Kepanasan saat Hamil

3 min read

Kepanasan saat hamil

Hamil membawa banyak perubahan dalam kehidupan seorang wanita. Selain mengalami gusi berdarah, perubahan bentuk fisik dan hormon, ibu hamil umumnya juga mudah mengalami kepanasan atau gerah saat hamil. Hal ini tentu saja turut mempengaruhi emosi ibu hamil yang dasarnya tidak stabil karena pengaruh perubahan hormon kehamilan.

Mengapa ibu hamil sering merasa kepanasan? menurut Marion Costin-Ford, seorang bidan independen yang berbasis di Rutland Amerika Serikat. Kehamilan dapat meningkatkan suhu tubuh Anda karena volume darah meningkat hingga 40 persen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan.

Ibu hamil mengalami peningkatan ukuran jantung dan terdorong ke satu sisi karena rahim Anda berkembang selama kehamilan, hal ini membuat tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap normal.

Selain itu, berat badan yang meningkat signifikan dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan keringat lebih banyak dan lebih mudah dehidrasi. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda gerah.

Meski terdengar sepele, kepanasan saat hamil dapat menyebabkan masalah dehidrasi yang bila dibiarkan dapat menyebabkan nyeri otot, kram dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan ibu hamil pingsan.

Selain itu, kepanasan saat hamil dapat menyebabkan kerusakan saraf bayi oleh karena itu ibu hamil tidak disarankan untuk mandi air panas atau sauna.

Gejala Kepanasan saat Hamil

Pada dasarnya, gerah saat hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi. Namun, bila tidak diatasi segera kondisi ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami kepanasan. Untuk itu kenali gejala-gejala kepanasan saat hamil berikut ini.

Rasa gerah dapat membuat Anda tidak nyaman, bila suhu tubuh Anda meningkat tandanya Anda mengalami kepanasan hal ini sangat berbahaya bagi tumbuh kembang bayi Anda.

Dehidrasi, gerah saat hamil dapat menyebabkan dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Dalam beberapa kasus serius, dehidrasi seringkali menyebabkan kontraksi dan kelahiran prematur.

Merasa lelah dan lesu, sering merasa lelah dan lesu dapat menjadi pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan cairan.

Kepala pusing, pusing merupakan tanda tubuh Anda mengalami penurunan gula darah, untuk itu makanlah makanan sehat untuk ibu hamil seperti pisang atau buah lainnya. Jika pusing berlanjut setelah Anda beristirahat dan minum cukup cairan segera konsultasikan kehamilan Anda pada dokter kandungan atau bidan.

Cara Mencegah Ibu Hamil Merasa Kepanasan

1. Minum Banyak Air Putih

Agar gerah Anda tidak berlanjut ke fase kepanasan saat hamil, penting untuk Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum 8-10 gelas air putih setiap hari. Menjaga cairan tubuh sangat penting, selain untuk membuat tubuh Anda tetap sejuk juga dapat mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki.

Bila Anda wanita yang bekerja saat hamil, bawalah botol air es saat pergi kekantor dan jangan tunggu hingga haus untuk minum. Hal ini untuk menghindari dehidrasi yang seringkali tidak menunjukan gejala.

2. Hindari Kafein

Saat hamil sebaiknya hindari kafein seperti kopi, teh dan coklat. Selain itu, kafein juga merupakan pantangan ibu hamil yang harus dijauhi.

Kafein dapat menyebabkan ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah dan suhu tubuh, serta sifatnya yang diuretik sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Hal ini tentu saja dapat membuat tubuh Anda kehilangan cairan.

3. Berenang

Berenang merupakan olahraga ibu hamil yang disarankan. Selain untuk kesehatan kehamilan, aktivitas ini juga menyenangkan dan mampu mengatasi rasa gerah saat hamil.

Berenang dapat meringankan beban tubuh ibu hamil, mendinginkan permukaan tubuh dan menghilangkan rasa sakit dan nyeri persendian.

Jika tempat tinggal Anda jauh dari fasilitas publik seperti kolam renang, Anda dapat berendam dirumah atau cukup merendam kaki Anda dengan air dingin.

4. Konsumsi Makanan yang Menyegarkan

Dalam seni pengobatan tradisional tiongkok, makanan dikelompokkan berdasarkan sifatnya yang dapat mendinginkan atau menghangatkan tubuh.

Makanan tinggi kandungan air seperti buah semangka, buah melon, buah berry, mentimun dan selada merupakan termasuk dalam makanan yang dapat mendinginkan tubuh.

Konsumsi yogurt yang telah diinginkan dalam lemari es juga merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi rasa gerah.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ibu hamil disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar, berbahan katun atau linen dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, lebih baik menggunakan sandal ketimbang sepatu hal ini bertujuan untuk menghindarkan kaki Anda berkeringat saat beraktifitas.

Yang terpenting, lepas cincin dan gelang ANda untuk sementara waktu mengingat tubuh Anda akan mengalami pembengkakan, terutama saat panas tubuh meningkat.

6. Nyalakan Pendingin Ruangan

Saat beristirahat nyalakan pendingin ruangan agar tubuh Anda tidak kepanasan jika sewaktu-waktu suhu tubuh meningkat.

Bila tidak memilikinya, Anda dapat mensiasati dengan mandi sebelum tidur malam dan hindari menggunakan selimut saat tidur.

Jika ditengah malam Anda terganggu dengan rasa gerah, mandi merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan.

7. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hormon kehamilan dapat menyebabkan kulit Anda lebih sensitif.

Oleh karena itu, hindari sinar matahari langsung saat tengah hari. Bila Anda sesuatu yang mengharuskan Anda keluar kenakan penutup kepala atau topi lebar untuk menghindari paparan sinar matahari.

8. Relaksasi

Lakukan latihan relaksasi seperti olah pernafasan atau yoga untuk ibu hamil.

lakukan aktifitas dengan perlahan dan santai agar Anda tidak menjadi stress yang dapat meningkatkan suhu tubuh Anda.

Beri waktu tubuh Anda relaksasi sebelum melakukan pekerjaan lain dan batasi jumlah aktifitas harian yang harus Anda lakukan. Hal ini membuat Anda lebih santai dan rileks dalam menjalani hari.

9. Hindari Membawa Barang Berat

Banyak ibu hamil yang membawa tas berat yang penuh dengan hal-hal yang tidak diperlukan.

Pilihlah tas yang lebih kecil dan berisi perlengkapan penting Anda saja. Jika bepergian pastikan barang-barang lainnya Anda letakkan dimobil untuk sewaktu-waktu diperlukan daripada membawanya dalam tas.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Kepanasan saat hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mendapatkan kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Masalah Kehamilan Kehamilan merupakan kondisi spesial dalam hidup Anda, sudah pasti rasa antusias meliputi Anda beserta pasangan dalam menghitung hari dan mengikuti per...
Keguguran Keguguran adalah gugurnya janin sebelumnya kehamilan mencapai usia 20 minggu. Keguguran merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang menjadi momok b...
Gatal pada Ibu Hamil Mengapa ibu hamil sering mengalami gatal? gatal pada ibu hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi. Lebih dari 20 persen ibu ha...
Air Ketuban Sedikit Air ketuban merupakan bagian dari sistem pendukung bayi dalam kandungan. Air ketuban melindungi bayi dan membantu proses pengembangan otot, anggota tu...
Kelelahan saat Hamil Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi pe...