Kehamilan 3 Bulan

6 min read

Kehamilan 3 Bulan

Usia kehamilan 3 Bulan merupakan tanda bahwa Anda memasuki fase terakhir dari trimester pertama kehamilan, sebuah pencapaian yang cukup membanggakan. Pada fase trimester 1 kehamilan merupakan fase krusial tumbuh kembang janin.

Pada fase ini terbentuk sistem saraf dan organ tubuh janin Anda, sehingga Anda harus benar-benar menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi pantangan ibu hamil agar terhindari dari masalah kehamilan.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai Kandungan 3 Bulan, mulai dari perubahan fisik pada ibu hamil hingga perkembangan janin dari minggu ke minggu. Simak penjelasannya berikut sebagaimana dikutip dari MomJunction.com

Ciri-ciri Hamil 3 Bulan

Anda mungkin akan menyadari perubahan gejala kehamilan dan perubahan pada tubuh Anda selama 12 minggu kehamilan, seperti :

1. Morning Sickness

Memasuki minggu ke-9 kehamilan gejala mual dan muntah merupakan puncaknya. Namun, di akhir trimester pertama kehamilan gejala morning sickness akan berkurang dan banyak wanita hamil yang berhenti mual dan muntah setelah memasuki 4 bulan kehamilan.

2. Kelelahan

Selama hamil, perubahan hormon pada tubuh Anda membuat Anda mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, tubuh Anda menyuplai darah ke janin. Kondisi ini turut mempengaruhi turunnya tekanan darah dan gula darah Anda yang membuat Anda mudah lelah.

3. Sering Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil Anda akan meningkat dibanding bulan pertama dan kedua kehamilan. Hal ini dikarenakan produksi hormon hCG yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan menekan ginjal Anda.

Selain itu, rahim Anda yang semakin membesar turut menekan kandung kemih Anda sehingga menyebabkan seringnya Anda buang air kecil.

4. Sembelit

Peningkatan level hormon progesteron dalam tubuh Anda dapat menyebabkan melambat proses pencernaan tubuh anda. Selain itu, pola makan yang tidak sehat oleh ibu hamil turut mempengaruhi hal ini.

5. Keputihan

Keputihan saat hamil 3 Bulan disebabkan oleh tingginya level hormon estrogen pada ibu hamil dan membesarnya ukuran serviks dan dinding vagina. Lendir yang keluar dari vagin Anda membantu tubuh melawan infeksi virus dan bakteri yang dapat masuk ke rahim Anda.

Hindari membersihkan area sekitar vagina karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi

6. Keram Kaki

Anda mungkin akan mengalami keram pada kaki dan nyeri pada malam hari. Kekurangan suplai potassium dan zat besi merupakan alasan terjadinya kram pada kaki Anda. Untuk mengatasinya lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki untuk mengatasi kram.

7. Nyeri Punggung dan Perut

Perubahan hormon pada tubuh Anda juga menyebabkan nyeri punggung, lebih jauh pertumbuhan rahim akan merenggangkan persendian dan otot perut yang dapat menyebabkan nyeri pada perut Anda.

Untuk mengatasinya lakukan olahraga ringan untuk melatih otot perut dan peregangan untuk mengatasi rasa sakitnya. Konsultasikan kepada dokter Anda untuk mengetahui olahraga apa yang cocok bagi anda.

8. Perubahan Suasana hati

Selama trimester pertama kehamilan, Anda mungkin akan mengalami perubahan suasana hati yang cukup sering. Emosi Anda naik dan turun secara drastis layaknya Roller Coaster.

9. Gusi Berdarah

Perubahan hormon pada ibu hamil juga dapat menyebabkan peradangan dan gusi berdarah. Jaga kebersihan gigi dan mulut karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

10. Asam Lambung

Karena janin dalam tubuh Anda terus bertumbuh, hal ini menyebabkan pergerakan makanan yang menuju sistem pencernaan akan melambat. Selain itu, rahim Anda yang terus membesar akan menekan perut. Kondisi menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan rasa panas di dada.

11. Varises

Pertumbuhan rahim juga menekan pembuluh darah ibu hamil, melambatkan sirkulasi darah dan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah pada kaki yang disebut varises. Selain itu, Faktor bertambahnya berat badan juga membuat varises muncul di tubuh Anda.

12. Hidung Tersumbat

Peningkatan volume darah dapat menyebabkan rongga hidung menjadi kering. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada hidung yang menyebabkan hidung tersumbat.

13. Ngidam

Pada usia kehamilan 3 bulan hal yang normal jika Anda masih mengalami ngidam makanan dan menjadi sensitif terhadap bau-bau pada barang sekitar Anda.

14. Payudara Sensitif

Susu ibu hamil 3 bulan akan menjadi lebih sensitif dan semakin membesar karena tubuh Anda mempersiapkan payudara untuk menyusui. Selain itu perubahan lainnya pada bagian dada adalah areola dan puting Anda menjadi semakin gelap warnanya.

15. Berat Badan bertambah

Saat hamil 3 bulan Anda mungkin akan mengalami kenaikan berat badan. Namun, hal ini bervariasi tergantung Body Mass Index.

16. Muncul Stretch marks

Seiring bertambahnya ukuran perut dan payudara Anda akan menyebabkan munculnya stretch marks pada bagian perut dan payudara Anda.

17. Kulit Kering

Kulit kering pada ibu hamil dapat disebabkan oleh dua hal, yakni perubahan hormon kehamilan dan karena penggunaan sabun dengan bahan gliserin.

18. Garis Hitam di Perut

Anda mungkin akan melihat adanya garis hitam vertikal pada bagian perut bagian tengah. Hal ini dikarenakan rangsangan hormon Melanocyte yang diproduksi oleh Placenta.

Perkembangan Janin 3 Bulan

Janin Usia 9 Minggu

Perkembangan janin usia 9 minggu mengalami kenaikan berat menjadi 2 gram, seluruh organ dan anggota tubuh mulai terbentuk pada fase ini. Seperti Tangan, kaki, Mata, Alat Reproduksi dan ekor pada embrio telah menghilang. Jari-jari pada tangan dan kaki tumbuh semakin panjang.

Umbilical Cord yang menghubungkan janin dengan placenta mulai terbentuk dan berfungsi mengalirkan oksigen serta mengantarkan nutrisi pada janin.

Janin Usia 10 Minggu

Pembentukan Janin pada minggu ke-10 adalah organ jantung janin Anda terbentuk secara sempurna dan berdetak sebanyak 180 kali setiap menitnya. Persendian pada kaki dan lengan telah terbentuk. Janin Anda secara insting menggerakkan kaki dan lengannya, ini sekaligus menjawab pertanyaan apakah Janin usia 3 Bulan apakah sudah bergerak?.

Kepala janin pada minggu kesepuluh menjadi lebih bundar dan tegak, organ mata masih tertutup pada minggu ini dan akan terbuka seiring bertambahnya usia kehamilan.

Bentuk Janin pada fase ini tidak lagi berbentuk embrio, namun telah berbentuk layaknya bayi. Seluruh organ janin telah berada pada posisi yang seharusnya.

Janin usia 11 Minggu

Ukuran janin usia 11 Minggu masih lebih kecil dari ukuran jempol Anda. Namun, tahap perkembangan terpenting dari janin hampir sempurna.

Pada usia kehamilan 11 minggu, organ gusi dan gigi mulai terbentuk pada mulut janin. Dan kuku mulai tumbuh pada jari-jarinya.

Janin Usia 12 Minggu

Perkembangan Janin 12 Minggu, Wajah janin Anda mulai terbentuk selayaknya manusia. Telinga mulai terbentuk sempurna. Kedua mata mulai membentuk sempurna.

Tulang janin yang terbentuk dari tulang rawan yang sebelumnya tegak dan elastis. Namun pada fase kehamilan 12 minggu, tulang rawan secara perlahan mulai mengeras.

Diakhir minggu ke-12, ukuran janin berkisar memiliki panjang 3,5 inci dan berat sekitar 1,5 ounce.

Secara umum, Tahap Perkembangan Janin dalam Kandungan pada 3 bulan menuju 4 bulan adalah :

  • Kepala, Terlihat lebih besar karena organ otak yang baru terbentuk.
  • Kulit, Kulit masih berupa membran transparan sehingga pembuluh darah tampak dari luar. Selain itu, sidik jari telah terbentuk pada fase ini.
  • Kelopak Mata, Kelopak mata terbentuk dan masih menutup mata untuk melindungi organ mata.
  • Mulut, Lidah dan Kerongkongan terbentuk, bibir atas baru akan terbentuk dan raham telah pada posisinya.
  • Jantung, telah terbentuk sempurna, dan berdetak 180 kali permenit.
  • Sistem Otot dan Tulang, Otot dan tulang janin telah pada posisinya.
  • Gerakan, Janin usia 3 bulan bisa bergerak seperti menendang, peregangan dan berputar. Namun, Anda tidak akan merasakan gerakan tersebut karena rahim masih terletak di atas panggul.
  • Sumsum Tulang, Mulai memproduksi sel darah putih.
  • Usus, Mulai kontraksi dan relaxing sebagai persiapan sistem pencernaan yang sehat.
  • Pankreas, Pankreas mulai berfungsi dan mengeluarkan insulin.
  • Ginjal, Mulai terbentuk pada saat ini dan mulai mengeluarkan urin ke kantung kemih.
  • Organ Lainnya, jari-jari tangan dan kaki mulai tumbuh kuku. Telinga dan Hidung telah terlihat. Puting dan Folikel Rambuh mulai terbentuk dan Leher mulai terbentuk.
USG Janin 3 Bulan
USG Janin 3 Bulan – Sumber: Momjunction.com

Tips Kehamilan 3 Bulan yang Sehat

1. Makanan Sehat

Nafsu makan Anda yang meningkat selama kehamilan sebaiknya dimanfaatkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat yang mengandung banyak serat dan nutrisi esensial seperti buah-buahan, sayuran, telur, kacang-kacangan, daging, susu, beras merah dan yogurt.

Pada usia kehamilan 3 bulan, Anda akan semakin sering mudah lelah. Oleh karenanya, istirahat sebanyak yang nda bisa. Hindari tidur telentang dan miring ke kiri. Gunakan bantal khusus ibu hamil untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur.

2. Suplemen Kehamilan

Penuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dengan mengonsumsi suplemen asam folat untuk menghindari cacat saat tumbuh kembang janin. Jika dokter Anda memberikan resep vitamin selain asam folat, sebaiknya dikonsumsi juga.

3. Jaga Kebersihan

Pastikan lingkungan sekitar dan peralatan makan yang Anda gunakan terjaga kebersihannya. Pada trimester pertama kehamilan Anda harus berhati-hati akan risiko infeksi virus bakteri yang dapat dibawa dari peralatan makan yang Anda gunakan.

Cuci bersih bahan-bahan makanan untuk menghilangkan kotoran. Gunakan sarung tangan saat membersihkan kebun dan kotoran hewan pelihataan.

Dan pastikan area sekitar vagina terjaga kebersihannya.

4. Jaga Kesehatan Mulut

Lakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin, hal ini dikarenakan umumnya usia kandungan 3 bulan Anda akan mengalami gusi berdarah yang disebabkan oleh perubahan hormon.

Selain itu, gunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi Anda. Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi tumbuh kembang janin Anda.

5. Pelajari Proses Bersalin

Mempelajari segala hal tentang proses persalinan dapat mengurangi stress dan kecemasan yang terjadi karena Anda khawatir mengenai persalinan. Saat ini sudah banyak kelas yang dibuka untuk memberikan edukasi mengenai hal ini. Ikuti kelasnya dan bertemu dengan sesama ibu hamil dapat menenangkan pikiran Anda.

6. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting selama kehamilan. Bila Anda merasakan hal-hal yang membuat Anda stress sebaiknya sampaikan hal tersebut kepada suami dan keluarga untuk meringankan beban.

Saat konsultasi ke dokter, sampaikan keluhan Anda selama kehamilan seperti emosi yang naik-turun, susah tidur, ketakutan dan kecemasan, depresi dan lainnya. Hal ini penting karena Anda akan mendapatkan saran profesional untuk mengatasi stress selama kehamilan.

7. Hindari Rokok dan Alkohol

Memasuki usia janin 3 bulan, hindari paparan asap rokok dan alkohol karena kandungan kimia yang terdapat pada rokok dan alkohol dapat menembus placenta dan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan Anda. Yang dapat menyebabkan masalah kehamilan seperti gangguan sistem saraf pada bayi dan gangguan konsentrasi pada bayi kelak.

8. Kurangi Konsumsi Kafein

Meski masih menjadi perdebatan mengenai dampak kafein selama kehamilan, namun sebaiknya kurangi atau bahkan hindari konsumsi kafein selama kehamilan. Konsumsi kafein selama kehamilan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang hingga keguguran.

9. Aktif

Untuk menghindari stress, jangan biarkan Anda melamun sendirian untuk mengatasinya coba cari nama-nama bayi yang cocok untuk anak Anda kelak atau foto perut Anda setiap harinya untuk dijadikan slideshow sebagai kenang-kenangan.

10. Olahraga

Selama kehamilan sebaiknya lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang. Aktif berolahraga ringan selama kehamilan sangat baik untuk menjaga kesehatan seiring adanya perubahan hormon dan fisik tubuh Anda.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai jenis olahraga yang cocok bagi Anda sebelum melakukan aktivitas olahraga.

11. Pantangan Kehamilan

Selama kehamilan terdapat pantangan ibu hamil yang harus Anda hindari, meliputi aktivitas, pakaian dan makanan. Aktivitas seperti mengangkat beban yang berat, atau olahraga dengan intensitas berat seperti zumba.

Mengenakan pakaian ketat dan sepatu hak tinggi akan menganggu kehamilan Anda. Selain itu, hindari makanan cepat saji yang tidak memberikan keuntungan dari sisi nutrisi.

Baca Juga:
Kehamilan 1 Bulan
Kehamilan 2 Bulan yang Sehat
Hal-hal yang Dilarang Saat Hamil
Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Demikian pembahasan mengenai Perkembangan Janin 3 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Kehamilan 2 Bulan Setelah melewati perubahan fisik dan hormon pada bulan pertama kehamilan serta pengalaman hamil yang tentu saja menjadi penanda fase lain dalam hidup ...
Kehamilan 1 Bulan Saat membaca artikel ini mungkin Anda beserta pasangan sedang diliputi perasaan bahagia karena mendapatkan kepercayaan dari Tuhan YME untuk mendapatka...