Makanan agar Cepat Hamil

8 min read

Makanan Agar Cepat Hamil

Kesuburan dan diet merupakan topik panas yang selalu menjadi bahan diskusi bagi mereka yang menginginkan kehamilan, khususnya mengenai Apa Saja makanan yang baik dikonsumsi agar cepat hamil?.

Ya, beberapa nutrisi dibutuhkan oleh sistem reproduksi kita agar berfungsi dengan normal. Kebanyakan ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi makanan atau suplemen asam folat bagi mereka yang sedang dalam program hamil.

Selain asam folat, masih banyak lagi nutrisi yang baik untuk kesehatan organ reproduksi baik untuk pria maupun wanita. Oleh karenanya, penting untuk mengonsumsi makanan sehat saat Anda menginginkan anak.

Kesehatan tubuh Anda secara umum juga berkontribusi pada kesuburan organ reproduksi Anda. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan mengulas mengenai Daftar makanan yang baiknya dikonsumsi sebagai salah satu cara cepat hamil. Simak penjelasannya dibawah ini.

Daftar Makanan Peningkat Kesuburan Pria dan Wanita

  1. Biji Bunga Matahari
    Biji bunga matahari atau kwaci merupakan sumber vitamin E. Vitamin E dalam makanan ringan ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pria. Secara khusus, dapat meningkatkan kemampuan gerak sperma, meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan Fragmentasi DNA.Biji bunga matahari juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesuburan pria. Satu Ons kwaci dapat memberikan Anda nutrisi seperti:

    • 49% kebutuhan harian Vitamin E
    • 16% Kebutuhan harian Asam Folat
    • 31%Kebutuhan harian Selenium
    • 10% kebutuhan harian Zinc

    Cara Mengonsumsi Biji Bunga Matahari:

    • Taburkan kwaci dalam salad
    • Gunakan Selai biji bunga matahari sebagai pengganti selai kacang pada roti Anda
    • Campurkan dua sendok teh selai biji bunga matahari pada jus Anda sebagai sumber protein nabati.
  2. Jus Buah Anggur dan Jeruk

    Jus buah anggur dan jeruk kaya akan kandungan Polyamine Putrescine yang dapat meningkatkan kualitas sperma pria. Putrescine juga diketahui dapat menjaga kesehatan sel telur.

    Dalam sebuah studi yang dilakukan pada hewan ditemukan fakta, senyawa Putrescine dapat mengurangi kerusakan kromosom saat proses pembuahan hingga 50 persen. Hal tersebut bukti bahwa senyawa Putrescine dapat melindungi sel telur dan sel sperma dari kerusakan kromosom.

    Kandungan vitamin C dari keduanya juga merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi sel sperma dari kerusakan karena radikal bebas.

    Cara Mengonsumsi:

    Perhatian: Jus buah anggur diketahui dapat berpengaruh pada pengobatan, oleh karena itu penting bagi Anda untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter keluarga sebelum mengonsumsi jus buah anggur.

    • Konsumsi sebagai jus atau smoothies buah anggur dan jeruk.
    • Tambahkan potongan jeruk atau anggur pada salad.
    • Minum perasan jeruk.
  3. Keju Cheddar dan Parmesan

    Keju, khususnya yang sudah tua memiliki kandungan Polyamines. Polyamines merupakan sejenis protein yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan.

    Peneliti telah menemukan bahwa Polyamines berperan penting dalam sistem reproduksi pria dan wanita, dimana protein ini dapat meningkatkan kesehatan sperma dan juga sel telur wanita, khususnya bagi wanita berusia diatas 35 tahun. Kandungan Polyamines Putrescine dalam keju disebut-sebut lebih tinggi daripada yang terdapat pada buah Anggur.

    Sehingga, dapat dikatakan bahwa keju merupakan makanan yang baik untuk kesuburan pria dan wanita.

  4. Susu Tinggi Lemak

    Susu tinggi lemak serta produk turunannya seperti yogurt, es krim, dan keju merupakan makanan penyubur kandungan yang harus ada dalam menu makanan Anda.

    Klaim ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu tinggi lemak cenderung tidak memiliki masalah kesuburan dibandingkan wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak.

    Dalam penelitan tersebut menyebutkan produk susu tinggi lemak diantaranya, susu, es krim, krim keju dan keju.

    Cara Mengonsumsi:

    • Cara mengonsumsinya cukup dengan mengganti produk susu rendah lemak menjadi susu tinggi lemak, atau Anda juga dapat mengganti yogurt tinggi lemak.
    • Konsumsi es krim tinggi lemak juga merupakan hal yang dapat Anda lakukan, namun mesti diingat bahwa jangan melebihi dua kali dalam seminggu agar tidak menyebabkan obesitas.
  5. Hati Sapi

    Konsumsi jeroan, khususnya hati sapi dapat memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Hati sapi mengandung beragam nutrisi penting untuk kesehatan reproduksi Anda. Dalam 68 gram jeroan hati sapi, mengandung:

    • 431% Kebutuhan Harian Vitamin A
    • 800% Kebutuhan Vitamin B12
    • 137% Kebutuhan Harian Riboflavin
    • 43% Kebutuhan Harian Asam Folat
    • 35% Kebutuhan Harian Selenium
    • 290 mg Kolin (Kolin dapat menghindarkan bayi lahir cacat)
    • 24% Kebutuhan harian Zinc, mineral untuk kualitas sperma
    • Coenzyme Q10, nutrisi penting untuk meningkatkan kualitas sel telur dan kemampuan gerak sel sperma.

    Rekomendasi Artikel: Cara Meningkatkan Kesuburan Pria secara Alami

  6. Buah Tomat

    Buah tomat kaya akan kandungan Lycopene, sebuah antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Buah tomat diklaim sebagai makanan untuk kesuburan pria, hal ini dikarenakan kandungan Lycopene didalamnya.Penelitian menyebutkan bahwa suplemen Lycopene dapat mengatasi masalah kemandulan pada pria. Dalam studi tersebut menyebutkan mengonsumsi empat hingga delapan miligram lycopene setiap hari selama 12 bulan dapat meningkatkan kualitas sperma.

    Anda dapat menambahkan tomat dalam menu masakan Anda atau menjadikannya jus dan smoothies yang menyegarkan.

  7. Lentils

    Makanan penyubur kandungan lainnya adalah lentil, merupakan tumbuhan jenis kacang-kacangan yang kaya akan protein nabati. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengungkapkan mereka yang mengonsumsi protein nabati yang berasal dari tumbuhan memiliki kesuburan yang lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi protein hewani.Lentil kaya akan Polyamine Spermidin, yang dapat membantu proses pembuahan sel telur.

    Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa Polyamine Spermidin dalam lentil juga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sel sperma.

    Lentil dan kacang-kacangan pada umumnya kaya akan asam folat. Asam Folat merupakan nutrisi penting untuk mempersiapkan rahim dalam menyambut kehamilan.

    Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan serat, memenuhi kebutuhan serat harian Anda merupakan kunci keseimbangan hormon tubuh Anda.

  8. Asparagus

    Asparagus merupakan salah satu makanan super karena memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam satu cup asparagus yang telah di kukus Anda akan mendapatkankan:

    • 60% kebutuhan harian Asam Folat
    • 100% kebutuhan harian Vitamin K
    • 8% Mineral Zinc dan 16% Mineral Selenium, keduanya baik untuk kesuburan pria.
    • Lebih dari 20% nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C dan Thiamin.

    Untuk mengonsumsinya, sebaiknya hindari membeli sayuran kaleng karena kandungan sodium yang umumnya tinggi. Belilah sayuran segar di pasar tradisional atau supermarket.

  9. Kerang Tiram

    Kerang tiram dikenal sebagai makanan yang dapat membangkitkan libido. Selain itu, kerang juga merupakan makanan yang bisa menyuburkan kandungan. Hal ini dimungkinkan karena kandungan Zinc yang terdapat dalam kerang tiram sangat tinggi.Zinc diperlukan untuk meningkatkan kualitas sel sperma dan sel telur. Beberapa penelitian menyebutkan Zinc dibutuhkan oleh pria untuk meningkatkan jumlah sperma dan produksi hormon testosteron. Sementara bagi wanita, Zinc berguna untuk meningkatkan ovulasi dan kesuburan rahim.

    Baca Juga: Cara Meningkatkan Kesuburan Rahim secara Alami

  10. Buah Pomegranate

    Buah pomegranate telah sejak lama dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Pomegranate kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi sel sperma dari radikal bebas.Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tujuh partisipan pria dengan memberbikan suplemen ekstrak pomegranate dan akar galanga menemukan bahwa setelah tiga bulan, kemampuan gerak sperma mereka meningkat lebih dari 60 persen.

    Dalam studi lainnya, mengonsumsi jus pomegranate atau ekstrak buah ini dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan gerak sel sperma setelah beberapa minggu.

  11. Walnut

    Kacang walnut kaya akan lemak sehat yang baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan. Walnut kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria.

    Dalam sebuah studi yang melibatkan 117 partisipan pria dan dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama diberikan 75 gram walnut dan kelompok kedua tidak diberikan walnut. Hasilnya, kelompok pertama yang diberikan walnut umumnya memiliki kualitas sperma yang lebih baik seperti kesehatan sperma, kemampuan gerak dan morfologi sperma meningkat dibandingkan mereka yang tidak.

  12. Telur

    Telur merupakan sumber vitamin B, yang penting untuk mendukung kesuburan pada pria dan wanita. Asam Lemak omega 3 dalam telur juga memiliki peran yang sama dalam hal kesuburan.

    Alasan lainnya untuk mengonsumsi telur saat program hamil adalah merupakan sumber protein yang penting bagi kesehatan organ reproduksi pria dan wanita. Telur juga mengandung Kolin yang dapat menurunkan risiko cacat pada bayi dalam kandungan.

    Banyak yang menyarankan untuk menghindari kuning telur, namun nutrisi penting untuk kesuburan Anda terkonsentrasi pada kuning telur. Oleh karena itu, makanlahnya putih dan kuning telur.

  13. Buah Nanas

    Terdapat kepercayaan bahwa mengonsumsi buah nanas saat program hamil atau program bayi tabung dapat membantu kesuksesan implantasi embrio pada rahim. Meski membutuhkan riset lebih jauh terkait hal itu, nyatanya buah nanas memiliki manfaat untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

    Nanas dapat dikatakan sebagai makanan penyubur kandungan karena vitamin C yang dimiliki buah ini. Satu cup nans dapat memberikan 46% kebutuhan vitamin C harian Anda dan menghindarkan Anda dari masalah Polycystic Ovarian Syndrom (PCOS). Selain tu, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma pada perokok.

    Selain itu, kandungan Bromelain dalam buah nanas merupakan enzim yang berperan sebagai anti peradangan pada tubuh Anda. Peradangan pada tubuh merupakan salah satu penyebab sulitnya mendapatkan keturunan.

  14. Ikan Salmon

    Ikan salmon merupakan salah satu superfood yang direkomendasikan saat program hamil.Ikan salmon kaya akan asam lemak esensial dan omega 3, merupakan nutrisi penting untuk kesuburan pria dan wanita. Selain itu, nutrisi dalam ikan salmon juga dibutuhkan ibu hamil untuk membantu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

    Nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan reproduksi dalam ikan salmon adalah Vitamin D dan Selenium. Selenium dapat meningkatkan kualitas sel sperma dan Vitamin D merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menunjang kesuburan pria dan wantia. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita.

  15. Kayu Manis

    Wanita yang memiliki masalah gula darah tinggi cenderung berisiko memiliki masalah Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), PCOS merupakan salah satu penyebab kemandulan pada wanita.

    Dalam sebuah penelitian, kayu manis terbukti dapat menurunkan kadar gula dalam darah, trigliserida, kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh pada penderita diabetes.

    Dalam penelitian tersebut yang dilakukan pada 45 wanita dengan masalah PCOS, mereka diberikan suplemen kayu manis selama enam bulan. Hasilnya, mereka mengalami peningkatkan ovulasi dan memiliki siklus menstruasi yang teratur.

  16. Biji Labu

    Biji labu merupakan salah makanan untuk meningkatkan kesuburan pria. Kaya akan mineral Zinc yang baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda, selain itu makanan ringan ini juga memiliki nutrisi penting yang baik untuk meningkatkan produksi sperma.

    Bagi ibu hamil, nutrisi dalam biji labu dapat membantu proses tumbuh kembang janin dan mencegah keguguran pada trimester pertama kehamilan. Oleh karena itu, campurkan biji labu pada sup, salad atau jadikan cemilan di sore hari.

  17. Buah Berry

    Makanan Sehat agar Cepat Hamil selanjutnya adalah buah Blueberry. Buah blueberry kaya akan senyawa Quercetin dan Resveratrol yang berperan sebagai antioksidan dan mencegah peradangan pada tubuh Anda.

    Dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa senyawa Quercetin dapat menjaga kualitas sperma dan meningkatkan kemampuan sperma untuk bergerak dan Senyawa Resveratrol sangat baik untuk meningkatkan produksi sperma. Oleh karena itu, tambahkan buah berry dalam makanan Anda seperti:

    • Strawberry
    • Blackberry
    • Blueberry
    • Cranberry
  18.  Dark Chocolate

    Makanan untuk meningkatkan kualitas sel sperma adalah Dark Chocolate atau coklat hitam. Coklat hitam kaya akan dungan asam amino L-Arginine yang baik untuk meningkatkan produksi sperma dan kemampuan gerak sperma, hal ini tentu saja baik untuk meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan.

    Semakin gelap warna coklat semakin tinggi kandungan nutrisi yang baik untuk sistem reproduksi pria.

  19. Bawang Putih

    Rutin mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan kesuburan saat program hamil. Bawang putih dapat mencegah kelainan kromosom yang menyebabkan keguguran pada fase awal kehamilan.Selain itu, mengutip Livestrong.com kandungan Selenium pada bawang putih juga penting bagi kesuburan pria, selenium membantu proses pembentukan sel sperma.

  20. Madu

    Makanan wajib saat program hamil selanjutnya adalah Madu, madu dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan.Nutrisi dalam madu dapat meningkatkan kualitas sperma dan persentase kesuburan pria. Sedangkan, bagi wanita madu dapat menstimulasi sel telur dan kandungan mineral serta asam amino didalamnya sangat baik untuk kesehatan sistem reproduksi pria dan wanita.

  21. Royal Jelly

    Royal Jelly kaya akan kandungan asam amino esensial, protein, Vitamin D, Vitamin E dan sumber iron dan kalsium sehingga dapat dikatakan sebagai makanan sehat untuk program hamil.Mengutip situs Cycle Harmony, royal jelly merupakan penyeimbang hormon dan dapat mengatasi kemandulan, menopause dini dan impotensi.

    Royal jelly sendiri merupakan makanan yang hanya dikonsumsi oleh ratu lebah untuk meningkatkan prokreasi, ukuran dan umur panjang.

    Royal jelly merupakan penyeimbang hormon dan dapat membantu masalah kesuburan pada wanita seperti menopause dini.

    Baca Juga:
    Pantangan Program Hamil
    Kenali Waktu-Waktu Subur Wanita

  22. Karbohidrat Kompleks

    Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, hal ini dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Peningkatan kadar gula darah dapat menganggu hormon reproduksi.

    Selain itu, karbohidrat kompleks umumnya memiliki nutrisi yang baik untuk kesuburan wanita maupun pria seperti beragam vitamin B, vitamin E dan serat, semua nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh sel-sel reproduksi, produksi sel telur dan sperma yang sehat dan menyeimbangkan hormon.

    Dalam sebuah study yang dilakukan di Belanda pada 165 pasangan yang berusaha untuk hamil menunjukan bahwa wanita yang memiliki kadar gula darah yang tinggi memiliki peluang lebih rendah untuk mendapatkan kehamilan.

    Untuk itu lebih banyak konsumsi karbohidrat kompleks yang didapat dari makanan:

    • Roti Coklat
    • Nasi Merah
    • Nasi Coklat
    • Nasi Hitam
    • Buah-buahan
    • Sayur-sayuran
  23. Buah Tin

    Buah tin atau yang dikenal sebagai buah dari surga ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti Zat Besi, Protein, beragam Vitamin dan Mineral serta kaya akan serat.Kandungan antioksidan dalam buah tin dapat menjaga kualitas sperma dan melindunginya dari radikal bebas, antioksidan yang tinggi dalam buah ini dapat menjaga komponen sel sperma dan melindunginya dari kerusakan.

    Selain itu, Zat Besi yang dimilikinya juga bermanfaat bagi kesuburan wanita. Zat Besi berperan dalam melindungi kesehatan sel telur dan sangat baik persiapan sebelum kehamilan.

  24. Edamame

    Makanan sehat untuk promil lainnya adalah Edamame.Edamame kaya akan kandungan mikronutrien Kolin. Kolin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak dan dapat menghindarkan kecacatan pada janin dalam kandungan.

    Edamame juga merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesuburan pria dan wanita.

    Selain itu, mengutip Whitneyerd kandungan Isoflavone dalam edamame dapat meningkatkan peluang kehamilan pada pasangan yang menjalani terapi kesuburan.

  25. Minyak Zaitun

    Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan pada tubuh.Sebagai informasi peradangan pada tubuh Anda dapat menghambat ovulasi, pembuahan dan pembentukan fase awal embrio. Tambahkan minyak zaitun dalam salad atau proses masakan Anda dengan minyak zaitun untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan rahim dan meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan.

  26. Buah Pisang

    Buah untuk kesuburan yang pertama adalah buah pisang. Pisang sangat dianjurkan untuk wanita yang sedang dalam program hamil. Dalam buah pisang terdapat asam folat dan vitamin B6 yang baik untuk mempersiapkan rahim sebelum kehamilan.Nutrisi dalam buah pisang berfungsi untuk melancarkan siklus haid. Siklus haid yang lancar merupakan pertanda kesehatan organ reproduksi dalam kondisi baik.

    Dari sekian banyak jenis pisang, Pisang Ambon merupakan jenis yang memiliki konsentrasi asam folat dan vitamin B6 tertinggi diantara yang lainnya.

    Rekomendasi Artikel:
    Jenis Vitamin untuk Kesuburan Pria
    Jenis Vitamin Penyubur Kandungan Wanita

  27. Bayam

    Bayam merupakan Sayuran berdaun hijau yang tinggi akan kandungan folat. Folat merupakan vitamin B yang dapat membantu proses pembuahan. Baik pria maupun wanita dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat agar meningkatkan peluang kehamilan.Folat berguna untuk meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi risiko bayi terlahir dengan kelainan bawaan.

    Dalam penelitian  untuk meneliti manfaat asam folat yang dilakukan oleh University of California Berkeley’s Public School for health menunjukan hasil survey pada 97 pria yang tidak merokok dan tidak memiliki riwayat kemandulan dalam keluarganya, yang mengonsumsi sejumlah dosis asam folat memiliki sperma yang lebih sehat daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen asam folat.

Artikel Terkait

Cara Menyuburkan Kandungan Salah satu cara cepat hamil adalah dengan meningkatkan kesuburan organ reproduksi Anda beserta pasangan pasangan.Masalah kesuburan menghantui seki...
Cara Cepat Hamil Setelah menikah hal yang paling keluarga kecil Anda tunggu-tunggu adalah kehadiran buah hati. Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menggendong mom...
Program Bayi Tabung Pasangan suami-istri yang telah menjalani program hamil untuk mendapatkan anak dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan dulu putus asa. Mungkin suda...
Pantangan Program Hamil Menjalani program hamil memerlukan kesabaran karena Anda dan pasangan tidak akan tahu di bulan keberapa mendapatkan kehamilan. Namun, selama menunggu ...
Olahraga agar Cepat Hamil Olahraga sangat penting dalam mempersiapkan tubuh Anda agar sehat dan fit sebelum kehamilan. Olahraga mendukung kesuburan dan mempersiapkan tubuh Anda...