Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

3 min read

Manfaat buah Manggis untuk Ibu Hamil

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil karena kandunan nutrisi esensial yang terdapat dalam buah ini yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan dan mencegah beragam masalah kehamilan.

Buah manggis yang memiliki nama latin Garcinia Mangostana merupakan buah asli Thailand, buah ini juga memiliki julukan sebagai ratu buah di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah manggis merupakan salah satu makanan sehat bagi kehamilan karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Konsumsi buah manggis selama kehamilan merupakan hal yang aman dilakukan selama tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini membantu memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan, melindungi bayi dari kerusakan saraf dan mencegah beragam gangguan pada ibu hamil.

Berikut ini, kandungan nutrisi yang bisa Anda dapatkan setiap mengonsumsi 100 gram daging buah manggis :

Kandungan Nutrisi Manggis (100 gram)
Kandungan NutrisiJumlah
Kalori73 Kcal
Protein0.41 gram
Lemak Total0.58 gram
Karbohidrat17.91 gram
Serat1.8 gram
Kalsium12 mg
Zat Besi0.30 mg
Magnesium13 mg
Fosfor8 mg
Potassium48 mg
Sodium7 mg
Zinc0.21 mg
Vitamin C2.9 mg
Thiamin0.054 mg
Riboflavin0.054 mg
Niacin0.286 mg
Vitamin B60.018 mg
Asam Folat31 mcg
Vitamin A35 IU

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan beragam vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah ini, sudah barang tentu manggis memiliki manfaat kesehatan bagi kesehatan tubuh. Terkhusus untuk ibu hamil, kandungan nutrisi dalam buah ini selain memberikan perlindungan tubuh dari infeksi virus, bakteri dan radikal juga berperan dalam membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Untuk lebih detail, simak ulasan kami mengenai Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil di bawah ini :

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Buah manggis merupakan salah satu makanan sumber asam folat yang dibutuhkan ibu hamil, dalam setiap 100 gram daging buah ini terkandungan 31 mcg asam folat. Asam Folat berperan penting dalam mencegah kerusakan saraf dan otak janin Anda, terutama pada trimester pertama kehamilan. Selain itu, nutrisi ini juga berperan penting mencegah bibir sumbing dan gangguan jantung pada bayi Anda.

Sehingga, dapat dikatakan asam folat merupakan vitamin ibu hamil yang berperan dalam mencegah bayi Anda lahir dengan cacat bawaan.

Baca Juga :

Jenis Susu untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya
Manfaat Buah Naga bagi Kehamilan
Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa?
Manfaat Konsumsi Madu saat Hamil
Manfaat Kurma bagi Kehamilan
Manfaat Alpukat bagi Ibu Hamil

2. Memaksimalkan Tumbuh Kembang Janin

Buah Manggis kaya merupakan salah satu sumber mineral Mangan yang merupakan nutrisi vital yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang rawan dan tulang tubuh janin dalam kandungan Anda. Hal ini dapat membantu janin Anda untuk memaksimalkan perkembangan tubuhnya saat lahir kelak.

Satu cup buah manggis dengan berat 100 gram mengandung 0.2 mg mineral Mangan, sedangkan setiap harinya ibu hamil membutuhkan 2 mg mineral ini untuk menjaga fungsi tubuh mereka. Selain Mangan, konsumsi buah manggis juga memberikan beragam antioksidan yang dapat melindungi ibu dan bayi dalam kandungan dari kerusakan sel karena infeksi.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam buah manggis merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Setiap mengonsumsi 100 gram buah manggis, Anda bisa mendapatkan 2,9 mg vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi pada kehamilan Anda.

Vitamin ini berperan dalam menstimulasi produksi dan fungsi Leukosit, sel darah putih yang berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri serta radikal bebas.

Selain itu, Vitamin C juga berperan meningkatkan produksi Kolagen tubuh Anda yang dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda, hal ini sangat penting untuk mengakomodasi perkembangan kehamilan Anda.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi Anda ibu hamil yang memliki riwayat diabetes, mengonsumsi manggis merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan kadar gula darah tubuh Anda. Kandungan Asam Tannic dan Oligomeric Proanthocyanidin Complexes ini berperan dalam meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

Selain itu, dalam studi yang dipublikasikan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan bahwa komponen kimia dalam buah ini setara dengan Acarbose, yang banyak digunakan dalam obat-obatan penurun kadar gula darah.

5. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi selama kehamilan, salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah manggis. Kandungan serat dalam buah ini dapat mengatasi sembelit dan beragam masalah pencernaan lainnya yang dialami oleh ibu hamil.

Serat dalam buah manggis membantu pergerakan peristaltik perut dan mengatasi sembelit. Selain itu, konsumsi buah manggis juga dapat meningkatkan perkembangan jumlah bakteri baik di usus. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan Anda.

Rekomendasi Artikel :

Manfaat Minum Susu Kedelai saat Hamil
Ragam Manfaat Pisang bagi Kehamilan
Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil
Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

6. Mencegah Anemia

Kandungan nutrisi dalam buah manggis sangat baik untuk mencegah Anemia, anemia merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi dikarenakan saat hamil, volume darah akan meningkat untuk mengakomodasi penyaluran nutrisi ke janin Anda.

Zat Besi dalam buah ini berperan penting dalam pembentukan sel darah dalam tubuh Anda, vitamin C bekerja untuk memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh dan Potassium berperan sebagai Vasodilator yang baik untuk menenangkan dan melebarkan pembuluh darah agar sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar dan mencegah anemia.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potassium dalam buah ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah Anda, seperti yang dijelaskan diatas, potassium berperan sebagai vasodilator yang dapat menenangkan dan melebarkan pembuluh darah, hal ini dapat mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah dan sirkulasi darah yang lancar dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Bagi ibu hamil, menjaga tekanan darah tetap normal merupakan hal yang krusial. Tekanan darah pada saat hamil dapat menyebabkan komplikasi preeklamsia yang membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kehamilan dengan menggunakan cara alami.

Rekomendasi Artikel

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil Manfaat mangga untuk ibu hamil berasal dari kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, asam folat, potassium dan zat besi yang dimana nutrisi-nutrisi...
Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti karbohidrat, asam lemak omega 3 dan omega 6, vitamiN C, vitamin B kompleks,...
Manfaat Susu untuk Ibu Hamil Manfaat susu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, susu memberikan Anda nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pasokan energi u...
Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, kandungan nutrisi seperti asam folat, thiamin, zat besi dan nutrisi lainnya dapat mem...
Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil Manfaat buah tomat untuk ibu hamil datang dari kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa kimia lainnya yang berperan penting dalam menjaga k...
Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi didalamnya, termasuk dalam salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Konsumsi ubi jal...