Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk Ibu hamil diantaranya adalah memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan, membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan. Selain itu, kandungan nutrisi seperti vitamin C, karbohidrat, serat dan lemak sehat dalam buah ini merupakan vitamin esensial ibu hamil yang diperlukan selama kehamilan.

Buah naga merupakan buah yang berasal dari tumbuhan sejenis Kaktus yang memiliki nama latin, Hylocereus. Tumbuh ini berasal dari Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun kini tumbuhan buah naga banyak di budidayakan di Indonesia. Rasa buah naga merupakan perpaduan rasa manis dan asam dengan tekstur seperti buah kiwi dan memiliki banyak biji kecil pada daging buahnya.

Amankah Konsumsi Buah Naga saat Hamil?

Banyak wanita hamil bertanya-tanya apakah aman mengonsumsi buah naga selama kehamilan? jawabannya tentu saja. Kandungan nutrisi dalam buah ini sangat baik untuk tubuh ibu hamil dan membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Nutrisi buah naga dapat memastikan kesehatan kehamilan dan melindungi janin Anda dari kerusakan saraf serta risiko komplikasi kehamilan lainnya. Jadi, buah naga merupakan makanan sehat ibu hamil yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Konsumsi buah naga tidak hanya memberikan rasa kenyang, namun kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan:

1. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Asam folat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan selama kehamilan, terutama pada trimester pertama kehamilan. Buah naga memiliki kandungan asam folat yang dapat melindungi janin dalam kandungan dari kerusakan saraf dan otak pada awal kehamilan. Kalsium dan fosfor dalam buah ini juga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi Anda.

Kandungan lemak esensial dalam buah naga tidak hanya memberikan ibu hamil pasokan energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari, namun juga memaksimalkan pembentukan dan perkembangan otak janin dalam kandungan Anda.

Selain itu, kandungan beragam vitamin seperti Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C, dan lainnya dapat membantu menjaga kesehatan Anda dan memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Baca Juga:

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Kurma selama Kehamilan
Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Pir bagi Ibu Hamil
Manfaat Semangka selama Kehamilan

2. Mencegah Anemia saat Hamil

Konsumsi buah naga selama kehamilan dapat menghindarkan Anda dari gejala Anemia, seperti mudah lelah, letih, lesu dan pusing. Hal ini dikarenakan kandungan mineral Zat Besi dan Vitamin C yang membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh Anda.

Zat besi dibutuhkan untuk produksi sel darah merah, sedangkan vitamin C berperan dalam memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh Anda. Sehingga menghindarkan Anda dari risiko Anemia selama kehamilan.

3. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang umum terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan maupun karena ukuran perut Anda yang semakin membesar dan menekan saluran pencernaan.

Konsumsi buah naga merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi sembelit selama kehamilan, kandungan serat dalam buah ini dapat melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan pergerakan peristaltik perut dan mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah ini dapat membersihkan saluran pencernaan dari zat beracun sehingga menghindarkan Anda dari risiko penyakit pencernaan.

4. Mencegah Infeksi selama Kehamilan

Kandungan senyawa anti baktri dan anti jamur dalam buah naga dapat mencegah pertumbuhan dan perkembang biakan bakteri dan jamur dalam organ tubuh Anda, hal ini sangat baik untuk mencegah beragam infeksi bakteri maupun jamur selama kehamilan yang dapat menyebabkan beragam komplikasi kehamilan.

Selain itu, konsumsi buah naga selama mengandung dapat meningkatkan regenerasi sel-sel tubuh Anda sehingga mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah ini dapat menetralisir zat-zat radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan mencegah risiko penyakti kanker selama kehamilan. Kandungan Karotene dalam buah ini juga dapat mencegah mutasi sel-sel tubuh Anda menjadi sel-sel tumor dan kanker karena zat beracun yang berasal dari polusi udara dan makanan yang Anda konsumsi.

6. Meningkatkan Energi

Buah nagar merupakan sumber karbohidrat alami yang baik untuk ibu hamil, setiap 100 gram buah naga mengandung sekitar 9-14 gram karbohidrat. Selama mengandung, ibu hamil di rekomendasikan untuk mendapatkan asupan 135 karbohidrat.

Karbohidrat dibutuhkan untuk dikonversi oleh tubuh menjadi energi dan menghindarkan Anda dari gejala mudah lelah selama kehamilan. Selain itu, hal ini juga dapat memaksimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan Anda.

7. Mencegah Preeklamsia

Kandungan potassium dalam buah ini merupakan nutrisi esensial yang baik untuk menjaga tekanan darah Anda tetap normal selama kehamilan. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, preeklamsia.

Mineral potassium berperan sebagai Vasodilator yang berperan dalam menenangkan dan melebarkan pembuluh darah, hal ini mencegah penyumbatan pembuluh darah dan di saat bersamaan juga menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi sebelum atau saat mengandung sebaiknya konsumsi buah naga untuk mengontrol tekanan darah Anda.

Rekomendasi Makanan Ibu Hamil Lainnya:

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat bagi Kehamilan
Manfaat Konsumsi Buah Jeruk selama Kehamilan
Manfaat Konsumsi Buah Belimbing bagi Kehamilan
Manfaat Konsumsi Wortel selama Kehamilan
Manfaat Konsumsi Ubi Jalar untuk Kehamilan
Manfaat Konsumsi Tomat bagi Kehamilan
Manfaat Susu selama Kehamilan

8. Mencegah Keguguran

Keguguran dapat mengancam pada trimester pertama kehamilan, hal ini dapat terjadi bila rahim Anda tidak cukup kuat untuk kehamilan. Mengonsumsi buah naga dapat menjadi alternatif mencegah keguguran karena kurangnya asupan nutrisi pada awal kehamilan.

Kandungan asam folat dalam buah ini dapat mempersiapkan rahim dalam menyambut kehamilan dan memaksimalkan perkembangan embrio saat menempel pada dinding rahim. Hal ini berperan penting dalam menurunkan risiko keguguran.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai cara menjaga kehamilan dengan bahan-bahan alami.

Rekomendasi Artikel

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil
views 0
Manfaat buah semangka untuk ibu hamil diantaranya adalah meredakan gejala asam lambung naik, mengatasi susah buang air besar, meredakan pembengakakan ...
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
views 4
Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan asupan vitamin dan mineral tambahan untuk menjaga kesehatan...
Susu Ibu Hamil
views 2
Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi u...
Pantangan Ibu Hamil
views 4
Menghindari pantangan ibu hamil merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan yang sehat baik dan mendukung tumbuh kembang janin dalam kandung...
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil
views 4
Manfaat buah pir untuk ibu hamil dikarenakan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana peran buah pir un...
Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil
views 0
Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti karbohidrat, asam lemak omega 3 dan omega 6, vitamiN C, vitamin B kompleks,...

Leave a Comment