Kehamilan 2 Bulan

4 min read

Perkembangan Janin 2 Bulan

Setelah melewati perubahan fisik dan hormon pada bulan pertama kehamilan serta pengalaman hamil yang tentu saja menjadi penanda fase lain dalam hidup Anda pasti akan memberikan paradigma baru dalam hidup Anda.

Lantas apa yang terjadi pada usia kandungan 2 bulan? bagaimana Bentuk Perut Hamil 2 Bulan? dan beragam pertanyaan seputar kehamilan pada bulan kedua dalam benak Anda. Simak artikel berikut ini yang membahas mengenai kehamilan trimester pertama.

Ciri-ciri hamil 2 bulan

Tubuh Anda pasti mengalami banyak perubahan seiring tumbuh kembang janin dalam kandungan anda. ciri-ciri kehamilan pada bulan kedua sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bulan pertama. namun terdapat sedikit gejala baru yang mungkin baru Anda rasakan saat ini.

1. Morning Sickness

Mual dan Muntah pada ibu hamil merupakan gejala kehamilan yang umum dan terjadi pada 85 persen wanita yang hamil. Morning Sickness akan terjadi pada minggu pertama kehamilan hingga akhir minggu ke-12.

Meski Mual dan Muntah tidak memiliki dampak terhadap kehamilan Anda, namun dapat memberikan dampak psikologi pada ibu hamil karena menghambat aktivitas dan konsentrasi.

Mengutip MomJunction.com ada baiknya untuk mengonsultasikan kondisi dengan dokter kandungan Anda bila frekuensi mual dan muntah semakin sering dan sebagai langkah pencegahan sebaiknya hindari makanan dan barang-barang yang mengeluarkan bau-bau tajam.

2. Perubahan Mood

Hormon kehamilan menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan mood yang drastis. Terkadang Anda sangat senang dan sedih beberapa saat setelahnya atau mungkin Anda tidak percaya diri akan bila menjadi orang tua kelak atau mengkhawatirkan kondisi keuangan keluarga Anda.

Hormon Estrogen dan Progesteron diyakini berada dibalik perubahan mood ibu hamil. Bila ini terjadi, istirahat yang cukup dan makanan yang sehat dapat menekan hal ini.

3. Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormon juga menyebabkan frekuensi buang kecil semakin meningkat. Setelah letak janin 2 bulan telah menempel pada dinding rahim, tubuh Anda mulai memproduksi hormon Human Chrorionic Gonadoptropin atau hCG yang memicu produksi urin meningkat.

Kondisi ini akan terus terjadi hingga usia kehamilan 9 bulan, oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan merupakan cara menjaga kesehatan kehamilan.

4. Perubahan pada Payudara

Peningkatan hormon Estrogen dan Progesteron menyebabkan ukuran payudara Anda mengalami pembesaran. Selain itu, payudara ibu hamil pada usia kehamilan 2 bulan juga menjadi sensitif dan nyeri bila disentuh. Pada saat ini mulai pikirkan untuk menggunakan bra khusus ibu hamil.

5. Ngidam

Perubahan hormon dan kekurangan nutrisi dapat menyebabkan timbulnya perasaan Ngidam. Anda akan mengalami ngidam makanan yang umum hingga makanan yang sebenarnya belum pernah Anda temui sebelumnya.

Jika memungkinkan penuhi keinginan makan Anda sepanjang tidak termasuk dalam pantangan ibu hamil.

6. Varises

Peningkatan volume darah dan peningkatan hormon pada tubuh Anda menyebabkan pembuluh darah membengkak selama kehamilan. Pembengkakan pembuluh darah akan terlihat pada kulit Anda terutama di sekitar payudara, perut dan paha Anda.

Umumnya varises terjadi hingga tiga bulan setelah melahirkan. Jika Anda mengalami varises, hindari berdiri atau duduk terlalu lama dan lakukan olahraga ringan untuk melancarkan sirkulasi darah.

7. Flek Darah

Munculnya flek darah saat hamil bisa terjadi karena beberapa alasan. Anda akan mendapati flek darah saat awal kehamilan ketika embrio menempelkan dirinya pada dinding rahim. Alasannya lainnya adalah perubahan hormon.

Lakukan pemeriksaan jika Anda mendapati kuantitas flek yang muncul sangat banyak dan jika cairan darah yang keluar sangat kental dan berbau — dengan atau tanpa disertai perut nyeri, yang berarti adanya infeksi atau masalah serius lainnya.

8. Gejala Asam Lambung

Masalah asam lambung dan pencernaan merupakan hal yang umum terjadi pada ibu hamil, seperti Perut kembung, mulut terasa asam, sensasi panas di dada dan tenggorokan.

Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon progesteron dan estrogen yang melemaskan oto kerongkongan sehingga cairan asam lambung terdorong kembali ke tenggorokan.

Oleh karena itu, hindari makanan pantangan asam lambung selama kehamilan seperti makanan pedas, makanan berlemak dan makanan asam untuk menghindari gejala asam lambung.

Perkembangan janin 2 Bulan

Janin 5 Minggu

perkembangan janin Anda saat 5 minggu kehamilan masih sebesar 5 mm, pada saat ini organ jantung, otak dan tulang belakang akan terbentuk dengan cepat. Dan pada minggu kelima jantung janin Anda akan mulai berdetak–yang dapat Anda ketahui saat pemeriksaan ultrasound.

Pada kehamilan yang memasuki minggu kelima Anda akan mulai mengalami gejala “ngidam” yang ditandai dengan morning sickness, mudah lelah dan perubahan pada payudara Anda yang membesar.

Janin 6 Minggu

Pada kehamilan minggu ke-enam janin Anda memiliki ukuran 1 cm, organ jantung janin Anda berkembang setelah sebelumnya berupa gumpalan kecil dengan satu saluran, pada fase ini jantung janin berkembang menjadi lebih kompleks dengan empat ruang yang akan memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, organ vital lainnya seperti ginjal, paru-paru dan hati juga telah tumbuh pada posisinya masing-masing dan Pada fase ini lengan dan kaki janin Anda mulai terbentuk.

Pada minggu ke-enam kehamilan umumnya ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang cukup sering, selain itu morning sickness lebih sering muncul disertai dengan perasaan mudah lelah. Pada fase ini, ibu hamil harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi yang dapat memberikan energi dan menghindari makanan pantangan ibu hamil agar tidak menganggu perkembangan janin.

Janin 7 Minggu

Perkembangan janin 7 minggu sangatlah cepat, jika sebelumnya janin Anda berbentuk embrio kecil kini pada minggu ke-tujuh kehamilan perlahan tapi pasti janin mulai berubah ke bentuk manusia yang belum sempurna–disertai lengan dan kaki yang baru muncul serta jantung yang sudah berdetak.

Pada fase ini proses pembentukan janin Anda sudah memiliki bentuk ginjal yang hampir sempurna dan memiliki ukuran lebih dari 1 cm.

Bagi ibu hamil, minggu ke-tujuh kehamilan harus memperhatikan lingkungan sekitar dan hindari kemungkinan paparan virus rubella dan parvovirus yang didapat dari lingkungan yang tidak bersih dan kontak dengan orang sakit atau binatang.

Janin 8 Minggu

Berapa ukuran janin usia 2 bulan? Pada kehamilan 8 minggu, janin Anda miliki ukuran 1,6 cm dan terus tumbuh dan berkembang setiap harinya sebagaimana dikutip dari Bounty.com. Pada fase ini ibu jari dan kaki mereka mulai terbentuk dan jantung mereka berdetak selama 160 kali permenit.

Bentuk Tubuh janin 2 bulan sudah dilapisi kulit tipis dan berwarna bening. Warna bola mata mereka juga mulai terbentuk saat kehamilan 8 minggu, namun mata mereka baru terbuka saat kehamilan menginjak minggu ke-26.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar janin 2 bulan di bawah ini yang dikutip dari Baby Centre.

Perkembangan Janin 2 Bulan
Gambar Janin Usia 2 Bulan – BabyCentre.co.uk

Tips Kehamilan 2 Bulan Yang Sehat

1. Periksa Kandungan

Memasuki kehamilan 8 minggu, lakukan pemeriksaan kandungan. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan skrining untuk mengetahui informasi seperti :

  • Tekanan Darah
  • Golongan Darah
  • Gula Darah
  • Antibodi
  • Chlamydia
  • Pemeriksaan Ginjal dan Liver
  • USG

2. Hindari Stress

Meski sudah sering Anda dengar, namun penting untuk diingat bahwa kondisi mental Anda turut mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan Anda.

Stress dan tekanan emosi selama kehamilan akan terus berlanjut pada kehamilan dua bulan, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengelola stress untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

3. Pola Makan Sehat

Memasuki masa hamil 2 bulan, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa kualitas makan Anda lebih penting daripada kuantitas yang Anda konsumsi.

Penuhi kebutuhan asam folat pada trimester pertama kehamilan ini dan konsumsi makanan dan buah tinggi serat dan hindari pantangan kehamilan seperti makanan cepat saji dan makan berlemak.

Baca Juga:

Kehamilan 4 Minggu
Pantangan Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil

4. Olahraga Ringan

Selama hamil lakukan aktivitas fisik dan olahraga ringan, olahraga saat hamil sangat baik untuk kesehatan fisik dan psikis ibu hamil beserta kandungannya.

Berikut keuntungan olahraga bagi ibu hamil :

  • Olahraga hamil dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi stress dan depresi.
  • Olahraga saat hamil dapat menjaga berat badan selama hamil tetap stabil dan sehat.
  • Yoga saat hamil akan mengatasi rasa tidak nyaman saat hamil
  • Olahraga kehamilan akan memudahkan proses kelahiran normal.

5. Berhubungan Sex

Pada dasarnya berhubungan sex saat hamil 2 bulan merupakan hal yang aman untuk dilakukan. Aktivitas seksual Anda tidak akan menganggu embrio calon bayi Anda. Ancaman keguguran pada fase ini lebih banyak disebabkan oleh adanya kromosom yang tidak normal. Bukan karena aktivitas seksual.

Demikian pembahasan mengenai Kehamilan 2 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

Artikel Terkait

Kehamilan 3 Bulan Usia kehamilan 3 Bulan merupakan tanda bahwa Anda memasuki fase terakhir dari trimester pertama kehamilan, sebuah pencapaian yang cukup membanggakan. ...
Kehamilan 1 Bulan Saat membaca artikel ini mungkin Anda beserta pasangan sedang diliputi perasaan bahagia karena mendapatkan kepercayaan dari Tuhan YME untuk mendapatka...