Kehamilan 5 Bulan

3 min read

Kehamilan 5 Bulan

Selamat atas kehamilan Anda yang memasuki bulan kelima. Usia kandungan 5 bulan akan semakin tampak perubahan fisik ibu hamil, dan saat ini mungkin Anda telah melihat hasil USG janin Anda yang pertama.

Perkembangan Janin 5 Bulan

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan mengalami perkembangan yang sangat pesat pada fase ini. Berikut ini perkembangan bayi dalam kandungan Anda sebagaimana dikutip dari MomJunction.

  • Berat Janin 5 Bulan akan bertambah dua kali lipat daripada sebulan sebelumnya.
  • Bentuk janin akan mencapai panjang 13 cm dari kepala hingga kaki. Ukuran kaki masih tampak tidak proporsional dengan tubuh janin Anda. Namun seiring waktu pertumbuhan kaki akan normal.
  • Pembuluh darah akan tampak dalam tubuh bayi Anda karena tubuh masih dibalut kulit tipis yang transparan.
  • Pengerasan tulang akan berlanjut seiring asupan kalsium.
  • Sistem reproduksi dan Jenis Kelamin janin Anda akan terbentuk. Jika bayi perempuan akan memiliki tiga juta sel telur. Namun, jika bayi laki-laki alat kelaminnya akan muncul pada area perut.
  • Puting bayi Anda akan mengemuka pada bagian dada.
  • Gigi utama dan dan gigi pengganti akan terbentuk pada gusi. Konsumsi Flouride yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman akan membantu pembentukan enamel gigi pada bayi Anda.
  • Gerakan Bayi dalam Kandungan 5 Bulan kini lebih ekspresif. Bayi kini bisa meregang, menguap dan membuat wajah yang imut.
  • Janin Usia 5 Bulan telah memiliki sidik jari mereka sendiri.
  • Menjelang akhir kehamilan 5 bulan. Organ ginjal bayi Anda telah berfungsi sepenuhnya dan mulai memproduksi urin yang terbentuk dari air ketuban.
  • Kulit bayi Anda saat ini akan dilapisi dengan Vernix Caseosa, sejenis zat kimia yang berwarna keputih-putihan.

 

 

Foto USG Janin 5 Bulan
USG Janin 5 Bulan – Sumber Pregmed

Fase Perkembangan Janin:

1. Kehamilan 1 Bulan
2. Kehamilan 2 Bulan
3. Kehamilan 3 Bulan
4. Kehamilan 4 Bulan

Keluhan Ibu Hamil 5 Bulan

Saat ini pasti telah banyak perubahan pada fisik Anda, seiring dengan perut Anda yang semakin membesar. Bayi dalam kandungan mengalami perkembangan fisik yang cepat.

Berikut ini beberapa keluhan ibu hamil 5 bulan yang umumnya ditemuin saat usia kehamilan 5 bulan:

  • Peningkatan suplai darah pada tubuh anda menyebabkan tubuh Anda mudah merasa gerah. Pada telapak tangan Anda umumnya muncul garis-garis merah. Pada saat ini Anda membutuhkan minum banyak air.
  • Karena peningkatan suhu tubuh Anda, mungkin akan muncul ruam-ruam merah yang muncul di area ketiak, paha dan di area payudara.
  • Saraf pada area pinggul, bokong dan kaki mulai merasakan tekanan karena kehamilan karena berat badan dan ukuran bayi dalam kandungan, hal ini menyebabkan ketidaknyamanan dan Anda akan sulit tidur.
  • Perut yang semakin membesar dan berat badan ibu hamil yang bertambah memberikan tekanan pada punggun Anda. Pusat gravitasi tubuh berubah. Anda akan merasakan punggung nyeri dan mudah pegal.
  • Pembuluh darah pada kedua kaki Anda tampak mencolok, kemungkin Anda mengalami varises karena naiknya berat badan Anda.
  • Kaki Anda akan mudah sakit jika terlalu lama berdiri.
  • Rambut Anda akan tampak lebih tebal dan mengkilap karena saat hamil, rambut rontok sangat jarang terjadi.
  • Kuku tangan dan kaki Anda mungkin akan rapuh.
  • Muncul kekhawatiran mengenai kehamilan Anda, stress akan pertanyaan akan jadi orang tua yang seperti apa Anda kelak. Hal ini adalah normal.
  • Emosi Anda akan mulai naik-turun lagi pada fase ini. Namun hal ini tetap normal.

Tips Menjaga Kehamilan

Berikut ini merupakan tips menjaga kehamilan saat memasuki bulan kelima. Simak penjelasannya berikut.

1. Pakaian Nyaman

Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk memiliki beberapa potong pakaian ibu hamil. Perut Anda semakin besar dan membulat dan pakaian Anda yang biasa tidak akan dapat membawa kenyamanan saat hamil. Pastikan Anda memiliki bahan katun dan linen saat memilih pakaian ibu hamil.

2. Konsumsi Serat

Makanan ibu hamil 5 bulan yang baik adalah makanan tinggi serat. Anda masih akan masih mengalami sembelit . Pencernaan yang lancar juga dapat mengatasi ketidaknyamanan seperti nyeri punggung dan varises.

3. Postur Tubuh yang Baik

Usahakan untuk menjaga postur tubuh Anda sepanjang waktu. Baik di rumah maupun di tempat kerja sebaiknya jangan terlalu lama duduk, ambil jeda untuk beristirahat sembari meluruskan punggung Anda. Hal ini berguna untuk mencegah nyeri punggung.

4. Olahraga Ibu Hamil

Saat hamil, olahraga ringan seperti peregangan atau senam hamil akan sangat berguna sekali untuk mengatasi nyeri punggung. Pilihlah studio senam yang memiliki program untuk ibu hamil karena ada beberapa posisi yang aman untuk kehamilan. Jangan terlalu lelah dan hindari ketegangan pada otot punggung.

5. Selalu Berpikir Positif

Mengingat munculnya kekhawatiran dari diri Anda tentang kehamilan, penting sekali memiliki pikiran positif untuk menghalau pikiran negatif. Perbanyak baca buku mengenai kehamilan dan habiskan Quality Time bersama orang-orang tercinta dalam membantu Anda memiliki pikiran positif.

6. Posisi Tidur Ibu Hamil

Kandungan 5 bulan akan menimbulkan ketidaknyamanan pada punggung Anda, untuk mengatasinya posisi tidur dapat meringankan gejalanya.

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang sehat adalah tidur pada sisi kiri Anda setiap hari, posisi ini akan memastikan sirkulasi yang sehat ke rahim Anda. Pastikan Anda menambahkan bantal pada punggung dan di antara kedua kaki Anda.

7. Nafsu Makan

Anda akan merasa mudah lapar pada saat ini, Anda mungkin me-ngidamkan makanan-makanan yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Untuk mengatasi hal tersebut, siapkan makanan sehat untuk ibu hamil seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat Anda konsumsi setiap saat. Hindari makanan cepat saji yang dapat memperparah mual.

8. USG

Disarankan untuk melakukan melakukan pemeriksaan USG pada minggu terakhir bulan kelima. Anda akan mendapatkan gambar yang lebih jelas pada janin Anda. Anda mungkin dapat melihat ekspresi wajah bayi Anda dan melihat gerakan saat USG.

9. Berbicara dengan Bayi Anda

Pada bulan kelima kehamilan Anda bisa melakukan komunikasi dengan bayi Anda. Anda akan terkejut dengan respon yang diberikan bayi Anda berupa gerakan dan tendangan. Melakukan hal ini dapat memberikan perasaan bahagia dan menekan perasaan stresss.

10. Hindari Gerakan Tiba-tiba

Hindari gerakan tiba-tiba saat duduk dan berdiri. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah Anda turun secara drastis dan mengakibatkan pusing dan sakit kepala. Lakukan gerakan secara perlahan untuk mencegah hal tersebut.

11. Hindari Alkohol dan Kafein

Mulai dari fase ini, Alkohol dan Kafein merupakan pantangan ibu hamil. Anda harus memastikan bahwa bayi Anda tumbuh dengan kondisi yang mendukung dan zat kimia pada kafein dan alkohol dapat menghambat tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Baca Juga:

Pantangan untuk Ibu Hamil
Vitamin untuk Ibu Hamil
Olahraga untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

12. Hindari Stress

Menjadi orang tua memang sebuah tanggung jawab yang besar. Merupakan hal yang wajar bila saat hamil Anda memiliki ketakutan dan cemas terlebih saat hamil anak pertama. Ekpresikan perasaan Anda kepada pasangan atau dokter kandungan untuk meredakan kekhawatiran, membaca informasi terkait kehamilan juga dapat membantu Anda.

Terdapat perubahan dan perkembangan penting pada bulan kelima kehamilan. Jaga perasaan agar selalu bahagia, santai dan kurangi beban stress. Setiap kehamilan merupakan pengalaman unik dan tidak sama satu sama lain. Konsultasikan kondisi Anda dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran medis mengenai menjaga kehamilan 5 bulan.

Demikian pembahasan mengenai Kehamilan 5 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mendapatkan kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Kehamilan 6 Bulan Masa yang menyenangkan selama kehamilan akan tiba. Memasuki kehamilan 6 bulan, Anda harus menyibukan diri untuk mencari informasi terkait persiapan pe...
Kehamilan 4 Bulan Memasuki trimester kedua kehamilan merupakan sebuah pencapaian tersendiri dalam kehamilan. Perlahan namun pasti Anda akan lebih santai menjalani saat ...