Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, kandungan nutrisi seperti asam folat, thiamin, zat besi dan nutrisi lainnya dapat memenuhi kebutuhan vitamin selama kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat bagi ibu hamil merupakan satu keharusan dan ditingkatkan. Mengonsumsi makanan sehat tidak hanya baik untuk tubuh ibu hamil, namun juga memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Kacang hijau mengandung protein dalam jumlah besar dan merupakan sumber mineral penting seperti Kalsium dan Fosfor, mineral yang sangat baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam kacang hijau juga menstimulasi regenerasi sel-sel mati, dan juga penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Berikut ini informasi lengkap mengenai Kandungan gizi dalam 100 gram kacang hijau :

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kandungan Gizi Kacang Hijau (100 gram)
NutrisiJumlah
Energi347 Kcal
Karbohidrat62.62 gram
Gula6.6 gram
Serat16.3 gram
Lemak1.15 gram
Protein23.86 gram
Vitamin B1 (thiamin)0.621 mg
Vitamin B2 (riboflavin)0.233 mg
Vitamin B3 (niacin)2.251 mg
Vitamn B5 (asam panthotenic)1.91 mg
Vitamin B60.382 mg
Vitamin B9 (asam folat)625 mcg
Vitamin C4.8 mg
Vitamin E0.51 mg
Vitamin K9 mcg
Kalsium132 mg
Zat Besi6.74 mg
Magnesium189 mg
Mangan1.035 mg
Fosfor367 mg
Potasium1246 mg
Zinc2.86 mg

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan beragam nutrisi diatas, kacang hijau dapat diolah menjadi makanan ringan yang baik untuk dikonsumsi saat sore maupun malam hari. Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan ibu hamil berdasarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya :

1. Vitamin B1

Vitamin B1 juga memiliki nama lain Thiamin. Dalam setiap 100 gram kacang hijau terdapat sekitar 0.164 mg atau 14 persen. Manfaat vitamin B1 untuk ibu hamil adalah dapat memberikan pasokan energi, hal ini selain dapat mengatasi rasa lelah pada ibu hamil juga dapat memberikan energi pada janin dalam kandungan untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin.

Vitamin B1 juga berperan untuk menjaga fungsi otot, sistem saraf dan jantung agar bekerja dengan normal. Selain itu, vitamin B1 juga merupakan nutrisi esensial untuk perkembangan otak janin Anda.

Baca Juga:

Manfaat Buah Naga bagi Kehamilan
Manfaat Madu untuk Kehamilan
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Manfaat Kurma bagi Ibu Hamil
Manfaat Buah Pisang untuk Kehamilan

2. Asam Folat

Asam folat merupakan bentuk lain dari vitamin B9, salah satu vitamin ibu hamil yang penting untuk melindungi kehamilan dari komplikasi dan kerusakan saraf pada janin Anda, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Asam folat diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah, memaksimalkan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin serta membantu menguatkan rahim pada awal kehamilan. Ibu hamil memerlukan 400 mcg asam folat setiap hari selama kehamilan untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

3. Zat Besi

Setiap 100 gram bubur kacang hijau mengandung sekitar 1,4 mg zat besi. Selama kehamilan, setiap harinya Anda membutuhkan asupan zat besi sebanyak 27 mg. Zat besi merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, sebagai catatan saat hamil, volume darah Anda akan meningkat sebanyak 50 persen untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Kondisi diatas membuat tubuh Anda membutuhkan asupan zat besi yang konsisten setiap harinya agar terhindari dari gejala Anemia seperti mudah lelah, letih dan lemas. Selain itu, zati besi juga dibutuhkan untuk perkembangan placenta dan tumbuh kembang janin Anda, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Kekurangan Zat Besi dapat meningkatkan risiko bayi Anda lahir dengan berat badan kurang, kelahiran prematur dan bahkan kematian pada janin Anda.

4. Serat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya adalah kandungan serat di dalamnya. Kacang hijau merupakan salah satu makanan tinggi serat yang diperlukan selama kehamilan, serat dapat mengatasi masalah susah buang air besar pada ibu hamil, mencegah haemorrhoids dan divertikulitis.

Selain itu, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula darah selama kehamilan. Sehingga mencegah risiko komplikasi diabetes gestasional selama kehamilan.

5. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan komponen sisa dari proses metabolisme tubuh Anda yang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung. Sehingga dapat dikatakan vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Vitamin C juga juga berperan dalam memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh Anda, hal ini sangat baik untuk mencegah gejala anemia selama kehamilan.

Rekomendasi Makanan Ibu Hamil :

Manfaat Buah Pir bagi Ibu Hamil
Manfaat Semangka untuk Kehamilan
Manfaat Alpukat bagi Kehamilan
Manfaat Jeruk bagi Ibu Hamil

6. Potassium

Kandungan potassium dalam kacang hijau berperan sebagai vasodilator yang dapat mengontrol tekanan darah tetap normal. Potassium dapat melebarkan dan menenangkan pembuluh darah, hal ini dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, kondisi yang baik untuk mencegah hipertensi selama kehamilan.

Saat hamil, penting untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal, karena hipertensi dapat menyebabkan komplikasi Preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu dan janin dalam kandungan.

7. Vitamin A

Vitamin A yang terdapat dalam kacang hijau berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Vitamin A juga merupakan nutrisi esensial untuk kesehatan mata ibu hamil, lebih jauh juga memaksimalkan perkembangan organ mata bayi Anda.

Baca Juga:

Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil
Manfaat Tomat selama Kehamilan
Manfaat Wortel selama Kehamilan
Manfaat Ubi Jalar bagi Ibu Hamil
Manfaat Susu Kehamilan

8. Kalsium

Kalsium berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang Anda, ibu hamil perlu memiliki tulang yang sehat dan kuat seiring bertambah berat badan karena kehamilan. Selain itu, nutrisi lain seperti Fosfor, Vitamin K dan Vitamin A dalam kacang hijau dapat memaksimalkan perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai Makanan Sehat Ibu Hamil demi menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan Anda.

Rekomendasi Artikel

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Manfaat buah naga untuk Ibu hamil diantaranya adalah memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandung...
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Manfaat kurma untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti protein, serat dan beragam vitamin serta rendah lemak. Kandungan serat dalam buah...
Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan Selamat atas kehamilan Anda, meski banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil hingga melakukan test kehamilan dan umumnya mereka baru mengetahui ...
Olahraga Ibu Hamil Olahraga untuk ibu hamil haruslah aktifitas yang aman dan tidak memiliki gerakan yang berat serta membahayakan kandungan.Rutin berolahraga saat ha...
Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil Manfaat buah semangka untuk ibu hamil diantaranya adalah meredakan gejala asam lambung naik, mengatasi susah buang air besar, meredakan pembengakakan ...
Vitamin Ibu Hamil Konsumsi vitamin ibu hamil sangat krusial untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan Anda h...

Leave a Comment