Keputihan saat Hamil

2 min read

Keputihan saat Hamil

Keputihan saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang mungkin Anda temui di awal-awal kehamilan Anda. Penting untuk Anda ketahui bahwa keputihan saat hamil muda merupakan hal yang normal dan yang harus Anda perhatikan adalah perubahan warna dan bau dari lendir yang keluar.

Apakah Keputihan saat Hamil hal yang Normal?

Ya, keputihan merupakan salah satu masalah kehamilan yang muncul sejak awal kehamilan hingga setelah persalinan. Yang harus Anda perhatikan adalah Leukorrhea, yakni cairan bening keputihan, tanpa bau menyengat yang umumnya keluar dari organ reproduksi Anda sedikit lebih banyak dari biasanya karena perubahan hormon estrogen tubuh Anda dan volume darah yang berada disekitar organ reproduksi Anda.

Keputihan berasal dari sekresi rahim dan organ reproduksi, sel-sel yang telah menua dan bakteri vagina yang nromal. Keputihan saat hamil yang sehat adalah :

  • Lendir berwarna Bening Keputih-putihan
  • Tingkat kekentalan lendir sedang
  • Lendir tidak berbau menyengat

Bagaimana Mengetahui Keputihan saat Hamil yang Tidak Normal?

JIka Anda mengalami keputihan yang berwarna kehijauan, berbau tidak sedap, menyebabkan nyeri, dan masalah lainnya bisa jadi merupakan tanda adanya infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami gejala-gejala dibawah ini segera hubungi dokter kandungan atau bidan Anda:

  • Usia kehamilan Anda belum menginjak 37 minggu dan Anda mengalami perubahan cairan keputihan, misal Cairan keputihan yang normal ada bening dan sedikit keputih-putihan menjadi Putih seperti susu dan sangat kental, hal ini bisa menjadi tanda ketuban pecah dan mengharuskan Anda melakukan Kelahiran Prematur.
  • Vulva—organ luar vagina— Anda mengalami peradangan, atau Anda merasakan nyeri pada saat buang air kecil dan berhubungan seksual. Hal ini umumnya disebabkan adanya infeksi pada organ reproduksi Anda.
  • Vagina Anda mengeluarkan bau yang menyengat diikuti dengan keluarnya cairan dengan warna, jumlah dan bau yang sangat tajam.
  • Keluar cairan putih keabu-abuan dengan bau amis yang keluar setelah Anda berhubungan seksual, hal ini mungkin infeksi yang disebabkan oleh bakteri Vaginosis
  • Feses—Kotoran— Anda berwarna kuning atau hijau diikuti dengan busa dengan bau tak sedap. Hal ini bisa menjadi tanda adanya infeksi menular seksual Trikomoniasis. Gejala lainnya dari penyakit menular seksual ini adalah peradangan pada vulva, perubahan mood, dan timbulnya rasa gatal saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual.

Sangat sulit untuk mengetahui secara pasti kapan gejala keputihan yang dapat membahayakan kehamilan, karena bisa saja Anda tidak mengalami gejala seperti gatal-gatal, iritasi, dan peradangan. Oleh karenanya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kehamialn secara rutin.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mendapati Keputihan saat Hamil?

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keputihan saat hamil kecuali infeksi bakteri yang dapat diobati secara medis. Anda dapat menggunakan pembalut untuk menyerap cairan keputihan jika Anda hal tersebut membuat Anda nyaman. Namun, jangan gunakan tampon selama kehamilan karena dikhawatirkan akan meningkatkan konsentrasi bakteri di organ reproduksi Anda.

Berikut ini beberapa langkah untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih dan sehat saat keputihan:

  • Selalu bersihkan area kewanitaan Anda dari bagian depan ke belakang.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun
  • Jangan gunakan celana ketat dan celana dalam berbahan nilon.
  • Jangan gunakan cairan pembersih daerah kewanitaan karena dapat menganggu keseimbangan bakteri baik di organ reproduksi dan dapat menyebabkan iritasi.

Baca Juga Masalah Kehamilan yang lainnya:
Gusi Berdarah saat Hamil
Kepanasan saat Hamil
Susah Buang Air Besar pada Ibu Hamil
Arti Mimpi Ibu Hamil
Mengapa Ibu Hamil Mudah Lelah?
Sakit Kepala pada Ibu Hamil
Mimisan, Berbahayakah bagi Kandungan?
Mengapa Sulit Tidur Malam?
Asam Lambung Naik saat Hamil
Mengapa Ibu Hamil sering Gatal-gatal?
Kenali Jenis-jenis Komplikasi Kehamilan

Demikian pembahasan mengenai Keputihan saat Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi masalah kehamilan dan mendapatkan kehamilan yang sehat.

Rekomendasi Artikel

Diabetes Gestasional Diabetes Gestasional adalah kondisi dimana kadar gula darah ibu hamil mengalami peningkatan, sering juga disebut diabetes mellitus gestasional. Diabet...
Kelahiran Prematur Apa Itu Kelahiran Premature?Kelahiran prematur adalah komplikasi kehamilan yang menyebabkan kelahiran yang terjadi sebelum hari perkiraan lahir yang...
Kelelahan saat Hamil Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi pe...
Plasenta Previa Plasenta Previa atau plasenta letak rendah merupakan komplikasi kehamilan dimana sebagian atau seluruh bagian plasenta menutupi mulut rahim.Plasen...
Kehamilan Ektopik Kehamilan Ektopik adalah kondisi dimana sel telur yang sudah dibuahi menempel diluar dinding rahim, itulah mengapa kehamilan ektopik disebut juga seba...
Susah Buang Air Besar saat Hamil Sembelit atau susah buang air besar saat hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi, lebih dari 50 persen ibu hamil mengalami masalah ini. ...