Kehamilan 9 Bulan

5 min read

Kehamilan 9 Bulan

Selamat! Anda kini tinggal menunggu waktu untuk proses persalinan.

Saat memasuki usia kandungan 9 bulan, Anda benar-benar harus mempersiapkan diri menyambut proses persalinan. Anda telah memiliki ikatan batin dengan bayi dalam kandungan Anda yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata.

Usia kehamilan 9 bulan merupakan tentang ledakan perasaan menyambut status baru menjadi ibu.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai kehamialn 9 bulan yang Anda jalani, mulai dari Tumbuh Kembang Bayi dalam Kandungan, Keluhan Ibu Hamil hingga Tips Mengatasi Masalah Kehamilan Anda. Simak penjelasannya sebagaimana dikutip dari Momjunction.com.

Perkembangan Janin 9 Bulan

Saat ini bayi Anda siap untuk lahir ke dunia. Mulai saat ini Anda akan mulai menghitung hari menjelang hari kelahiran bayi Anda.

Ilustrasi Hamil 9 Bulan – Sumber BabyCentre.co.uk

Mulai dari minggu ke-35, bayi dalam kandungan Anda akan mengalami perkembangan pesat terutama pada bagian lengan dan kaki. Saat organ lainnya mengalami proses penyempurnaan, paru-paru dan otak terus mengalami perkembangan yang matang.

Pada minggu ke-36 hingga ke-37, berat badan janin Anda terus bertambah. Janin Anda telah memiliki kulit yang sempurna tidak lagi berupa jaringan Lanugo dan Vernix seperti pada bulan-bulan sebelumnya. Janin 9 Bulan juga telah mampu memproduksi antibodi yang dapat melindunginya pada hari-hari awal setelah kelahiran.

Minggu ke 38 hingga 39, bobot janin Anda bertambah hingga 3,3 kg dan panjang dari kepala hingga kaki mencapai 50,7 cm, otot lengan dan kaki semakin kuat, posisi kepala bayi dalam kandungan usia 9 bulan mengarah ke area panggul, namun rahim Anda belum cukup luas untuk menstimulasi kontraksi.

Meski tulang bayi Anda telah cukup kuat, namun tetap mampu melewati lubang peranakan Anda.

Fase Perkembangan Janin :

Perkembangan Janin 1 Bulan
Perkembangan Janin  2 Bulan
Perkembangan Janin  3 Bulan
Perkembangan Janin  4 Bulan
Perkembangan Janin  5 Bulan
Perkembangan Janin  6 Bulan
Perkembangan Janin  7 Bulan
Perkembangan Janin 8 Bulan

Keluhan Ibu Hamil

Saat ini gerakan Anda akan semakin terbatas dan semakin kepayahan, berikut ini beberapa keluhan ibu hamil pada usia 9 bulan.

1. ASI Merembes

Menjelang fase akhir kehamilan Anda, payudara Anda akan mengeluarkan cairan colostrum, Colostrum merupakan ASI yang merembes keluar menjelang persalinan dan mengandung banyak nutrisi.

Beberapa wanita mengalami ASI merembes ini pada saat memasuki usia kehamilan 9 bulan, namun beberapa mengalami pada saat kehamilan 8 bulan. Seperti halnya kontraksi palsu, ASI merembes merupakan tanda bahwa tubuh Anda mempersiapkan diri untuk proses persalinan yang sebentar lagi tiba.

Namun, ASI merembes bukan tanda bahwa hari persalinan akan segera tiba, hal ini merupakan fenomena normal pada ibu hamil 9 bulan.

2. Sering Buang Air Kecil

Karena posisi bayi yang semakin turun ke area panggul, membuat kantung kemih Anda semakin tertekan dan menyebabkan frekuensi buang air kecil Anda semakin sering daripada sebelumnya. Anda akan sulit untuk menahan keinginan untuk buang air kecil setiap saat.

Meski demikian, tetap penuhi kebutuhan cairan harian Anda karena bayi Anda membutuhkan suplai nutrisi, dan juga kekurangan cairan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

3. Kontraksi Palsu

Menjelang persalinan, Frekuensi kontraksi palsu akan semakin sering datang daripada bulan sebelumnya dan akan terus datang hingga satu atau dua minggu sebelum kelahiran.

Meski kontraksi palsu, pada usia kehamilan 9 bulan kontraksi palsu dapat ditandai dengan timbulnya nyeri perut bagian bawah dan perut kencang. Saat kontraksi palsu muncul, ubah posisi Anda saat itu atau mulai berjalan kaki untuk meringankan gejalanya.

Sealin itu, kekurangan cairan juga dapat menyebabkan kontraksi pada ibu ibu hamil. Kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Namun, jika kontraksi ini terjadi lebih dari empat kali dalam satu jam sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

4. Diare

Diare merupakan keluhan yang tidak disangka akan muncul pada akhir kehamilan–setelah bulan-bulan sebelumnya Anda mengalami sembelit–. Tidak seperti keluhannya lainnya, diare saat hamil 9 bulan merupakan tanda awal proses persalinan. Selain itu, Anda juga akan mengalami kram perut serta mual dan muntah.

5. Gerakan Bayi

Karena bayi Anda yang telah mencapai bobot tertentu dan terbatasnya ruang geraknya di rahim Anda sehingga frekuensi gerakan bayi Anda semakin berkurang daripada sebelumnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini normal.

Satu hal lagi, umumnya dokter akan meminta Anda untuk menghitung berapa gerakan yang dilakukan oleh bayi dalam kandungan setiap satu jam nya.

6. Keputihan

Karena posisi bayi Anda yang semakin turun dan menyebabkan rahim Anda meregang, Anda mungkian akan mendapati keputihan pada vagina Anda.

Keputihan yang terjadi kadang bening bersih namun juga terkadang pekat dan disertai dengan darah. Hal ini merupakan yang fenomena yang wajar dan umumnya terjadi sesaat setelah Anda berhubungan sex. Namun, jika keputihan berwarna kuning disertai bau tak sedap segera hubungi dokter karena dikhawatirkan adanya infeksi pada vagina Anda.

7. Asam Lambung Naik

Memasuki usia kandungan 9 bulan Anda mungkin akan mengalami gejala asam lambung naik seperti dada terbakar, mual dan muntah serta sesak nafas. Hal ini terjadi karena bayi Anda berubah posisi pada turun ke area panggul.

Tips Agar Persalinan Lancar

Berikut ini merupakan tips menjaga kehamilan saat memasuki usia kehamilan 9 bulan, hal-hal berikut ini dapat mengatasi masalah ketidaknyamanan pada saat mendekati proses persalinan.

  • Konsumsi Makanan Sehat, Makanan bagi ibu hamil 9 bulan tidak jauh berbeda dengan bulan sebelumnya. Tubuh Anda membutuhkan banyak asupan kalsium, zat besi dan protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Anda.
    Susu rendah lemak merupakan sumber kalsium dan zat besi dapat di dapatkan dari sayuran berdaun hijau. Ikan Seperti Sardine dan Mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk Anda dan bayi Anda. Untuk mencegah sembelit, konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Berenang, Aktivitas berenang merupakan hal yang baik untuk dilakukan bagi ibu hamil 9 bulan, berenang akan meringankan bobot tubuh Anda dan hal ini memberikan efek relaksasi bagi Anda.
    Selain itu, berenang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil hamil karena dapat mempersiapkan tubuh Anda menjelang proses persalinan.
  • Senam Kegel, Selain berenang, senam kegel atau senam ibu hamil merupakan salah satu olahraga yang disarankan bagi wanita hamil. Anda akan mendapatkan manfaat melakukan olahraga ini karena dapat menguatkan otot panggul.
  • Mandi Air Hangat, Mandi air hangat dapat Anda lakukan karena dapat meringankan gejala nyeri punggung Anda. Namun, pastikan air yang Anda gunakan tidak terlalu panas.
  • Berpikir Positif, Selalu berpikir positif merupakan hal yang harus Anda terus lakukan, mendekati waktu persalinan akan membayar penantian Anda selama ini untuk mendekap buah hati Anda.
    Selalu pikirkan hal positif untuk menghindari stress karena akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan. Lakukan kegiatan positif seperti menonton film, membaca buku terkait proses persalinan dan memilih nama-nama calon bayi Anda untuk menghindari pikiran berlebih mengenai proses persalinan.
  • Perlengkapan Persalinan, Semakin mendekati hari persalinan, pastikan perlengkapan persalinan sudah Anda tempatkan dalam satu tas khusus dan siap setiap saat ketika Anda mengalami kontraksi. Pastikan barang-barang seperti Toiletries, Pakaian-pakaian bayi, Selimut dan Perlengkapan bayi lainnya sudah siap dalam satu tempat.
  • Pelajari Proses Persalinan, Pelajari mengenai proses persalinan dengan membaca buku atau video tutorial untuk mempersiapkan diri, hal ini sangat baik daripada Anda hanya mendengar perkataan orang lain mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak sesuai fakta.
    Jika ini merupakan kehamilan pertama Anda, bicarakan hal ini bersama pasangan Anda mengenai proses persalinan kelak, pastikan pasangan Anda juga siap mental untuk menyaksikan proses persalinan nantinya.
  • Berhubungan Sex, Amankah berhubungan sex saat hamil 9 bulan? pertanyaan tersebut sering ditanyakan dan meski menjadi perdebatan. Jawaban terbaik adalah dari dokter Anda sendiri, karena dokter Anda yang tahu akan kondisi kehamilan Anda.
    Berhubungan sex pada usia kandungan 9 bulan sebenarnya aman dilakukan selama tidak ada tekanan pada perut Anda. Selain itu, sebenarnya sex baik untuk menstimulasi kontraksi yang dibutuhkan pada dua minggu terakhir kehamilan sebelum Anda siap untuk memulai proses persalinan.
    Jika tidak ada kondisi medis yang serius pada ibu hamil seperti Tekanan Darah Tinggi, HIV atau komplikasi penyakit lainnya maka tidak ada masalah untuk melakukan hubungan intim. Namun, jika Anda memiliki masalah penyakit di atas, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter.
  • Posisi Tidur, Posisi tidur yang disarankan bagi ibu hamil adalah tidur pada sisi kiri tubuh Anda, terus lakukan hal ini hingga mendekati proses persalinan.
  • Pantangan Ibu Hamil, Menjauhi pantangan ibu hamil merupakan hal yang baik dalam menyambut persalinan. Persiapan persalinana dan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala Anda dapat menghantui pikiran Anda dan menciptakan pikiran negatif mengeani proses persalinan. Oleh karena itu, Anda harus rileks dan jauhkan dari pikiran negatif.
    Selain itu, hindari aktifitas fisik yang terlampau berat karena akan memberikan tekanan pada perut Anda, hal ini dapat menyebabkan frekuensi kontraksi palsu pada ibu hamil semakin sering terjadi.
    Dan yang terakhir adalah jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba, melakukan gerakan tiba-tiba seperti duduk dan berdiri secara cepat akan menyebabkan tekanan darah Anda turun, sehingga akan mudah pusing bahkan terjatuh.

Baca Juga :
Makanan untuk Ibu Hamil
Pantangan Ibu Hamil
Olahraga untuk Ibu Hamil
Vitamin Ibu Hamil

Demikian pembahasan mengenai Kehamilan 9 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan proses persalinan Anda.

Artikel Terkait

Kehamilan 8 Bulan Anda semakin mendekati waktu persalinan, pada trimester ketiga kehamilan akan membuat segala hal terasa sulit dan menguras emosi. Namun, Anda harus te...
Kehamilan 7 Bulan Selamat datang di Trimester Ketiga kehamilan, Anda memasuki fase tiga bulan terakhir menjelang persalinan.Kehamilan 7 Bulan menjadi penanda Anda m...