Makanan Penyubur Kandungan

6 min read

Makanan Penyubur Kandungan agar cepat hamil

Selain dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, cara menyuburkan kandungan lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan.

Faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita adalah makanan yang dikonsumsi. Menurut data Center of Disease Control and Prevention diperkirakan satu dari sepuluh wanita didunia mengalami masalah kesuburan.

Menjalankan diet sehat merupakan hal penting demi meningkatkan peluang supaya cepat hamil. Namun makanan apa saja untuk menyuburkan kandungan?.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai makanan yang bisa menyuburkan kandungan Anda sebagaimana dikutip dari Parents.com

Makanan Penyubur Kandungan

1. Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan merupakan makanan penyubur rahim. Menurut study yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health yang meneliti 19.000 wanita yang secara aktif berusaha untuk hamil dan ditemukan 39 persen mengalami ketidaksuburan dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi protein hewani.

Sedangkan 61 persen lainnya yang mengonsumsi protein nabati tidak memiliki masalah mengenai kesuburan mereka. Jadi masukan kacang-kacangan dalam menu diet Anda bila menjalankan program hamil. Anda dapat memilih diantaranya:

  • Lentils
  • Edamame
  • kacang Tanah
  • Kacang Panjang
  • Kacang Almond

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau umumnya tinggi akan kandungan folat. Folat merupakan vitamin B yang dapat membantu proses pembuahan. Baik pria maupun wanita dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat agar meningkatkan peluang kehamilan.

Folat berguna untuk meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi risiko bayi terlahir dengan kelainan bawaan.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of California Berkeley’s Public School fo health menunjukan hasl survey pada 97 pria yang tidak merokok dan tidak memiliki riwayat kemandulan dalam keluarganya, yang mengonsumsi sejumlah dosis asam folat memiliki sperma yang lebih sehat.

Konsumsi Lebih Banyak sayuran berdaun hijau seperti :

  • Bayam
  • Selada
  • Brokoli

3. Biji Labu

Biji labu kaya akan kandungan zat besi. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan wanita yang rutin mengonsumsi suplemen zat besi dapat menurunkan masalah kesuburan hingga 40 persen dibanding mereka yang tidak.

Jadikan biji labu sebagai makanan ringan pengisi waktu luang Anda ditengah upaya mendapatkan kehamilan.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Sebagai informasi peradangan pada tubuh Anda dapat menghambat ovulasi, pembuahan dan pembentukan fase awal embrio. Tambahkan minyak zaitun dalam salad atau proses masakan Anda dengan minyak zaitun untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan rahim Anda.

5. Salmon

Ikan yang berasal dari perairan dingin ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menyeimbangkan hormon reproduksi dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk ke organ reproduksi Anda.

Ikan salmon juga lebih rendah kandungan mercury dibanding ikan laut lainnya.

6. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, hal ini dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Peningkatan kadar gula darah dapat menganggu hormon reproduksi.

Dalam sebuah study yang dilakukan di Belanda pada 165 pasangan yang berusaha untuk hamil menunjukan bahwa wanita yang memiliki kadar gula darah yang tinggi memiliki peluang lebih rendah untuk mendapatkan kehamilan.

Untuk itu lebih banyak konsumsi karbohidrat kompleks yang didapat dari makanan:

  • Roti Coklat
  • Nasi Merah
  • Nasi Coklat
  • Nasi Hitam

7. Susu Tinggi Lemak

Susu tinggi lemak beserta produk turunannya seperti Yoghurt, Keju dan Es Krim dapat berperan dalam meningkatkan kesuburan kandungan.

Mengonsumsi satu atau dua porsi produk susu tinggi lemak dapat melindungi Anda masalah kesehatan rahim. Selain itu, susu juga dapat menstimulasi produksi hormon dalam tubuh Anda.

8. Buah Tin

Buah tin dipercaya sebagai penyubur kandungan sejak zaman Yunani Kuno. Dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa buah tin kaya akan kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan sel telur dan baik dalam persiapan sebelum kehamilan.

9. Buah Berries

Beragam jenis buah beri sangat baik dalam melindungi sel telur dari kerusakan dan penuaan karena kaya akan kandungan antioksidan.

Khusus Strawberry memiliki manfaat untuk meningkatkan libido wanita. Jadi sebaiknya konsumsi buah berries seperti:

  • Strawberry
  • Cranberry
  • Blackberry

10. Kerang Tiram

Kerang tiram dikenal sebagai makanan yang dapat membangkitkan libido. Selain itu, kerang juga merupakan makanan yang bisa menyuburkan kandungan. Hal ini dimungkinkan karena kandungan Zinc yang terdapat dalam kerang tiram sangat tinggi.

Zinc diperlukan untuk meningkatkan kualitas sel sperma dan sel telur. Beberapa penelitian menyebutkan Zinc dibutuhkan oleh pria untuk meningkatkan jumlah sperma dan produksi hormon testosteron. Sementara bagi wanita, Zinc berguna untuk meningkatkan ovulasi dan kesuburan rahim.

11. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan selenium yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Mengutip situs The Ask Baby, bawang putih memiliki manfaat bagi kesuburan wanita dengan melindungi Anda dari masalah kromosom yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.

12. Madu

Madu telah lama dikenal sebagai makanan yang bisa menyuburkan kandungan.

Dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan pada 2010 silam mengungkapkan dengan mengonsumsi bee pollen dapat meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan rahim secara signifikan.

Mengonsumsi madu dapat menstimulasi sel telur dan meningkatkan kesuburan pada wanita.

13. Royal Jelly

Royal Jelly kaya akan kandungan asam amino esensial, protein, Vitamin D, Vitamin E dan sumber iron dan kalsium sehingga dapat dikatakan sebagai makanan kesuburan wanita.

Royal jelly merupakan penyeimbang hormon dan dapat membantu masalah kesuburan pada wanita seperti menopause dini.

Baca Juga:

14. Pisang

Buah untuk kesuburan yang pertama adalah buah pisang. Pisang sangat dianjurkan untuk wanita yang sedang dalam program hamil. Dalam buah pisang terdapat asam folat dan vitamin B6 yang baik untuk mempersiapkan rahim sebelum kehamilan.

Nutrisi dalam buah pisang berfungsi untuk melancarkan siklus haid. Siklus haid yang lancar merupakan pertanda kesehatan organ reproduksi dalam kondisi baik.

Dari sekian banyak jenis pisang, Pisang Ambon merupakan jenis yang memiliki konsentrasi asam folat dan vitamin B6 tertinggi diantara yang lainnya.

15. Alpukat

Buah untuk program hamil selanjutnya adalah buah Alpukat. Alpukat sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

Manfaat buah alpukat pada pria adalah meningkatkan kualitas sperma, sedangkan bagi wanita kandungan asam folat yang terdapat dalam buah alpukat dibutuhkan untuk mempersiapkan rahim untuk menyambut kehamilan dan selama trimester pertama kehamilan.

Sebaiknya konsumsi buah alpukat secara langsung tanpa dicampur dengan pemanis karena dapat merusak kandungan lemak nabati didalamnya.

16. Berries

Keluarga buah Berry seperti Strawberry, Blueberry, Blackberry, Cranberry, dan Raspberry kaya akan kandungan antioksidan dan melindungi tubuh Anda dari kerusakan dan penuaan dini.

Hal ini termasuk dalam melindungi organ reproduksi Anda.

17. Pomegranate

Jus buah pomegranate diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi kewanitaan Anda, juga untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Mengonsumsi jus pomegranate setiap hari dipercaya akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan.

18. Nanas

Meski merupakan buah pantangan ibu hamil muda, nyatanya nanas merupakan buah yang baik untuk kesuburan wanita. Hal ini dikarenakan kandungan Mangan yang tinggi dalam nanas sangat baik untuk membantu produksi hormon reproduksi.

Selain itu, enzim yang terkandung dalam buah nanas sangat baik menstimulasi produksi ovum dan menjaga keseahatan rahim.

19. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis dapat meningkatkan kesuburan wanita. Vitamin C dalam jeruk nipis berperan sebagai antioksidan yang baik dalam melindungi organ reproduksi wanita dari radikal bebas.

Selain itu, juga berperan untuk melancarkan pelepasan sel telur dari ovarium.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan, wanita yang mengonsumsi vitamin C dalam dosis tertentu memiliki peluang 80 persen lebih tinggi mendapatkan kehamilan daripada mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C.

20. Kurma Muda

Buah yang berasal dari timur tengah ini telah dikenal sejak lama sebagai terapi untuk meningkatkan kesuburan kandungan wanita. Kandungan nutrisi dalam buah kurma muda meliputi :

  • Magnesium
  • Kalium
  • Serat
  • Zat Besi
  • Vitamin B Kompleks

Kurma muda diyakini memiliki konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi dibanding yang telah matang. Kandungan Zat Besi dalam kurma muda sangat baik untuk menjaga siklus haid tetap lancar dan meningkatkan kualitas sel telur.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan rahim sebelum kehamilan.

21. Semangka

Semangka juga dikenal sebagai buah penyubur rahim. Kandungan senyawa Situlin dalam semangka dipercaya dapat meningkatkan libido Anda dan pasangan.

Buah dengan konsentrasi air yang tinggi dapat membantu memenuhi cairan tubuh agar fungsi organ Anda, termasuk organ reproduksi tetap berjalan normal.

Selain itu, kandungan Nitrit Oksida dalam buah semangka juga baik untuk meningkatkan kesehatan sistem reproduksi pria.

22. Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah kaya akan kandungan senyawa Likopen. Likopen merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi Anda dari risiko penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti Kanker, Tumor dan Kista.

Seperti diketahui, radikal bebas dapat mengganggu kesuburan Anda karena menghambat kinerja organ tubuh anda.

Selain menangkal radikal bebas, jambu biji merah juga baik untuk kesehatan organ reproduksi pria.

23. Melon

Buah untuk cepat hamil selanjutnya adalah buah Melon. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam buah lemon yang dapat berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel telur dari kerusakan karena radikal bebas.

24. Delima

Bila Anda mendambakan kehadiran anak ditengah-tengah keluarga mungkin anda harus memasukan buah delima dalam program hamil Anda.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah delima baik dalam meningkatkan kesuburan dan fungsi seksual pada pria dan wanita.

Bagi pria, buah delima dapat melemaskan otot dinding pembuluh dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ reproduksi sehingga dapat ereksi secara maksimal.

Sedangkan bagi Wanita, buah delima melancarkan aliran darah ke organ reproduksi serta kandungan zat antioksidannya berperan dalam melindung dinding rahim dari kerusakan karena radikal bebas. Rahim yang sehat baik dalam mempersiapkan kehamilan.

25. Manggis

Hampir setiap bagian buah manggis memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

Buah manggis mengandung Mangan, Vitamin C dan Asam Folat yang dibutuhkan untuk mempersiapkan rahim sebelum kehamilan.

Selain itu, bagi ibu hamil mengonsumsi buah manggis dapat mencegah kelahiran bayi prematur dan cacat pada janin.

26. Mangga

Kandungan vitamin C dalam buah mangga dapat membantu proses pelepasan sel telur dan juga Vitamin E yang terkandung didalamnya juga berperan untuk meningkatkan libido wanita.

Pilihlah buah mangga yang matang secara sempurna agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

27. Tin

Buah tin telah dikenal sejak zaman Nabi sebagai buah super dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa buah dari surga ini kaya akan kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan sel telur dan membantu mempersiapkan rahim menyambut kehamilan.

Cara Mengonsumsi Buah yang Baik Saat Program Hamil

Lantas adakah resep khusus untuk mengonsumsi buah-buahan diatas? sebenernya tidak ada cara khusus untuk mengonsumsi buah dalam program hamil.

Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi secara langsung buah yang telah matang tanpa campuran pemanis atau susu. Selain itu, Anda juga dapat membuat jus atau smoothies tanpa pemanis agar tidak merusak kandungan vitamin dan mineral didalamnya.

Pastikan pula Anda mendapatkan sumber vitamin dan mineral dari berbagai macam buah untuk diversifikasi.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Penyubur Kandungan, semoga bermanfaat bagi Anda dalam menambah wawasan dalam program hamil Anda.

Artikel Terkait

Olahraga agar Cepat Hamil Olahraga sangat penting dalam mempersiapkan tubuh Anda agar sehat dan fit sebelum kehamilan. Olahraga mendukung kesuburan dan mempersiapkan tubuh Anda...
Makanan untuk Kesuburan Pria Agar cepat hamil mulai saat ini Anda harus mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.Makanan sehat sangat penting untuk pemben...
Vitamin Kesuburan Pria Terapi dengan mengonsumsi vitamin tertentu telah lama dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Mengonsumsi makanan sehat dan vitamin dapat meningk...
Vitamin Penyubur Kandungan Setiap orang setiap harinya membutuhkan vitamin untuk menjaga fungsi organ tubuh dan kesehatan mereka terjaga. Tubuh membutuhkan beragam vitamin denga...
Vitamin Ibu Hamil Untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan, mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan merupakan keharusan. Namun, mengonsumsi vitamin ibu ham...