluh darah Anda, hal ini dapat menurunkan tekanan darah serta menghindarkan penyumbatan pembuluh darah Anda.

Oleh karena itu, masukan buah pisang dalam menu harian Anda selama kehamilan.

9. Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam lambung naik saat hamil merupakan efek samping dari kehamilan Anda yang bertambah besar dan menekan perut Anda. Untuk meredakan gejala asam lambung naik saat hamil, pisang dapat memberikan sekresi banyak lendir yang dapat melindungi dinding perut dan kerongkongan Anda dari dampak asam lambung.

Oleh karena itu, konsumsi buah pisang untuk meredakan gejala asam lambung naik dan melancarkan pencernaan Anda selama kehamilan.

10. Sumber Vitamin C

Buah pisang merupakan salah satu buah sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi. Dalam 225 gram buah pisang terdapat lebih dari 19 mg vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan selama kehamilan karena perannya dalam memaksimalkan penyerapan zat besi, membantu pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan otot yang rusak dan menjaga kesehatan kulit ibu hamil.

Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal infeksi virus dan bakteri, antioksidan merupakan hal yang krusial selama kehamilan untuk melindungi pertumbuhan janin dalam kandungan Anda.

11. Mengatasi Diare

Buah pisang juga merupakan obat diare alami, kandungan serat dalam buah ini berperan dalam melancarkan proses pencernaan dengan melemaskan saluran pencernaan. Kandungan mineral Potassium dan Pectin dalam buah ini berperan dalam memadatkan tinja di usus. Sehingga konsumsi buah pisang dapat meredakan diare dan mengatasi kram perut.

Baca Juga:

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil
Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

12. Meningkatkan Nafsu Makan

Perubahan hormon selama kehamilan ditambah dengan gejala morning sickness, umumnya membuat nafsu makan ibu hamil berkurang drastis. Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi buah pisang.

Selain mengatasi morning sickness, kandungan nutrisi dalam buah ini juga dapat mengembalikan nafsu makan Anda.

Efek Samping Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Konsumsi buah pisang—apapun jenisnya baik merah maupun kuning— selama kehamilan merupakan hal yang aman dan baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam pisang sangat bagus dan sayang untuk dilewatkan oleh ibu hamil.

Namun, selama kehamilan Anda diharuskan untuk mendapatkan nutrisi dari beragam jenis sayuran dan buah-buahan. Bagi Anda memiliki riwayat diabetes sebaiknya konsumsi buah pisang secara moderat karena kandungan gula yang cukup tinggi dalam buah ini dapat menyebabkan diabetes gestasional.

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap pisang sebaiknya hindari konsumsi buah ini. Pisang mengandungan senyawa Chitinase yang dapat menyebabkan Latex-Fruit Syndrome.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil, semoga berperan dalam menambah wawasan Anda dalam menjaga kehamilan Anda.

Leave a Comment