Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan serta mengatasi beragam masalah kehamilan seperti alergi, batuk, insomnia ibu hamil, meredakan gejala asam lambung naik dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Madu merupakan makanan sehat ibu hamil yang manis, menyehatkan dan penuh nutrisi. Setiap orang baik tua maupun muda hingga ibu hamil memerlukan kandungan nutrisi madu untuk menjaga kesehatan. Namun, bukankah sesuatu yang manis tidak baik untuk kesehatan? dan juga berapa takaran madu yang aman untuk ibu hamil? Trimester123.com akan membantu Anda untuk memahami manfaat madu selama kehamilan disertai pula penjelasan mengenai efek madu untuk ibu hamil.

Amankah Konsumsi Madu saat Hamil?

Konsumsi madu saat hamil merupakan hal yang baik dan aman untuk dilakukan. Beberapa orang mengkhawatirkan bahwa konsumsi madu dapat menyebabkan Botulism. Namun, sebenarnya Botulism hanya terjadi bila madu dikonsumsi oleh bayi yang berusia kurang dari satu tahun dan sistem pencernaannya belum berkembang sempurna.

Sistem pencernaan ibu hamil memiliki bakteri yang dapat mencegah racun Botulinum, dan mencegahnya mencemari Plasenta. Sehingga dapatkan dikatakan bahwa konsumsi madu saat hamil sangat aman dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Baca Juga:

Manfaat Buah Naga bagi Kehamilan
Manfaat Susu Kedelai untuk Kehamilan
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil
Manfaat Pisang untuk Kehamilan

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Madu memliki beragam manfaat untuk ibu hamil karena kandungan fruktosa, glukosa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini manfaat madu untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Selain beragam nutrisi, madu juga memiliki komponen antioksidan dan anti bakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Ibu Hamil dalam mencegah infeksi virus, bakteri dan zat radikal bebas.

Sistem imun yang kuat merupakan suatu keharusan selama kehamilan untuk mencegah infeksi penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan dan berpengaruh pada tumbuh kembang janin dalam kandungan.

2. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan

Apakah Anda mengalami batuk dan nyeri tenggorokan saat hamil? bila ya maka konsumsi madu merupakan cara alami untuk menyembuhkan batu selama hamil. Bagi ibu hamil, konsumsi obat-obatan kimiawi atau antibiotik merupakan pantangan kehamilan.

Madu memiliki kandungan senyawa aktif yang berperan dalam meredakan peradangan. Konsumsi madu yang dicampurkan dengan air hangat dan air perasan jeruk nipis dapat meredakan sakit tenggorokan serta dapat menyingkirkan lendir yang terdapat pada saluran tenggorokan Anda.

Bila Anda menderita batuk kering, konsumsi susu yang dicampur satu sendok makan madu dapat meredakan nyeri dada dan memberikan kelembapan pada saluran pernapasan Anda.

3. Mengatasi Asam Lambung Naik

American Pregnancy Association merekomendasikan madu untuk mengatasi asam lambung naik selama kehamilan. Asam lambung naik dapat disebabkan oleh semakin besarnya ukuran rahim sehingga menekan saluran pencernaan dan perut Anda, hal ini dapat menyebabkan trimester ketiga Anda menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi susu hangat yang dicampur dengan satu sendok makan.

4. Mencegah Maag dan Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan anti bakterial dalam madu dapat mencegah pertumbuhan jumlah bakteri Heliobacter Pylori di perut Anda. Bakteri H.Pylori merupakan bakteri penyebab maag, oleh karena itu konsumsi madu dapat mencegah maag selama kehamilan.

Konsumsi madu yang dicampurkan dalam air hangat juga dapat menghidrasi tubuh Anda dan menstimulasi regenerasi sel-sel tubuh yang rusak, bahkan nutrisi madu dapat memperbaiki selaput yang rusak pada usus Anda.

Diatas semua itu, kandungan anti peradangan dalam madu dapat mengatasi masalah pencernaan seperti infeksi lambung dan diare. Oleh karena itu, jangan lewatkan konsumsi makanan sehat ibu hamil yang satu ini.

Rekomendasi Artikel:

Manfaat Buah Pir untuk Kehamilan
Manfaat Buah Semangka bagi Ibu Hamil
Manfaat Alpukat untuk Kehamilan
Manfaat Buah jeruk bagi Ibu Hamil

5. Meredakan Alergi

Bila Anda sering mengalami gatal-gatal selama kehamilan yang disebabkan oleh alergi, konsumsi madu merupakan cara alami untuk mengatasi alergi. Kandungan antioksidan, anti bakteri dan anti peradangan serta nutrisi lainnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dalam meredakan alergi.

6. Mengatasi Insomnia

Susah tidur saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi. Konsumsi susu hangat yang dicampurkan dengan satu sendok makan madu pada malam hari sebelum tidur dapat membantu Anda lebih relaks dan mempercepat terlelap tidur.

Oleh karena itu, konsumsi madu untuk meningkatkan durasi dan kualitas tidur Anda selama kehamilan.

Takaran Aman Konsumsi Madu untuk Ibu Hamil?

Konsumsi tiga-lima sendok makan madu setiap hari merupakan takaran yang aman untuk ibu hamil konsumsi madu, satu sendok makan madu mengandung 60 kalori. Kalori yang berasal dari gula sederhana tidak lebih dari 10 persen dari total kalori yang dibutuhkan selama kehamilan.

Baca Juga:

Manfaat Belimbing untuk Kehamilan
Manfaat Wortel bagi Wanita Hamil
Manfaat Ubi Jalar untuk Kehamilan
Manfaat Konsumsi Tomat bagi Ibu Hamil
Manfaat Minum Susu selama Kehamilan

Bahaya Madu untuk Ibu Hamil

Adakah bahaya madu untuk ibu hamil? Tentu saja, saat hamil Anda perlu untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, namun tidak disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hanya dari satu jenis makanan. Berikut ini beberapa efek samping negatif madu bagi ibu hamil bila di konsumsi berlebihan:

  • Diabetes Gestasional, jika Anda memiliki riwayat gula tinggi selama kehamilan ada baiknya untuk membatasi konsumsi madu setiap harinya. Kandungan gula alami dalam madu dapat meningkatkan kadar gula darah dan dapat menyebabkan komplikasi Diabetes Gestasional yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan Anda.
  • Alergi, beberapa kasus dilaporkan bahwa konsumsi madu dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah pencernaan seperti kram perut, diare, sembelit dan perut kembung pada sebagian orang. Konsumsi madu berlebihan dapat meningatkan kada pH tubuh Anda yang dapat melambatkan proses pencernaan tubuh Anda.
  • Kerusakan Gigi, tingginya kandungan gula dalam madu dapat menyebabkan kerusakan dan erosi gigi. Oleh karena itu, konsumsi madu secara bijak.
  • Berat Badan Bertambah, madu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, hal ini dapat menyebabkan peningkatkan berat badan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Madu untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kehamilan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tinggalkan komentar