Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti protein, serat dan beragam vitamin serta rendah lemak. Kandungan serat dalam buah kurma sangat baik untuk sistem pencernaan dan menghindarkan masalah sulit BAB pada ibu hamil. Selain itu, kandungan nutrisi dalam makanan sehat untuk ibu hamil ini mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Untuk lebih detail, simak ulasan mengenai khasiat buah ini untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

1. Sumber Energi

Selama kehamilan, Anda membutuhkan energi lebih banyak dari biasanya. Mengonsumsi buah kurma secara rutin setiap hari dapat memberikan Anda asupan gula yang diubah menjadi energi untuk tubuh Anda. Namun, tenang saja gula dari buah kurma tidak akan menyebabkan lonjakan kalori tubuh Anda.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam buah kurma sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh Anda dan mengatasi masalah susah buang air besar pada ibu hamil. Kandungan serat dalam kurma juga memberikan Anda rasa kenyang lebih lama, menurunkan kolesterol, melindungi Anda dari infeksi dan menjaga berat badan tetap ideal selama kehamilan.

3. Sumber Protein

Rutin mengonsumsi buah kurma dapat membantu memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan untuk membentuk asam amino yang baik untuk perkembangan janin dalam kandungan Anda.

4. Mencegah Kerusakan Saraf Bayi

Kandungan asam folat dalam buah kurma dapat mencegah kerusakan saraf  serta kerusakan otak dan kelainan tulang belakang janin dalam kandungan saat trimester pertama kehamilan.

5. Sumber Vitamin K

Vitamin k merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi dalam kandungan. Bagi janin dalam kandungan, vitamin k dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang dan mencegah pembekuan darah pada bayi. Sedangkan bagi ibu hamil berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan persiapan untuk menyusui.

6. Mencegah Anemia

Anemia saat hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi, ibu hamil harus memastikan asupan zat besi untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Mengonsumsi kurma merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan mineral zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah dan meningkatkan sistem imun pada ibu dan bayi dalam kandungan.

7. Sumber Potassium

Kandungan mineral potassium dalam buah kurma berperan penting dalam kehamilan, berikut beberapa peran potassium buah kurma untuk kesehatan kehamilan Anda:

  • Membantu menormalkan tekanan darah dan menghindarkan Anda dari Preeklamsia.
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh selama kehamilan.
  • Menjaga kesehatan jantung, kesehatan sistem pencernaan dan fungsi-fungsi otot sehingga terhindarkan kram otot.
  • Memenuhi kebutuhan potassium selama kehamilan dapat menghindarkan Anda dari masalah saraf dan fungsi otot.
  • Menghindarkan Anda dari masalah ginjal.

8. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Kandungan magnesium dalam kurma berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi dalam kandungan. Selain itu, mineral esensial ini berperan dalam mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah Anda agar tetap normal. Selain itu, mengonsumsi kurma secara rutin menghindarkan Anda dari masalah liver dan ginjal yang diakibatkan karena kekurangan magnesium.

9. Membantu Proses Persalinan

Mengonsumsi buah kurma saat kehamilan memasuki usia 9 bulan dapat membantu proses persalinan Anda. Kurma dapat meningkatkan efek oksitosin yang dapat meningkatkan sensitifitas rahim Anda. Kandungan asam lemak dalam buah ini memberikan Anda pasokan energi dan meningkatkan hormon prostalglandin yang dibutuhkan saat proses persalinan. Dan juga Kandungan kalsium dan tannin dalam buah ini juga membantu kontraksi otot rahim.

Cara Mengonsumsi Kurma saat Hamil

Buah kurma dapat dikonsumsi berapapun usia kehamilan Anda, namun porsi yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan usia kehamilan Anda. Berikut ini panduan konsumsi kurma saat hamil:

  • Trimester Pertama, Susah buang air besar merupakan masalah kehamilan yang Anda alami pada fase ini dan serat dalam buah kurma dapat mengatasinya. Konsumsi tiga butir kurma di pagi hari merupakan hal yang aman untuk Anda lakukan terutama jika Anda memiliki masalah gula darah sebelum kehamilan.
  • Trimester Kedua, Umumnya pada fase trimester kedua Anda berisiko mengalami diabetes gestasional dikarenakan pola makan atau riwayat kesehatan Anda. Konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan atau bidan mengenai kurma untuk Anda konsumsi.
  • Trimester Ketiga, Konsumsi kurma menjelang usia kehamilan 9 bulan dapat membantu proses persalinan. Anda dapat mengonsumsi enam buah kurma setiap hari hingga menjelang proses persalinan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kehamilan yang sehat.

Leave a Comment