Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Manfaat buah pir untuk ibu hamil dikarenakan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana peran buah pir untuk kehamilan Anda, selain itu Anda akan mempelajari risiko efek samping yang dapat Anda alami jika tidak memperhatikan panduan konsumsi buah pir untuk ibu hamil.

Buah pir merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil, buah ini rendah kalori namun tinggi kandungan vitamin untuk ibu hamil. Buah pir aman dikonsumsi selama Anda mencuci kulit luar buah sebelum mengonsumsinya untuk menghilangkan baktergi pathogen yang mungkin menempel pada kulit buah.

Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi tiga buah pir berukuran sedang selama kehamilan, lebih dari itu sangat tidak direkomendasikan.

Kandungan Buah Pir

Seperti yang dijelaskan diatas, buah pir kaya akan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Berikut ini merupakan data mengenai nilai kandungan gizi buah pir. Simak datanya dibawah ini:

NutrisiJumlah
Air83.96 gram
Energi57 Kcal
Karbohidrat13.81 gram
Protein0.38 gram
Lemak Total0.12 gram
Serat3.10 gram
Asam Folat7 µg
Niacin0.157 mg
Asam Panthotenic0.048 mg
Pyridoxine0.028 mg
Riboflavin0.025 mg
Thiamin0.012 mg
Vitamin A23 IU
Vitamin C4.2 mg
Vitamin E0.12 mg
Potassium119 mg
Kalsium9 mg
Copper0.082 mg
Zat Besi0.17 mg
Magnesium7 mg
Mangan 
Fosfor11 mg
Zinc0.10 mg
Beta-Crypto-Xanthin2 µg
Lutein-Zeaxanthin45 µg

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah tentu buah pir sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam buah pir sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan dan juga menjaga kesehatan ibu hamil secara umum. Berikut ini beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui:

1. Kalori

Ibu hamil mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya dan bayi dalam kandungan oleh karena itu wanita hamil umumnya memberikan makanan tinggi nutrisi dan kalori lebih banyak daripada sebelumnya untuk menyediakan energi bagi tubuh.

Kandungan kalori dalam buah pir sangat baik untuk meningkatkan pasokan energi ibu hamil, sehingga menjauhkan masalah kehamilan seperti kelelahan dan lemas. Selain itu, kalori juga dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan, menjaga kehamilan yang sehat, produksi ASI dan lainnya. Meski kalori dalam buah pir tergolong rendah, namun buah ini merupakan sumber karbohidrat yang sehat.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi esensial yang berperan sebagai antioksidan dan menjaga fungsi organ tubuh agar berperan optimal, berikut ini beberapa manfaat vitamin C dalam buah pir untuk kehamilan yang sehat:

  • Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan stress oxidatif dan menurunkan reaksi sel yang dapat menghambat pertumbuhan dan regenerasi sel serta produksi energi tubuh ibu hamil.
  • Vitamin C merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk pembentukan sistem saraf pada janin dalam kandungan serat membantu meningkatkan kemampuan kognitif bayi Anda.
  • Vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, selain itu merupakan nutrisi esensial yang baik untuk pembentukan gusi dan gigi janin Anda.
  • Vitamin C dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, sehingga dapat menghindarkan gejala Anemia pada ibu hamil. Selain itu, hal ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah dan sistem kardiovaskular bayi dalam kandungan.

3. Potassium

Kandungan mineral Potassium dalam buah pir berperan penting untuk fungsi sel-sel dan jaringan otot tubuh Anda, berikut ini peran potassium pada wanita hamil:

  • Potasium berperan menjaga tekanan darah tetap normal, potassium berperan dalam sebagai vasodilator yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah ibu hamil. Hal ini sangat baik untuk menghindarkan risiko komplikasi Preeklamsia.
  • Potassium membantu menyeimbangkan level elektrolit dalam darah dan jaringan otot tubuh Anda, sehingga menjaga fungsi organ dan sel tubuh ibu hamil tetap optimal.
  • Potasium dapat mengatasi masalah kehamilan seperti kram pada perut dan kaki.
    Mineral ini juga dapat menstabilkan sistem saraf, meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasi otot tubuh ibu hamil.

4. Vitamin A

Vitamin A dalam buah pir juga merupakan salah satu vitamin ibu hamil yang esensial mulai dari trimester pertama hingga menjelang persalinan. Berikut ini peran vitamin A selama kehamilan :

  • Vitamin A berperan dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan menjembatani penyerapan nutrisi lain, kandungan Beta Karotene juga menurunkan risiko infeksi karena virus dan bakteri.
  • Vitamin A merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil dan membantu pembentukan organ mata pada janin dalam kandungan Anda.
  • Vitamin A juga berpengaruh pada tumbuh kembang janin dalam kandungan seperti pembentukan sistem pernapasan, sistem saraf, sistem kardiovaskular dan lainnya. Lebih jauh, vitamin A juga diperlukan untuk pembentukan organ liver dan tulang bayi Anda.

Rekomendasi Makanan Ibu Hamil lainnya:

Manfaat Susu untuk Ibu Hamil
Manfaat Konsumsi Ubi Jalar selama Kehamilan
Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Tomat saat Mengandung
Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

5. Mineral Copper dan Magnesium

Copper dan Magnesium merupakan mikronutrien esensial yang memiliki peran vital untuk kandungan, berikut ini beberapa manfaat kedua mineral ini untuk kehamilan Anda:

  • Copper merupakan mineral yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah bersama dengan zat besi dan vitamin B lainnya. Hal ini krusial bagi ibu hamil karena saat hamil volume darah dalam tubuh meningkat untuk membantu tumbuh kembang janin.
  • Copper merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk pembentuk beberapa organ dan sistem organ janin Anda seperti tulang, liver, jaringan pembuluh darah dan lainnya.
  • Copper dibutuhkan oleh ibu dan bayi dalam kandungan untuk menjaga skeletal sistem tubuh, hal ini dapat menguatkan struktur tulang tubuh ibu dan bayi dalam kandungan.
  • Mineral Magnesium berperan untuk menenangkan dan meredakan ketegangan pada otot-otot tubuh ibu hamil, hal ini sangat baik untuk mengatasi masalah kehamilan seperti kelelahan dan stress yang sering dihadapi oleh ibu hamil.

6. Serat

Serat dalam buah pir sangat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh hamil, berikut ini manfaat serat selama Anda mengandung:

  • Susah buang air besar merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi karena semakin bertambahnya ukuran janin Anda maka akan menekan perut Anda, hal ini dapat menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengonsumsi makanan tinggi serat untuk mengatasi sembelit.
  • Konsumsi makanan berserat juga dapat mengontrol tekanan darah selama kehamilan, hal ini sangat baik untuk mencegah komplikasi preeklamsia yang diawali oleh tekanan darah tinggi.

7. Vitamin B6

Beragam vitamin B6 dan jenis vitamin B lainnya merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin Anda, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan cacat bawaan pada janin. Berikut ini beberapa manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil:

  • Vitamin B6 membantu pembentukan kemampuan kognitif dan kemampuan motorik janin Anda, selain itu vitamin ini berperan dalam pembentuk jaringan otot janin.
  • Vitamin B6 berperan dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dalam upaya mencegah infeksi virus, bakteri dan radikal bebas.
  • Vitamin B6 mengurangi masalah morning sickness pada fase awal kehamilan.

8. Asam Folat

Asam Folat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan selama program hamil hingga trimester pertama kehamilan, berikut ini alasan dibaliknya:

  • Asam Folat berperan dalam mencegah cacat saraf pada janin Anda, nutrisi ini berperan dalam pembentukan sistem saraf calon bayi Anda.
  • Asam Folat membantu produksi dan pembentukan sel darah merah dan sistem kardiovaskular.

Baca Juga:

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Alpukat selama Kehamilan
Manfaat Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Wortel saat Hamil

Efek Samping Buah Pir pada ibu Hamil

Buah pir tidak memiliki efek samping berbahaya pada kehamilan, namun terdapat beberapa risiko gangguan kesehatan bila Anda mengonsumsi terlalu banyak. Berikut ini beberapa efek samping buah pir pada ibu hamil yang mungkin Anda alami:

  • Konsumsi terlalu banyak buah pir pada menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, diare dan mual-muntah.
  • Hindari konsumsi buah pir terlalu banyak bila Anda memiliki riwayat Diabetes.
  • Hindari konsumsi buah pir mentah karena dapat menyebabkan masalah kesehatan pada perut Anda, kandungan serat kasarnya dapat menyebabkan iritasi pada perut dan menyebabkan masalah pencernaan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kehamilan dengan makanan sehat untuk ibu hamil.

Tinggalkan komentar