Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

3 min read

Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mengatasi masalah kehamilan dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Buah yang memiliki bentuk bintang dengan rasa kombinasi antara asam dan manis ini sangat baik untuk menyediakan energi untuk ibu hamil.

Konsumsi jus buah belimbing dapat mengobati infeksi pada mulut dan tenggorokan serta mengatasi beragam masalah kehamilan yang sering dialami oleh ibu hamil seperti susah buang air besar, hipertensi, dan menurunkan kolesterol.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing

Buah belimbing memiliki sejumlah nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, komponen karotenoid, mineral dan nutrisi penting lainnya. Untuk lebih jelasnya simak daftar kandungan nutrisi dalam tiap 100 gram buah belimbing dibawah ini:

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing (100 gram)
Kandungan NutrisiJumlah
Karbohidrat6.7 gram
Protein1 gram
Serat2.08 gram
Vitamin C34.4 mg
Vitamin A0.15 mg
Vitamin E0.2mg
Niacin0.4 mg
Asam Folat12 mcg
Asam Panthotenic0.4 mg
Kolin7.6 mg
Kalsium3 mg
Zat Besi0.1 mg
Magnesium10 mg
Fosfor12 mg
Potassium133 mg
Sodium2 mg
Zinc0.1 mg
Copper0.1 mg
Selenium0.6 mcg
Asam Lemak Omega 327 mg
Asam Lemak Omega 6157 mg

Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan beragam nutrisi diatas, sudah barang tentu bahwa buah belimbing sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat buah belimbing untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan :

1. Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat kesehatan buah belimbing untuk kehamilan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Rutin konsumsi buah belimbing dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda dalam menangkal serangan virus dan bakteri.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ini merupakan antioksidan yang efektif dalam menangkal oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga menghindarkan Anda dari beragam penyakit kronis seperti kanker, stroke dan penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah belimbing merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh organ mata agar berfungsi secara maksimal. Rutin konsumsi buah ini selama kehamilan dapat menghindarkan mata Anda dari infeksi bakteri dan beragam masalah kesehatan mata, selain itu vitamin A juga dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang organ mata janin dalam kandungan Anda. Oleh karena itu, jangan lewatkan manfaat sehat buah ini.

3. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar saat hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi, untuk mengatasinya ibu hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan berserat. Salah satu yang direkomendasikan adalah buah belimbing, kandungan serat dalam buah ini sangat baik untuk membantu pergerakan perut dan melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, nutrisi dalam buah ini juga dapat mengatasi diare dan masalah pencernaan lainnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan preeklamsia, hal ini tidak hanya membahayakan ibu hamil namun juga keselamatan janin dalam kandungan Anda menjadi terancam.

Bila Anda memiliki keluhan hipertensi sebelum dan saat mengandung ada baiknya Anda mengonsumsi makanan tinggi potassium, salah satunya adalah buah belimbing. Mineral potassium berperan sebagai vasodilator yang bekerja dengan menenangkan dan melebarkan pembuluh darah, hal ini sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan menurunkan tekanan darah Anda.

5. Meredakan Stress

Stress merupakan masalah kehamilan yang sebisa mungkin dihindari oleh ibu hamil, stress dapat menyebabkan timbulnya beragam masalah kesehatan yang mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Salah satu cara mengatasi stress saat hamil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, belimbing merupakan salah satu diantaranya. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini sangat baik untuk mengontrol keseimbangan hormon dan meredakan stress.

Konsumsi buah belimbing sebagai pencuci mulut juga sangat baik untuk meredakan kram pada ibu hamil, berterima kasihlah pada kemampuan buah ini dalam mengontrol level hormon tubuh Anda. Sehingga dapat meredakan masalah kram selama kehamilan.

6. Membantu Tumbuh Kembang Bayi dalam Kandungan

Kandungan beragam nutrisi dalam buah belimbing sangat baik untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Asam Folat dalam buah ini sangat penting untuk ibu hamil muda, asam folat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan untuk mencegah kerusakan saraf pada saat bayi Anda masih berbentuk embrio. Selain itu nutrisi ini juga membantu menjaga kesehatan rahim Anda dalam mempersiapkan kehamilan.

Kandungan kalsium, magnesium dan fosfor sangat penting untuk memaksimalkan pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi janin Anda, sehingga menghindarkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

7. Menurunkan Kolesterol

Rutin konsumsi buah belimbing dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah selama kehamilan, kandungan serat dalam buah berbentuk bintang ini dapat mengikat kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah dan membuatnya melalui proses metabolisme tubuh.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kehamilan jika tidak diatasi dengan segera. Kolesterol dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

8. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah belimbing sangat baik untuk mencegah penyakit infeksi saluran kemih. Buah belimbing memiliki sifat diuretik yang memastikan bahwa saluran kemih Anda berfungsi dengan normal sehingga mencegah terjadinya infeksi pada saluran kencing ibu hamil. Oleh karena itu, sediakan jus buah belimbing secara berkala saat hamil.

Baca Juga:
Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil
Manfaat Konsumsi Wortel selama Kehamilan
Konsumsi Susu untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam upaya mendapatkan kehamilan yang sehat.

Rekomendasi Artikel

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Manfaat kurma untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi seperti protein, serat dan beragam vitamin serta rendah lemak. Kandungan serat dalam buah...
Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil Manfaat buah tomat untuk ibu hamil datang dari kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa kimia lainnya yang berperan penting dalam menjaga k...
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Manfaat air kelapa untuk ibu hamil diantaranya adalah memberikan energi dan isotonik alami untuk menggantikan cairan yang hilang pada tubuh ibu hamil....
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan asupan vitamin dan mineral tambahan untuk menjaga kesehatan...
Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil dikarenakan kandungan nutrisi seperti vitamin C, zat besi, zinc, dan asam folat yang dapat meningkatkan sistem keke...
Makanan yang Mengandung Asam Folat Makanan yang mengandung asam folat tinggi merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil, folat merupakan nutrisi esensial yang berperan penting saat pro...