Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil diantaranya adalah memberikan energi dan isotonik alami untuk menggantikan cairan yang hilang pada tubuh ibu hamil. Dikenal juga sebagai NariyalPani dan Elaneer oleh masyarakat India, air kelapa memiliki ragam manfaat bagi kehamilan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Berikuti ini mengenai manfaat air kelapa bagi ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Setiap Hari?

Amankah bagi ibu hamil mengonsumsi air kelapa? Tentu saja! namun dengan batas tertentu. Batas aman untuk ibu hamil mengonsumsi air kelapa adalah maksimal satu gelas setiap harinya. Dan sebaiknya pilih air kelapa segar daripada mengonsumsi dalam bentuk kemasan cepat saji.

Kandungan nutrisi dalam air kelapa sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil dan mengatasi masalah kehamilan seperti kelelahan dan morning sickness. Selain itu, air kelapa juga baik untuk mengatasi asam lambung naik dan sembelit pada ibu hamil.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam tiap satu gelas air kelapa yang bisa Anda dapatkan :

Kandungan Nutrisi Air Kelapa
Kandungan NutrisiJumlah
Kalori46 Kcal
Sodium252 mg
Potassium600 mg
Karbohidrat8,9 mg
Serat2,6 gram
Gula6,26 mg
Kalsium56,7 mg
Vitamin C5,8 mg
Thiamin0,1 mg
Riboflavin0,1 mg
Niacin0,2 mg
Vitamin B60,1 mg
Asam Folat7,2 mcg
Asam Pantothenic0,1 mg
Kolin2,6 mg
Asam Lemak Omega 64,8 mg
Zat Besi0,7 mg
Magnesium60 mg
Fosfor48 mg
Zinc0,2 mg
Copper0,1 mg
Mangan0,3 mg
Selenium2,4 mcg

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Meski kandungan nutrisi yang terkandung dalam air kelapa tidak sebanyak seperti makanan sehat ibu hamil lainnya, namun minuman sehat ini tidak kalah baiknya dalam membantu menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan Anda, berikut ini ragam manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

1. Diuretik Alami

Selama kehamilan, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh Anda. Air kelapa merupakan diuretik alami yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil karena kandungan potassium, magnesium dan mineral lainnya.

Hal ini dapat membantu tubuh Anda dalam mengeluarkan racun dan membersihkan saluran kemih Anda, lebih jauh, air kelapa dapat membantu kerja liver dan mencegah timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih selama kehamilan.

Baca Juga:

Jenis Susu untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Manfaat Madu bagi Kehamilan
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Manfaat Kurma bagi Kehamilan

2. Elektrolit Alami

Air kelapa merupakan elektrolit alami yang dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh ibu hamil, tidak hanya itu kandungan elektrolit seperti beragam mineral, sodium, kalsium, potassium dan fosfor dalam minuman ini dapat mengatasi mual-muntah, diare dan memberikan pasokan energi.

Kandungan elektrolit dalam minuman alami ini dapat memberikan energi pada sel-sel tubuh Anda dan membantu fungsi otot tubuh Anda. Selain itu, air kelapa juga dapat mengontrol kadar pH tubuh dan menjaga tekanan darah tetap normal sehingga dengan kata lain air kelapa dapat menurunkan risiko komplikasi preeklamsia.

3. Mengatasi Asam Lambung Naik dan Sembelit

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil trimester pertama adalah dapat mengatasi beragam masalah kehamilan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan beragam masalah kehamilan seperti asam lambung naik dan sembelit, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air kelapa.

Kandungan serat dalam minuman ini dapat menguatkan sistem pencernaan Anda, melancarkan pergerakan peristaltik perut, mengatur kadar keasaman tubuh dan mengatasi sembelit. Air kelapa telah dikenal oleh pengobatan Ayurveda sebagai pencahar alami. Tabib di India percaya bahwa minuman alami ini dapt meningkatkan metabolisme, mengeluarkan racun, menetralisir asam lambung dan mencegah naiknya asam lambung.

4. Mengatasi Infeksi

Kandungan beragam vitamin, mineral dan antioksidan dalam minuman alami ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan tubuh dalam mengatasi infeksi. Asam Lauric dalam air kelapa merupakan asam lemak yang berperan dalam produksi antivirus Monolaurin yang dapat membunuh virus dan bakteri penyebab infeksi seperti flu, HIV dan meningkatkan jumlah bakteri baik yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan elektrolit dalam air kelapa berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular ibu hamil dan mencegah penyakit jantung serta stroke.

Mengonsumsi minuman alami dapat memenuhi kebutuhan potassium, magnesium dan asam lauric yang berperan dalam mengontrol tekanan darah. Selain itu, nutrisi dalam air kelapa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengontrol kadar gula darah serta menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

Konsumsi air kelapa pada saat usia kehamilan 9 bulan dapat meredakan ketegangan karena persiapan persalinan yang umumnya diikuti dengan naiknya tekanan darah.

6. Mencegah Dehidrasi

Air kelapa merupakan isotonik alami yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan ibu hamil dan mencegah masalah kehamilan seperti dehidrasi dan kelelahan saat hamil. Mengonsumsi air kelapa sangat dianjurkan sesaat setelah melakukan olahraga kehamilan untuk mengembalikan cairan tubuh.

Konsumsi air kelapa juga berperan penting untuk kesehatan kulit ibu hamil, khususnya menjaga kelembapan dan mencegah timbulnya stretchmark kehamilan.

7. Memaksimalkan Tumbuh Kembang Janin

Konsumsi air kelapa tidak hanya baik untuk ibu hamil, manfaat air kelapa untuk janin dalam kandungan diantaranya adlaah memaksimalkan tumbuh kembang janin dan menyediakan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin Anda.

Lebih jauh, konsumsi air kelapa terutama pada trimester ketiga kehamilan dapat menjaga level air ketuban, meningkatkan volume darah dan melancarkan sirkulasi darah. Kondisi ini sangat baik untuk menyediakan support system bagi bayi dalam kandungan Anda.

8. Minuman Rendah Gula

Air kelapa merupakan minuman sehat yang memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan minuman ibu hamil lainnya,. Mengutip Livestrong.com, air kelapa murni hanya mengandung 6 gram gula setiap satu gelasnya, sedangkan jus apple mengandung 24 gram gula alami untuk setiap satu takaran saji.

Saat hamil, penting sekali untuk mengonsumsi makanan rendah gula, mengutip penelitian yang terbit pada Diabetes Care tahun 2009 silam, mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan rendah gula lainnya saat hamil sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes gestasional. Konsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan obesitas pada bayi saat lahir kelak.

Rekomendasi Artikel:

Manfaat Konsumsi Pisang selama Kehamilan
Amankah Konsumsi Kacang Hijau saat Hamil?
Manfaat Konsumsi Buah Pir bagi Kehamilan
Konsumsi Semangka bagi Ibu Hamil
Manfaat Konsumsi Alpukat bagi Ibu Hamil
Makanan Sumber Asam Folat Tinggi

Adakah Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil?

Mengutip Momjunction, hingga saat ini belum ada laporan yang menyebutkan mengenai efek samping air kelapa untuk ibu hamil. Seperti halnya makanan ibu hamil lainnya, jika dikonsumsi dalam batasan normal konsumsi air kelapa tidak akan memberikan dampak buruk pada kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai makanan sehat untuk ibu hamil.

Leave a Comment