Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

3 min read

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

Manfaat mangga untuk ibu hamil berasal dari kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, asam folat, potassium dan zat besi yang dimana nutrisi-nutrisi tersebut merupakan vitamin ibu hamil yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan memaksimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan Anda.

Mengonsumsi mangga akan memberikan Anda pasokan energi dan antioksidan yang baik untuk melindungi diri dari risiko infeksi virus, bakteri maupun radikal bebas.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mangga?

Tetapi ada mitos yang menyebutkan bahwa mengonsumsi mangga dapat meningkatkan suhu tubuh ibu hamil dan menyebabkan gangguan pada perkembangan janin dalam kandungan. Mengenai hal ini belum terdapat studi ilmiah yang mengatakan bahwa mengonsumsi mangga dapat meningkatn suhu tubuh, saat ini baru makanan-makanan seperti rempah-rempah, jahe, cabai dan produk herbal tertentu yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan mangga? Tentu saja, Ya! selama dikonsumsi dalam jumlah terbatas konsumsi mangga selama kehamilan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kandungan serat dalam buah ini juga dapat mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil.

Lantas bagaimana dengan mangga muda? bolehkah ibu hamil makan mangga muda? Baik mangga muda maupun yang matang, keduanya merupakan makanan yang sehat untuk ibu hamil dan aman untuk dikonsumsi. Mangga matang dapat meningkatkan nafsu makan dan melancarkan pencernaan Anda. Sedangkan mangga muda memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah naiknya asam lambung dan morning sickness pada ibu hamil.

Namun, Anda harus memperhatikan jumlah asupan mangga. Konsumsi mangga terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan ibu hamil, kandungan gula yang cukup tinggi dalam buah ini dapat meningkatkan kadar gula darah, hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Selain itu, hindari konsumsi mangga yang di peram menggunakan Karbit untuk mempercepat kematangan buah ini. Hal ini merupakan racun yang dapat menghambat tumbuh kembang janin dan merupakan pantangan bagi ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Seperti yang disebutkan diatas, manfaat buah mangga bagi kesehatan kehamilan berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini. Berikut ini beragam vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi 100 gram buah mangga :

Kandungan Nutrisi Buah Mangga (100 gram)
Kandungan NutrisiJumlah
Kalori70 Kcal
Karbohidrat17 gram
Protein0.5 gram
Lemak Total0.27 gram
Serat1.80 gram
Asam Folat14 mcg
Niacin0.584 mg
Asam Pantothenic0.160 mg
Pyridoxine0.134 mg
Riboflavin0.057 mg
Thiamin0.058 mg
Vitamin C27.7 mg
Vitamin A765 IU
Vitamin E1.12 mg
Vitamin K4.2 mcg
Sodium2 mg
Potassium156 mg
Kalsium10 mg
Copper0.110 mg
Zat Besi0.13 mg
Magnesium9 mg
Mangan0.027 mg
Zinc0.04 mg
Alpha-Karotene17 mcg
Beta-Karotene445 mcg
Beta-Crypto-Xanthin11 mcg

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat mangga untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan Anda :

1. Sumber Asam Folat

Mangga merupakan salah satu makanan sumber asam folat yang merupakan vitamin ibu hamil yang berperan penting dalam memaksimalkan perkembangan otak dan jaringan saraf janin dalam kandungan, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Kekurangan asupan asam folat pada awal kehamilan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan pada janin dalam kandungan Anda, oleh karenanya pastikan asupan asam folat Anda sebanyak 400 mcg setiap hari selama kehamilan.

2. Mengatasi Sembelit

Konsumsi mangga selama kehamilan juga sangat baik untuk mengatasi susah buang air besar yang sering terjadi pada kehamilan. Serat dalam buah ini dapat menjaga pergerakan peristaltik perut Anda, sehingga melancarkan buang air besar dan mencegah beragam masalah pencernaan lainnya seperti perut kembung dan bergas.

Selain itu, kandungan serat buah mangga sangat baik untuk membersihkan saluran pencernaan dari racun-racun yang mengendap dan membuangnya melalui proses metabolisme tubuh.

Baca Juga :

Jenis Susu untuk ibu Hamil
Manfaat Buah Naga bagi Kandungan
Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil
Manfaat Madu bagi Kehamilan
Manfaat Minum Susu Kedelai bagi Kehamilan

3. Mencegah Anemia

Selama hamil, volume darah ibu hamil meningkat untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Hal ini menyebabkan ibu hamil seringkali mengalami gejala anemia selama kehamilan, untuk itu sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang memilii kandungan zat besi untuk membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah.

Mangga merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki kandungan Zat Besi yang baik untuk wanita hamil. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Sehingga menghindarkan ibu hamil dari gejala anemia.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam buah mangga berperan sebagai antioksidan sehingga memberikan kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam mencegah dampak negatif radikal bebas pada tubuh Anda.

Polusi asap rokok, radiasi sinar UV dan polusi lingkungan dapat menyebabkan radikal bebas dalam tubuh dan menyebabkan kanker, juga dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin Anda. Selain itu, dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C dapat menurunkan risiko keguguran pada awal kehamilan.

5. Memaksimalkan Tumbuh Kembang Janin

Kandungan vitamin untuk ibu hamil dalam buah mangga juga berperan dalam memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Vitamin B6 bersama asam folat berperan untuk memaksimalkan pembentukan otak dan jaringan saraf bayi Anda. Sedangkan, Vitamin A bekerja memaksimalkan perkembangan tulang dan gigi janin Anda.

Baca Juga: 

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Manfaat Manggis bagi Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

6. Mencegah Morning Sickness

Mengonsumsi mangga merupakan salah satu cara alami mengatasi morning sickness. Kandungan Vitamin B6 dan Vitamin C dalam buah dapat menurunkan mual dan muntah pada awal kehamilan.

7. Mencegah Preeklamsia

Kandungan Potassium dan Magnesium dalam buah ini dapat menurunkan risiko hipertensi pada ibu hamil, sehingga menurunkan risiko komplikasi preeklamsia. Potassium berperan sebagai vasodilator yang bekerja menenangkan dan melebarkan pembuluh darah, hal ini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah serta melancarkan sirkulasi darah yang berujung pada penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Sedangkan, magnesium merupakan mineral esensial yang dapat mengontrol tekanan darah agar berada pada batas normal.

Rekomendasi Artikel:

Manfaat Konsumsi Kurma bagi Kehamilan
Manfaat Buah Pisang bagi Kandungan
Manfaat Kacang Hijau Bagi Bumil
Manfaat Konsumsi Buah Pir bagi Bumil
Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

8. Mencegah Dehidrasi

Potassium yang terkandung dalam buah ini juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh ibu hamil, sehingga mencegah gejala dehidrasi seperti nyeri otot dan kelelahan pada ibu hamil. Selama kehamilan, asupan cairan berperan penting untuk menjaga fungsi organ tubuh tetap optimal selain itu hal ini berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap normal.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengonsumsi makanan sehat untuk ibu dan bayi dalam kandungan Anda.

Rekomendasi Artikel

Susu Ibu Hamil Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi u...
Manfaat Susu untuk Ibu Hamil Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi u...
Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya sangat penting untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Ti...
Olahraga Ibu Hamil Olahraga untuk ibu hamil haruslah aktifitas yang aman dan tidak memiliki gerakan yang berat serta membahayakan kandungan.Rutin berolahraga saat ha...
Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil Manfaat buah semangka untuk ibu hamil diantaranya adalah meredakan gejala asam lambung naik, mengatasi susah buang air besar, meredakan pembengakakan ...
Makanan yang Mengandung Asam Folat Makanan yang mengandung asam folat tinggi merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil, folat merupakan nutrisi esensial yang berperan penting saat pro...