Kelelahan saat Hamil

2 min read

Kelelahan saat Hamil

Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi penyebab ibu hamil sering mengalami kelelahan. Namun, disinyalir karena perubahan hormon kehamilan.

Bagi sebagian wanita, kelelahan merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Gejala kelelahan biasanya hilang pada trimester kedua dan kembali lagi pada trimester ketiga kehamilan.

Penyebab Kelelahan saat Hamil

Penyebab kelelahan pada ibu hamil berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan mereka. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab kelelahan pada ibu hamil pada trimester 1, 2 & 3.

Kelelahan Pada Trimester Pertama

Diawal kehamilan, perubahan hormon pada tubuh ibu hamil dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah. Tubuh Anda memproduksi lebih banyak darah untuk menyalurkan nutrisi kepada janin dalam kandungan. Pada saat ini, kadar gula dan tekanan darah Anda menurun.

Kelelahan saat hamil muda juga dapat disebabkan Peningkatan hormon progesteron saat hamil membuat Anda menjadi mudah mengantuk. Selain itu, perubahan emosi yang naik-turun juga dapat menghabiskan energi Anda.

Trimester pertama kehamilan, terlebih Anda yang pertama kali hamil umumnya mengalami kecemasan terkait kehamilan, kesehatan bayi atau perasaan bersalah pada kehamilan. Hal ini pula yang menyebabkan perasaan lelah sering mendera ibu hamil.

Kelelahan Pada Trimester Kedua

Selama trimester kedua kehamilan, umumnya tubuh Anda mulai terbiasa dengan perubahan fisik dan hormon kehamilan. Trimester kedua kehamilan juga sering disebut sebagai trimester yang paling menyenangkan karena minimnya gejala masalah kehamilan. Namun, jangan salah. Pada beberapa kasus kelelahan juga datang pada mereka yang berada pada fase ini. Oleh karena itu, selalu jaga dan terapkan gaya hidup sehat.

Kelelahan Pada Trimester Ketiga

Kelelahan pada trimester ketiga kehamilan umumnya disebabkan oleh semakin bertambahnya ukuran dan berat janin dalam kandungan, mengalami gangguan tidur, dan sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Efek Kelelahan pada Kehamilan

Meski dapat mengganggu aktifitas, kelelahan saat hamil tidak menyebabkan komplikasi pada janin dalam kandungan Anda.

Jika Anda merasa kelelahan, jangan ragu untuk konsultasikan hal tersebut dengan dokter kandungan atau bidan Anda. Dokter atau bidan dapat menjelaskan penyebab Anda mengalami kelelahan yang lebih berat, apakah itu gejala yang normal atau disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Dokter umumnya menawarkan untuk pemeriksaan darah, untuk memeriksa apakah Anda mengalami Anemia atau kekurangan darah. Jika hal ini terjadi maka harus segera diatasi dengan memberikan suplemen atau makanan tinggi zat besi, karena jika tidak dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Dalam beberapa kasus yang langka, kelelahan saat hamil dapat menyebabkan Sindrom Kelelahan Kronis, yang tidak membahayakan janin dalam kandungan namun berimbas pada meningkatkan frekuensi morning sickness.

Apapun kondisi kehamilan Anda, merupakan pilihan yang bijak untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan Anda.

Cara Mengatasi Kelelahan Saat Hamil

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kelelahan saat hamil, sebagaimana dikutip dari BabyCenter.com:

Istirahat cukup. Jika Anda merasa lelah, sebaiknya ikuti keinginan tubuh Anda untuk beristirahat. Tidur malam lebih awal, dan tidur siang 15-30 menit dapat membantu mengurangi rasa lelah Anda. Jika Anda wanita yang bekerja, istirahatlah 30 menit untuk bersantai atau tidur dikantor jika memungkinkan.

Sesuaikan Aktifitas. Saat hamil, merupakan keputusan yang bijak untuk mengurangi aktifitas Anda. Jika Anda bekerja minta bantuan rekan kerja untuk meng-cover beberapa pekerjaan yang melibatkan aktifitas fisik bertemu dengan vendor atau klien dan sebaiknya pikirkan untuk menggunakan jasa Asisten Rumah Tangga untuk mengurus rumah Anda.

Konsumsi Makanan Sehat. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dapat meningkatkan energi Anda. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung cukup zat besi, protein dan kalori. Kelelahan saat hamil umumnya dapat diperparah oleh kurangnya nutrisi yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Rutin Berolahraga. Meski Anda merasa lelah dan tidak bertenaga melalukan olahraga saat hamil merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan, cukup berjalan kaki selama 30 menit sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan energi Anda. Konsultasikan jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil kepada dokter kandungan atau bidan Anda.

Minum Air Putih. Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan, sebaiknya minum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Hindari konsumsi minuman pantangan ibu hamil seperti kafein dan jus dalam kemasan.

Pelajari Masalah Kehamilan Lainnya:
Dampak Gusi Berdarah pada Kehamilan
Bahaya Kepanasan saat Hamil pada Janin
Mengapa Ibu Hamil sering Sembelit?
Alasan Ibu Hamil sering Mimpi Buruk.

Demikian pembahasan mengenai Penyebab Kelelahan saat Hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Masalah Kehamilan Kehamilan merupakan kondisi spesial dalam hidup Anda, sudah pasti rasa antusias meliputi Anda beserta pasangan dalam menghitung hari dan mengikuti per...
Keguguran Keguguran adalah gugurnya janin sebelumnya kehamilan mencapai usia 20 minggu. Keguguran merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang menjadi momok b...
Gatal pada Ibu Hamil Mengapa ibu hamil sering mengalami gatal? gatal pada ibu hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi. Lebih dari 20 persen ibu ha...
Air Ketuban Sedikit Air ketuban merupakan bagian dari sistem pendukung bayi dalam kandungan. Air ketuban melindungi bayi dan membantu proses pengembangan otot, anggota tu...
Diabetes Gestasional Diabetes Gestasional adalah kondisi dimana kadar gula darah ibu hamil mengalami peningkatan, sering juga disebut diabetes mellitus gestasional. Diabet...