Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Selamat atas kehamilan Anda, meski banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil hingga melakukan test kehamilan dan umumnya mereka baru mengetahui saat kehamilan memasuki usia minggu kedua. Bila Anda mengetahui diri Anda hamil, Anda harus segera mempelajari mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan.

Meski pada 1 bulan pertama kehamilan Anda akan mengalami gejala Morning Sickness, Susah Buang Air Besar hingga perut kembung yang membuat Anda kehilangan nafsu makan, anda harus tetap makanan sehat yang seimbang antar karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya.

Konsumsi makanan sehat ibu hamil dapat memastikan kesehatan ibu dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda, berikut ini merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil 1 bulan. Simak daftarnya dibawah ini:

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

1. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi yang harus dikonsumsi saat program hamil hingga trimester pertama kehamilan. Asam folat diperlukan untuk menguatkan rahim dalam mempersiapkan rahim untuk pertumbuhan embrio hingga membantu mencegah kerusakan saraf pada janin dalam kandungan Anda.

Meski dokter kandungan Anda akan meresepkan suplemen asam folat, namun ada baiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat karena nutrisi alami lebih baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Berikut ini makanan kaya asam folat yang dapat Anda pilih:

  • Lentil
  • Kacang Almond
  • Kacang Tanah
  • Kacang Walnut
  • Brokoli
  • Asparagus
  • Bayam
  • Kale
  • Telur
  • Jeruk
  • Kentang
  • Oatmeal yang telah di fortifikasi dengan asam folat.

2. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang ideal mulai dari awal kehamilan hingga ketika menjelang persalinan. Anda harus menargetkan konsumsi 3-4 porsi buah setiap harinya. Buah tidak memiliki kandungan lemak dan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan dan air dapat mencegah beragam masalah kehamilan. Selain itu, kandungan gula alami dalam buah berperan dalam memberikan energi tambahan yang diperlukan ibu hamil, sehingga menjadikannya salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi.

Mengonsumsi buah secara langsung merupakan pilihan yang selama kehamilan, mengonsumsi jus buah harus dilakukan secara terbatas dan tidak lebih dari 1 gelas setiap harinya. Hal ini dikarenakan kandungan gula alami dalam buah dapat meningkatkan kadar gula darah ibu hamil dan merusak kesehatan gigi dan mulut.

Setidaknya konsumsi satu buah citrus seperti jeruk, mangga, dan strawberry untuk mendapatkan asupan vitamin C yang baik untuk kehamilan Anda. Selain itu, konsumsi pula buah-buahan yang baik untuk ibu hamil seperti:

3. Sayur-sayuran

Konsumsi sayur-sayuran sangat krusial selama kehamilan, Anda harus mengonsumsi 3-5 porsi sayuran setiap harinya. Kandungan nutrisi dalam sayuran berperan penting dalam membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan hingga mengatasi susah buang air besar dengan kandungan seratnya.

Pastikan Anda mengonsumsi beragam sayuran dan berbagai warna untuk mendapatkan beragam vitamin untuk ibu hamil, sayuran yang direkomendasikan selama kehamilan diantaranya:

4. Protein

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan salah satunya adalah makanan kaya protein seperti ikan air tawa, daging merah, daging ayam, dan telur. Selain itu, protein nabati yang didapat dari sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian juga tidak boleh ditinggalkan, Anda bisa mendapatkan protein nabati dengan mengonsumsi makanan seperti lentil, kacang ginjal, kacang garbanzo, pea, biji wijen dan kacang tanah.

Saat hamil, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari konsumsi daging babi dan ikan laut. Daging babi berpotensi mengandung mikroorganisme yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, sedangkan makanan laut seperti ikan dan kerang berpotensi mengandung logam merkuri yang dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otak janin Anda.

5. Susu

Susu merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda lainnya, kandungan protein, vitamin, kalsium, air, lemak sehat, asam folat dan viamin D yang terkandung didalamnya merupakan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Namun, pastikan Anda mengonsumsi susu dan produk turunannnya seperti hard cheese, yogurt dan es krim yang telah melalui proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri atau mikroorganisme di dalamnya.

Jika Anda bosan bila hanya mengonsumsi segelas susu, Anda dapat menambahkan buah atau suplemen dalam susu Anda untuk menambah nilai gizi didalamnya. Oh ya, jika Anda alergi terhadap susu sapi, Anda dapat mengonsumsi susu kedelai juga baik untuk kehamilan.

6. Makanan Kaya Zat Besi

Saat hamil, volume darah Anda akan meningkat guna menyuplai nutrisi dan oksigen kepada janin dalam kandungan Anda. Oleh karenanya, ibu hamil akan rentan mengalami gejala anemia saat hamil. Hal ini berbahaya dan menganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Saat hamil, Anda membutuhkan asupan zat besi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Zat Besi berperan dalam pembentukan hemoglobin dan menyalurkan nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke janin Anda. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi seperti :

  • Sayur Bayam
  • Kale
  • Brokoli
  • Buah Bit
  • Ayam
  • Daging Merah
  • Kacang Merah
  • Tomat
  • Telur

7. Makanan Sumber Vitamin B6

Menjaga asupan vitamin B6 merupakan hal yang penting saat kehamilan 1 bulan hingga 9 bulan kehamilan. Vitamin B6 berperan dalam meredakan gejala morning sickness seperti mual dan muntah yang umum terjadi pada ibu hamil. Oleh karena itu, selalu konsumsi makanan sumber vitamin B6 hingga menjelang proses persalinan.

Berikut ini makanan sumber vitamin B6 yang dapat Anda konsumsi:

  • Pisang
  • Ikan Salmon
  • Kurma
  • Prem
  • Kismis
  • Kacang Tanah
  • Daging Merah

Makanan Pantangan Ibu Hamil 1 Bulan

Selain makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan, terdapat pula makanan pantangan ibu hamil muda yang harus dihindari karena dapat menyebabkan kontraksi hingga dapat menyebabkan keguguran, karena kandungan enzim yang dapat mempengaruhi kehamilan Anda. Berikut ini makanan pantangan ibu hamil 1 bulan yang harus dihindari:

  • Makanan Laut, seperti yang dijelaskan diatas, makanan laut seperti ikan hiu, ikan pedang, ikan tuna, ikan todak dan kerang-kerangan mengandung logam merkuri yang dapat mempengaruhi saraf janin Anda. Saat bulan pertama kehamilan, wanita seringkali tidak menyadari dirinya hamil sehingga tidak membatasi dari konsumsi makanan laut. Oleh karena itu, saat Anda program hamil ada baiknya kurangi atau bahkan hindari konsumsi makanan laut.
  • Makanan Cepat Saji, makanan cepat saji seperti sosis, daging kalengan, ikan kalengan, buah kalengan, daging ham, makanan ringan kemasan merupakan pantangan yang harus dihindari selama kehamilan, terutama pada trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan kandungan garam dan bahan kimia lainnya dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah kehamilan lainnya.
  • Kafein, meski menjadi perdebatan konsumsi minuman kafein seperti kopi, teh dan coklat ada baiknya dikurangi atau bahkan dihindari. Hal ini dikarenakan kopi dapat menembus placenta dan menyebabkan detak jantung janin yang tidak beraturan. Para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi maksimal kafein setiap harinya hanya dua cangkir untuk menjaga kehamilan Anda.
  • Alkohol, minuman beralkohol harus dihindari selama kehamilan bulan pertama hingga menjelang persalinan, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh. Kondisi yang berbahaya bagi kehamilan Anda.
  • Produk Susu Tanpa Pasteurisasi, hindari seluruh produk susu tanpa pasteurisasi karena potensi bakteri yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Hindari produk susu tanpa pasteurisasi seperti keju lembut.
  • Makanan Penyebab Kontraksi, hindari makanan penyebab kontraksi seperti nanas dan pepaya muda saat kehamilan 1 bulan. Hal ini dikarenakan enzim dan getah yang terkandung dalam dua makanan tersebut dapat menyebabkan kontraksi hingga keguguran pada awal kehamilan.

Demikian pembahasan mengenai Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam menjaga kesehatan kehamilan Anda.

Rekomendasi Artikel

Vitamin Ibu Hamil Konsumsi vitamin ibu hamil sangat krusial untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan Anda h...
Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi didalamnya, termasuk dalam salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Konsumsi ubi jal...
Makanan yang Mengandung Asam Folat Makanan yang mengandung asam folat tinggi merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil, folat merupakan nutrisi esensial yang berperan penting saat pro...
Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Manfaat madu untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan serta mengatasi bera...
Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil Manfaat buah semangka untuk ibu hamil diantaranya adalah meredakan gejala asam lambung naik, mengatasi susah buang air besar, meredakan pembengakakan ...
Olahraga Ibu Hamil Olahraga untuk ibu hamil haruslah aktifitas yang aman dan tidak memiliki gerakan yang berat serta membahayakan kandungan.Rutin berolahraga saat ha...

Leave a Comment