Kehamilan 8 Bulan

3 min read

Kehamilan 8 Bulan

Anda semakin mendekati waktu persalinan, pada trimester ketiga kehamilan akan membuat segala hal terasa sulit dan menguras emosi. Namun, Anda harus tetap tenang dan rileks dalam mempersiapkan diri menyambut proses persalinan.

Semakin mendekati waktu persalinan, Anda diharuskan untuk tetap memeriksakan kandungan Anda setiap dua pekan sekali untuk mengetahui kondisi terkini kandungan Anda seperti posisi janin saat menginjak kehamilan 8 bulan.

Berikut ini perkembangan janin 8 bulan yang penting untuk Anda ketahui saat memeriksakan diri ke dokter kandungan. Simak penjelasannya sebagaimana dikutip dari MomJunction :

Perkembangan Janin 8 Bulan

  • Mulai dari fase ini, Posisi kepala Janin 8 Bulan sudah mengarah ke bawah. Pemeriksaan posisi bayi dalam kandungan akan terus di lakukan hingga minggu ke-34
  • Jumlah air ketuban berkurang secara signifikan karena organ ginjal bayi dalam kandungan mulai berfungsi dengan memproduksi lebih banyak kortisol.
  • Jika jenis kelamin bayi Anda laki-laki maka testikelnya secara perlahan turun dari posisi semula yang berada di perut. Jika perempuan, maka organ vulva akan terbentuk.
  • Lapisan Vernix Caseosa atau jaringan kulit yang melindungi bayi Anda akan terus berkembang hingga sempurna. Jaringan rambut halus yang disebut sebagai Lanugo juga mulai tumbuh secara perlahan.
  • Perkembangan organ otak berjalan sangat cepat. Jaringan saraf Neuron berkembang lebih cepat karena bayi Anda mulai mengerti dan terhubung dengan rangsangan suara dan gerakan dari luar.
  • Berat janin pada usia 8 bulan adalah 2,7 kg dan panjang tubuh mencapai 50 cm. Bertambahnya berat dan ukuran bayi dalam kandungan menyebabkannya menekan kantung kemih.
  • Anda mungkin akan menyadari gerakan bayi yang berirama dan gerakan janin Anda akan tampak pada perut Anda seiring dengan gerakan bayi.
Gambar Janin 8 Bulan
Gambar Ilustrasi Janin 8 Bulan – sumber BabyCentre.co.uk

Fase Perkembangan Janin 

Keluhan hamil 8 bulan

Seperti yang disebutkan di atas, tumbuh kembang janin dan perut Anda yang semakin besar akan membuat perubahan pada tubuh Anda. Berikut ini perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, bagi sebagian orang juga menyebutnya keluhan ibu hamil 8 bulan.

  • Anda akan mudah menjadi stress dan bingung karena semakin dekat waktu kelahiran. Hal ini merupakan hal yang wajar karenan perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh Anda. Kelola stress Anda dengan latihan pernafasan dan ceritakan masalah Anda pada orang-orang terdekat.
  • Anda akan mendapati diri Anda sering buang air kecil atau bahkan air kencing Anda merembes ketika bersin, batuk-batuk atau ketika mengangkat organ berat. Perlu diketahui bahwa hal ini merupakan hal yang wajar untuk ibu hamil, untuk mengatasi Anda dapat melakukan senam ibu hamil.
  • Tubuh Anda menampung banyak cairan ketika hamil 8 bulan yang menyebabkan tangan dan kaki Anda akan bengkak.
  • Ukuran dan berat bayi dalam kandungan yang bertambah menyebabkan Anda akan sering sesak nafas. Hal ini dikarenakan bayi Anda menekan paru-paru dan diafragram sehingga menyebabkan sesak nafas.
  • Karena perkembangan bayi dalam kandungan, frekuensi asam lambung naik juga akan lebih sering mendera Anda.
  • Anda akan semakin mudah lelah bahkan ketika hanya berjalan-jalan santai.
  • Usia kandungan 8 bulan juga diwarnai dengan seringnya kontraksi palsu, hal ini normal karena tubuh Anda mempersiapkan diri untuk proses persalinan kelak.
  • Persiapan tubuh Anda menyambut kelahiran juga membuat payudara Anda mengeluarkan ASI.
  • Sulit buang air besar masih menjadi keluhan ibu hamil yang sering dilaporkan, jika tidak diatasi dengan makanan tinggi serat kondisi ini dapat menyebabkan hemoroid.

Tips Menjaga Kehamilan

Terdapat banyak hal yang harus Anda perhatikan saat usia kandungan 8 bulan hingga menjelang persalinan. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan kehamilan 8 bulan.

1. Latihan Pernafasan

Seperti yang dijelaskan di atas, Ibu hamil akan semakin sering sesak nafas. Untuk itu lakukan latihan pernafasan karena selain untuk mengatasi sesak nafas saat hamil, latihan ini juga penting saat proses persalinan kelak.

2. Senam Kegel

Senam kegel atau sering disebut senam ibu hamil sangat penting menjelang proses persalinan. Manfaat senam kegel adalah menguat otot panggul dan mempersiapkan panggul menyambut proses persalinan. Selain itu, latihan ini juga penting dalam menjaga otot kandung kemih Anda sehingga frekuensi buang air kecil dapat teratasi.

3. Minum Air Putih

Hamil 8 bulan masalah kehamilan seperti sembelit, asam lambung naik dan menurunnya kadar gula darah sehingga mengharuskan Anda untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Konsumsi air putih atau jus buah segar untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil, hal ini dapat mengatasi masalah sembelit pada wanita hamil.

4. Menjaga Postur Tubuh

Menjaga postur tubuh pada fase ini merupakan hal yang penting. posisi tidur ibu hamil 8 bulan hingga proses persalinan kelak adalah tidur pada sisi kiri Anda. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan namun usahakan selalu tidur pada sisi kiri tubuh Anda.

Selain itu, posisi duduk dengan punggung tegak lurus dapat mencegah saraf punggung tegang.

5. Latihan Menyusui

Tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus atau seminar terkait cara menyusui dan menangangi ASI bagi ibu bekerja. Hal ini penting mereka yang menjalani kehamilan pertama karena selain mendapatkan pengetahuan baru, Anda juga akan bertemu dan bertukar pikiran dengan sesama wanita hamil.

6. Rencanakan Persalinan

Sekarang merupakan waktu terbaik untuk merencanakan proses persalinan apa yang akan Anda tempuh, apakah normal, water birth atau bahkan caesar. Pelajari masing-masing metode persalinan dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran.

7. Makanan Sehat

Konsumsi makanan dengan kandungan serat dan nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Makanan yang Anda konsumsi pada trimester ketiga kehamilan akan mempengaruhi berat badan bayi ketika lahir kelak.

Saat hamil 8 bulan, sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering daripada makan dalam porsi besar karena dapat menyebabkan asam lambung naik.

8. Makanan Pantangan

Karena asam lambung dan sembelit merupakan keluhan ibu hamil yang sering muncul pada trimester ketiga maka sebaiknya hindari makanan pantangan ibu hamil seperti :

  • Makanan Berminyak
  • Makanan Pedas
  • Makanan cepat Saji
  • Makanan Asam
  • Kopi
  • Alkohol

Baca Juga:
Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil
Pantangan Ibu Hamil
Vitamin untuk Ibu Hamil
Olahraga untuk Ibu Hamil

9. Hindari Stress

Saat hamil, Anda mengalami perubahan-perubahan yang menguras emosi dan fisik, namun stress dapat berdampak negatif bagi tumbuh kembang bayi Anda. Oleh karenanya, jalani kehamilan dengan perasaan bahagia dan seringlah membaca mengenai kehamilan dan persalinan agar Anda tidak menduga-duga mengenai hal yang belum tentu benar.

Selain itu, ceritakan perasaan Anda kepada suami dan keluarga karena hal ini baik untuk kesehatan mental Anda.

Demikian pembahasan mengenai Kehamilan 8 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjalani kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Kehamilan 9 Bulan Selamat! Anda kini tinggal menunggu waktu untuk proses persalinan.Saat memasuki usia kandungan 9 bulan, Anda benar-benar harus mempersiapkan diri ...
Kehamilan 7 Bulan Selamat datang di Trimester Ketiga kehamilan, Anda memasuki fase tiga bulan terakhir menjelang persalinan.Kehamilan 7 Bulan menjadi penanda Anda m...