Kehamilan 4 Bulan

3 min read

Kehamilan 4 Bulan

Memasuki trimester kedua kehamilan merupakan sebuah pencapaian tersendiri dalam kehamilan. Perlahan namun pasti Anda akan lebih santai menjalani saat kehamilan ini daripada trimester pertama.

Di usia kehamilan ini kalian akan dapat melihat perubahan baik pada ibu maupun bayi dalam kandungan. Perut Anda mulai membesar dan bundar serta mulai titik ini Anda akan lebih sering mengunjungi dokter kandungan. Untuk penjelasannya simak penjelasannya berikut ini.

Apa yang Dirasakan pada Kehamilan 4 Bulan?

Mengutip MomJunction, memasuki usia kehamilan trimester 2 Anda akan mengalami perubahan pada tubuh dan mental Anda. Pada fase ini Anda telah mengalami berbagai macam perubahan pada rahim dan perubahan fisik ibu hamil akan semakin tampak mulai dari fase ini. Berikut perubahan yang akan Anda alami pada kehamilan 4 bulan.

  • Anda akan merasa lebih nyaman saat memasuki usia kehamilan 4 bulan. Gejala mual dan muntah atau morning sickness dan sakit kepala akan signifikan pada fase ini.
  • Anda akan merasakan pergerakan Anda melamban, hal ini dikarenakan hormon progesteron melemaskan otot panggul Anda.
  • Rahim Anda akan sebesar buah anggur, perut terasa kencang saat hamil 4 bulan merupakan hal yang wajar mengingat perut Anda semakin membesar.
  • Perubahan lain yang tampak pada fisik ibu hamil adalah perut Anda lebih bundar dari sebelumnya.
  • Payudara Anda tiba-tiba menjadi lebih besar, lebih bulat dan lebih padat seiring dengan tubuh mempersiapkan payudara untuk menyusui saat bayi lahir kelak.
  • Anda akan merasa lemah dan pusing karena berkurangnya asupan gula pada tubuh Anda. Anda harus melakukan segala sesuatunya dengan lebih santai dan hindari gerakan tiba-tiba.
  • Berbeda dengan kehamilan trimester pertama yang dimana Anda mengalami perubahan mood secara tiba-tiba, pada trimester kedua ini Anda menjadi pribadi yang lebih tenang dan semakin santai dalam menjalani kehamilan.

Perkembangan Janin 4 Bulan

Janin Usia 4 Bulan telah mengalami perubahan besar semenjak trimester 1 kehamilan. Berikut ini merupakan perkembangan janin 4 bulan yang dapat Anda lihat ketika melakukan USG :

  • Organ mata pada janin usia 4 bulan telah berpindah dari bagian leher ke bagian bagian kepala.
  • Leher janin menjadi lebih panjang dari sebelumnya dan Anda dapat melihat bentuk dagu saat pemeriksaan USG.
  • Bentuk wajah beserta organ mulai terbentuk pada fase ini.
  • Bentuk sidik jari telah terbentuk
  • Janin Anda mulai merasakan rangsangan dari luar seperti usapan pada perut dan Anda akan dapat merasakan gerakan janin Anda.
  • Tubuh Janin akan ditutupi oleh rambut halus yang bernama Lanugo, alis mata dan rambut akan mulai tubuh pada pertengahan bulan.
  • Posisi janin 4 bulan dalam kandungan mulai menghisap ibu jari.
  • Lengan janin mulai berfungsi dan dapat bergerak pada saat ini mungkin Anda akan sering merasakan gerakan janin Anda. Sistem saraf pun telah aktif.
USG Janin 4 Bulan
USG 4 Bulan – Sumber CNN

Fase Perkembangan Janin :
Kehamilan 1 Bulan
Kehamilan 2 Bulan
Kehamilan 3 Bulan

Tips Menjaga Kehamilan

Memasuki usia kandungan 4 bulan, Anda diminta untuk lebih berhati-hati dalam menjalani aktifitas. Berkut ini tips menjaga kehamilan Anda.

1. Menjaga Berat Badan

Anda harus menjaga pola makan Anda agar terhindari dari kelebihan berat badan. Mengonsumsi makanan tidak sehat dapat menyebabkan masalah seperti diabetes gestasional pada ibu dan bayi lahir dengan risiko obesitas.

Mengonsumsi makanan berlebih tidak menjadikan pertumbuhan janin dalam kandungan anda lebih cepat atau lebih baik. Malah lebih banyak menyebabkan dampak negatif pada kehamilan Anda. Oleh karenanya, konsumsi makanan sehat merupakan keharusan.

2. Posisi Tidur

posisi tidur ibu hamil 4 bulan adalah miring ke sisi kiri. Hal ini akan menjaga pertumbuhan bayi terjaga. Jika Anda merasa tidak nyaman cobalah letakan bantal di antara kedua kaki Anda. Saat ini juga telah banyak dijual bantal khusus ibu hamil.

3. Hidung Tersumbat

Memasuki usia kehamilan 4 bulan, peningkatan suplai dari pada tubuh Anda dapat menyebabkan masalah seperti hidung tersumbat, mimisan dan pendengaran terganggu. Oleh karena itu, selalu sediakan tissue untuk berjaga-jaga dan jangan menahan bersin karena dapat membahayakan kesehatan saraf Anda.

4. Baju Ibu Hamil

Tidak ada salahnya Anda untuk membeli baju yang dikhususkan bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan perubahan ukuran dan bentuk perut Anda menuntut untuk mengenakan pakaian yang nyaman.

Mengingat hal tersebut pakaian lama Anda akan terasa sempit dan membuat tidak nyaman. Sebagai saran pilihlah pakaian dengan bahan katun dan linen karena lebih nyaman saat dikenakan.

5. Olahraga

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Menjaga tubuh agar tetap fit selama kehamilan baik untuk mempersiapkan proses persalinan.

Selain itu, melakukan olah pernapasan sangat baik dalam mengontrol stress dan memiliki dampak yang baik bagi perkembangan janin.

Sebaiknya lakukan olahraga ringan sesuai rekomendasi dokter kandungan Anda dan hindari olahraga berat dan memiliki gerakan yang cepat.

6. Makanan ibu Hamil

Makanan yang baik bagi ibu hamil 4 bulan adalah makanan tinggi serat karena sembelit merupakan masalah kehamilan yang masih menghantui.

Oleh karena itu, konsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan sereal dengan porsi yang direkomendasikan untuk Anda, serta jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda agar terhindari dari dehidrasi.

7. Vitamin Ibu Hamil

Umumnya dokter akan merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin ibu hamil khususnya suplemen zat besi dan asam folat. Konsumsi suplemen asam folat dapat melindungi tumbuh kembang janin Anda dari potensi gangguan saraf dan gangguan kognitif.

8. Hindari Stress

Memasuki empat bulan kehamilan Anda memasuki perubahan pada fisik dan mental Anda, oleh karena itu hindari stress dengan cukup beristirahat dan mengurangi aktivitas fisik yang menguras tenaga mengingat bayi dalam kandungan Anda tumbuh dengan cepat.

9. Lakukan Pemeriksaan Kehamilan

Dokter kandungan umumnya akan menyarankan Anda untuk melakukan beberapa test untuk mengetahui kesehatan dan tumbuh kembang janin, dua tersebut adalah :

  • Quadreuple Marker Screening Test, test dengan melakukan pemeriksaan pada sample darah Anda. Test ini untuk mengetahui apa bayi Anda mengalami masalah down syndrome.
  • Amniocentesis, test yang dilakukan untuk memeriksa air ketuban pada rahim Anda.

Baca Juga :
Makanan Ibu Hamil
Vitamin Ibu Hamil
Olahraga Ibu Hamil
Pantangan Ibu Hamil

Kehamilan 4 bulan kurangi kekhawatiran Anda dengan lakukan konsultasi dengan dokter dan ceritakan kondisi Anda pada orang-orang sekitar untuk mengatasi ketakutan Anda.

4 bulan kehamilan merupakan fase dimana janin Anda tumbuh dan berkembang menjadi lebih sempurna. Anda mungkin sangat antusias dengan perkembangan ini dan takut diwaktu yang bersamaan, pahamii dan kenali kondisi tersebut.

Artikel Terkait

Kehamilan 6 Bulan Masa yang menyenangkan selama kehamilan akan tiba. Memasuki kehamilan 6 bulan, Anda harus menyibukan diri untuk mencari informasi terkait persiapan pe...
Kehamilan 5 Bulan Selamat atas kehamilan Anda yang memasuki bulan kelima. Usia kandungan 5 bulan akan semakin tampak perubahan fisik ibu hamil, dan saat ini mungkin And...