Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil diantaranya adalah meredakan gejala asam lambung naik, mengatasi susah buang air besar, meredakan pembengakakan pada kaki dan lengan ibu hamil, mencegah infeksi saluran kemih serta kandungan nutrisi di dalamnya berperan penting untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Manfaat buah semangka berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, buah ini mengandungan nutrisi esensial seperti Vitamin A, C, B6, Magnesium, dan Potassium, Selain itu, buah semangka juga memiliki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Berikut ini daftar lengkap kandungan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi 100 gram buah semangka. Simak daftarnya di bawah ini:

Kandungan Nutrisi Buah Semangka (100 gram)
KandunganJumlah
Energi30 Kcal
Karbohidrat7.6 gram
Protein0.6 gram
Lemak0.15 gram
Serat0.4 gram
Asam Folat3 µg
Niacin0.178 mg
Asam Panthotenic0.221 mg
Pyridoxine0.045 mg
Thiamin0.033 mg
Vitamin A569 IU
Vitamin C8.1 mg
Vitamin E0.05 mg
Vitamin B60.1 mg
Sodium1 mg
Potassium112 mg
Kalsium7 mg
Copper42 µg
Zat Besi0.24 mg
Magnesium10 mg
Mangan0.038 mg
Zinc0.10 mg
Alpha Karotene303 µg
Crypto-Xanthin-Beta78 µg
Lutein-Zeaxanthin8 µg
Lycopene4532 µg
Citrulline250 mg

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

1. Meredakan Gejala Asam Lambung Naik

Buah semangka merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Buah ini dapat menenangkan perut dan mengatasi masalah kehamilan seperti asam lambung naik. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini bekerja untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan gejala GERD.

Oleh karena itu, masukan buah semangka sebagai salah satu menu Anda sehari-hari untuk meredakan gejala asam lambung naik.

2. Meredakan Pembengkakan

Edema atau pembengkakan pada kaki dan tangan merupakan salah satu masalah kehamilan yang umum dialami selama kehamilan. Kandungan air dalam buah ini dapat meredakan penyumbatan pada pembuluh darah dan otot, hal ini dapat meredakan pembengkakan pada lengan dan kaki ibu hamil.

3. Meredakan Morning Sickness

Mengonsumsi buah semangka di pagi hari dapat memberikan perasaan segar dan memberikan ketenangan pada perut ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam buah ini memberikan pasokan energi dan mencegah terjadinya morning sickness.

Oleh karena itu, awali hari Anda dengan mengonsumsi jus buah semangka atau mengonsumsi buah semangka secara langsung.

Baca Juga:
Manfaat Buah Alpukat Selama Kehamilan
Pengaruh Susu Kedelai pada Kehamilan
Manfaat Kurma Bagi Kehamilan
Manfaat Wortel bagi Ibu Hamil
Manfaat Susu untuk Kehamilan

4. Mencegah Dehidrasi

Saat hamil, sangat penting untuk menjaga level cairan tubuh Anda agar tidak dehidrasi.

Dehidrasi atau kondisi tubuh kekurangan cairan dapat menyebabkan kontraksi dini dan menyebabkan kelahiran prematur. Buah semangkat terdiri dari 90 persen air dan mengonsumsinya secara rutin dapat menjaga level cairan tubuh Anda.

5. Meredakan Kram

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan berat badan dan ketidakstabilan hormon yang menyebabkan nyeri pada otot dan tulang.

Mengonsumsi buah semangka merupakan salah satu cara untuk meredakan kram selama kehamilan. Menjaga asupan semangka dapat menjaga perubahan berat badan dan hormon ibu hamil lebih baik dan meredakan kram otot.

6. Mencegah Pigmentasi Kulit

Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan pigmentasi kulit, hal ini dapat menyebabkan gangguan kepercayaan diri pada ibu hamil.

Kandungan serat dan nutrisi lainnya dalam buah ini dapat menjaga pergerakan peristaltik perut Anda, hal ini melancarkan sistem pencernaan Anda. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda, menjaga tekstur kulit dan mencegah terjadinya pigmentasi atau perubahan warna kulit.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Saat hamil, kesehatan Anda mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Mengonsumsi semangkat merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kehamilan Anda, kandungan Lycopene dalam buah ini berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Selain itu, lycopene juga berperan dalam menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko komplikasi preeklamsia hingga 50 persen.

8. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Salah satu masalah kehamilan yang umum terjadi adalah susah buang air besar. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengonsumsi buah semangka.

Buah semangkta dapat menjaga pergerakan perut Anda karena kandungan seratnya, selain itu kandungan air dapat membantu kelancaran sistem pencernaan Anda, membantu menekan perut Anda.

Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil:

Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Belimbing bagi Ibu Hamil
Manfaat Tomat bagi Ibu Hamil
Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Pir bagi Ibu Hamil

9. Mengatasi Kulit Gatal

Selain susah buang air besar, kulit gatal yang disebabkan oleh perubahan hormon juga masalah kehamilan yang sering dialami. Kandungan air dalam buah semangka memberikan asupan cairan dan menenangkan kulit ibu hamil, hal ini juga meredakan gatal-gatal selama kehamilan.

Konsumsi buah semangka juga mencegah kulit kering dan menghidrasi kulit Anda.

10. Obat Infeksi Saluran Kemih

Pada trimester pertama kehamilan, banyak wanita yang mengeluarkan infeksi saluran kemih, hal ini sangat mengganggu dan pantangan untuk mengonsumsi obat-obatan kimia juga menyulitkan mengatasi masalah ini.

Namun, terdapat cara alami untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Yakni dengan mengonsumsi semangka.

Kandungan air dan anti bakteri dalam buah ini dapat menyingkirkan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih dan meredakan rasa nyeri saat buang air kecil. Oleh karena itu, masukan semangka sebagai makanan pada awal kehamilan.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Buah semangka juga mengandung Beta-Karotene, sebuah senyawa antioksidan yang dapat dikonversi menjadi Vitamin A. Beta-Karotene merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh ibu hamil.

Selain itu, vitamin A merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Nutrisi ini membantu melindungi lapiran terluar mata yakni korena dari kerusakan. Vitamin A juga berperan menjaga transmisi optikal saraf mata.

12. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Kandungan Kalsium dan Potassium dalam buah semangka sangat baik untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Kedua mineral diatas, sangat baik untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin Anda.

Oleh karena itu, konsumsi buah semangka secara rutin selama kehamilan.

13. Meningkatkan Energi

Buah semangka mengandung nutrisi seperti potassium, magnesium, vitamin A, B1, dan B6 yang berperan dalam menjaga pasokan energi tubuh ibu hamil. Selain itu, nutrisi-nutrisi diatas juga berperan penting dalam membantu tumbuh kembang organ mata, meningkatkan sistem imun dan sistem saraf janin dalam kandungan Anda.

Efek Samping Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Meski memiliki manfaat kesehatan, buah semangka juga memiliki efek samping pada ibu hamil. Khususnya bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan sebelum kehamilan. Berikut ini beberapa efek samping buah semangka yang mungkin dialami oleh wanita hamil:

  • Jika sebelum hamil Anda memiliki riwayat kadar gula darah tinggi, ada baiknya batasi konsumsi buah semangka. Hal ini dikarenakan kandungan gula dalam buah ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan komplikasi Diabetes Gestasional.
  • Konsumsi buah semangka dalam porsi banyak di satu waktu dapat menyebabkan tubuh Anda kehilangan nutrisi penting. Sifat diuretik dalam buah ini bertanggung jawab atas hal ini.
  • Sebaiknya buah semangka segera dikonsumsi setelah dipotong, jika tidak langsung dikonsumsi dikhawatirkan terpapar bakteri dan menyebabkan beragam masalah kehamilan seperti gangguan pencernaan hingga mual dan muntah.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan kehamilan Anda.

Rekomendasi Artikel

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil Manfaat buah pir untuk ibu hamil dikarenakan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana peran buah pir un...
Olahraga Ibu Hamil Olahraga untuk ibu hamil haruslah aktifitas yang aman dan tidak memiliki gerakan yang berat serta membahayakan kandungan.Rutin berolahraga saat ha...
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Manfaat kurma untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti protein, serat dan beragam vitamin serta rendah lemak. Kandungan serat dalam buah...
Manfaat Susu untuk Ibu Hamil Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi u...
Susu Ibu Hamil Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi u...
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan asupan vitamin dan mineral tambahan untuk menjaga kesehatan...

Leave a Comment