Kehamilan 1 Bulan

5 min read

Kehamilan 1 Bulan

Saat membaca artikel ini mungkin Anda beserta pasangan sedang diliputi perasaan bahagia karena mendapatkan kepercayaan dari Tuhan YME untuk mendapatkan keturunan, kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda.

Kami percaya saat ini di benak Anda banyak pertanyaan mengenai bagaimana mempersiapkan kehamilan yang sehat dan menjaga kehamilan muda Anda. Dalam artikel kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan lengkap mengenai trimester pertama kehamilan, khususnya pada fase satu bulan seperti perubahan apa yang terjadi pada tubuh anda dan bagaimana fase perkembangan janin dalam tubuh Anda.

Simak penjelasan mengenai kehamilan 1 bulan meliputi tanda-tanda kehamilan, perubahan fisik pada ibu hamil dan hal-hal yang dilarang bagi ibu hamil muda sebagaimana kami kutip dari MomJunction.com

Tanda-tanda Kehamilan 1 Bulan

Pada satu bulan pertama kehamilan, hanya sedikit wanita yang sadar bahwa diri mereka mengandung, Anda akan mengalami gejala seperti payudara nyeri saat disentuh, mual dan kelelahan pada fase awal kehamilan, Namun tanda kehamilan yang paling utama adalah Telat Datang Bulan.

Tanda-tanda hamil pertama sangat mirip dengan gejala pra-menstruasi sehingga Anda terkadang mengenali gejala diatas sebagai tanda akan mengalami haid, Namun terdapat beberapa tanda-tanda kehamilan yang terjadi dan dapat Anda perhatikan seperti :

1. Telat Datang Bulan

Kehamilan akan mempengaruhi tubuh anda, dan perubahan yang paling utama adalah Anda akan berhenti datang bulan karena tubuh Anda akan memproduksi hormon progesteron selama hamil.

2. Flek Darah

Anda mungkin akan mendapati flek darah dan kram perut yang disebabkan oleh proses sel telur menempel pada rahim. Hal ini umumnya terjadi satu minggu setelah pembuahan. Dalam beberapa kasus, flek darah yang keluar tidak menyebabkan rasa nyeri sehingga Anda tidak sadar.

3. Perubahaan Mood

Anda akan mengalami perubahan mood yang cukup signifikan pada fase awal kehamilan. Pada satu waktu Anda bisa senang sekali dan beberapa saat kemudian sedih tanpa alasan yang jelas atau Pada satu waktu Anda sangat sayang pada pasangan Anda namun dapat segera berubah menjadi sangat benci.

Hal ini umum terjadi dikarenakan adanya perubahan hromon pada tubuh Anda.

4. Nyeri pada Payudara

Susu Ibu Hamil 1 Bulan akan mengalami perubahan menjadi sangat sensitif dan nyeri bila disentuh. Warna pada puting menjadi lebih gelap, dan terdapat bintik-bintik kecil di sekitar areola.

Perubahan lain pada payudara ibu hamil adalah Anda akan melihat pembuluh darah. Hal ini merupakan gejala yang sama seperti gejala pra-menstruasi.

5. Kelelahan

Gejala Kehamilan Awal yang sering dirasakan adalah mudah lelah, energi Anda sering terkuras dan Anda merasa sangat kepayaha. Hal ini dikarenakan tubuh anda menyerap semua nutrisi untuk proses pembuahan.

6. Sering Buang Air Kecil

Meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil meningkatkan aliran darah yang menuju ke rahim dan menyebabkan penebalan dinding rahim untuk melindungi tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Karena proses ini, ginjal Anda akan mengalami pembesaran ukuran dan bekerja lebih keras untuk menangani peningkatan cairan tubuh, hal ini menyebabkan Anda merasa kenyang dan meningkatkan aktivitas buang air kecil.

7. Morning Sickness

Morning sickness atau mual pada ibu hamil di pagi hari merupakan gejala yang umum pada trimester pertama kehamilan. Namun, meski namanya morning sickness tidak berarti Anda tidak mengalaminya pada siang atau malam hari.

8. Ngidam

Kehamilan satu bulan umumnya anda akan mengalami apa yang disebut dengan ngidam atau menginginkan makanan tertentu. Bisa jadi Anda membenci makanan favorit anda dan sangat ingin makanan yang dulu Anda benci.

9. Asam Lambung Naik

Perubahan hormon dan fisik selama kehamlan dapat menyebabkan asam lambung naik sementara. Pada fase kehamilan trimester pertama Anda akan akrab dengan gejala asam lambung seperti sensasi dada terbakar.

10. Sembelit

Hormon progesteron dapat melemaskan otot-otot tubuh Anda dan menyebabkan organ Anda bekerja denagn lambat. Dalam hal ini makanan yang Anda konsumsi akan diproses secara lambat dan menyebabkan sembelit.

11. Pusing

Efek samping lain dari peningkatkan hormon progesteron adalah Anda merasa pusing. Hal ini dikarenakan progesteron melemaskan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah Anda turun.

12. Sensitif Terhadap Bau

Ciri Orang hamil 1 Bulan yang umum adalah Anda menjadi sensitif terhadap bau dan Anda mungkin akan membenci bau-bau yang berasal dari parfume, rokok, makanan dan obat-obatan.

13. Peningkatan Nafsu Makan

Nafsu makan meningkatkan merupakan hal yang normal, jangan kaget ketika Anda sadar jumlah makanan yang konsumsi pada hari-hari pertama kehamilan.

14. Nyeri Punggung

Nyeri punggung di sekitar pinggang dapat terjadi karena hormon progesteron melemahkan sendi yang melindungi pinggang Anda.

15. Sakit Kepala

Anda akan menderita sakit kepala yang sering muncul selama kehamilan. Hal ini dikarenakan stress, perubahan hormon dan peningkatkan volume darah dalam tubuh Anda menyebabkan nyeri pada kepala Anda pada trimester pertama kehamilan.

16. Keputihan

Keputihan dapat disebabkan oleh hormon kehamilan yang menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di area sekitar vagina Anda.

Pada awalnya, tanda-tanda hamil 1 bulan ini hanya memuncul gejala ringan namun seiring waktu Anda akan mengalami perubahan dan gejala yang jelas.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil 1 Bulan

Mungkin saat ini Anda tidak menyadari perubahan yang terjadi pada tubuh Anda saat hamil bulan. Namun, jika Anda perhatikan terdapat perubahan pada tubuh Anda seperti :

  • Anda merasa kembung, dan pinggang anda terasa sesak.
  • Payudara ibu hamil 1 bulan akan mengalami pembesaran.
  • Warna Puting dan Areola Payudara Anda akan membesar dan warnanya. menjadi lebih gelap.
  • Ukuran Perut Hamil 1 Bulan belum menampakkan perubahan karena masih berupa embrio yang baru menempel pada rahim.
  • Flek Darah pada usia kehamilan 1 minggu hingga 10 hari, yang terjadi karena embrio menempel pada rahim.
  • Cairan Vagina lebih banyak.
  • Mudah lelah dan perubahaan mood yang signifikan.
  • Sering pusing dan sakit kepala.

Perkembangan Janin 1 Bulan

Mulai dari pembuahan dan embrio yang terbentuk pada minggu ke empat kehamilan, berikut ini fase perkembangan janin per-minggu :

Janin 1 Minggu hingga 2 minggu

  • Pembuahan, Fase ini adalah fase dimana sel sperma dan sel telur bersatu, Hal ini dapat terjadi pada dua atau tiga hari setelah berhubungan sex. Fase ini adalah dimulainya fase pembentukan janin. Pada tahap awal, bentuk janin 1 minggu masih berupa zigot.
  • Implantasi, Zigot berjalan menuju rahim dari tuba falopi dan empat hari setelah itu terpisa menjadi klaster sel yang disebut Morulla. Pada hari ke lima dan ke enam, morulla terpisah menjadi Blastocyst, dan dalam beberapa kedepan akan menempel pada dinding rahim untuk mendapatkan nutrisi dari ibu hamil. Pada fase ini, embrio akan dikelilingi oleh Yolk Sac, Sistem Pembuluh darah yang akan menyuplai darah ke embrio lewat placenta.

Janin 3 Minggu

Pada usia kehamilan 3 minggu, calon janin dalam kandungan berubah bentuk menjadi embrio yang sangat kecil — sebesar biji kacang hijau — dan belum berbentuk bayi, hanya embrio dengan tiga lapisan sel, yakni :

  • Ektoderm: Lapisan luar pada embrio yang berfungsi untuk membentuk jaringan ke suplai darah si Ibu dan nantinya akan membentuk sistem saraf, otak, enamel gigi. kuku, lensa mata dan kulit calon bayi Anda.
  • Mesoderm: Lapisan tengah yang akan membentuk otot, tulang, jantung dan pembuluh darah calon bayi.
  • Endoderm: Lapisan terdalam yang membentuk sistem pernafasan dan pencernaan, seperti paru-paru, usus, lambung, dan kandung kemih.

Janin 4 Minggu

Tumbuh kembang janin usia 1 bulan pada minggu ke-empat, embrio telah berukuran 3/4 inci dan telah memiliki kantung kuning telur yang mensuplai nutrisi dari ibu ke janin, yang seiring bertambahnya usia kehamilan maka kantung kuning telur ini akan digantikan oleh Plasenta.

Bentuk janin 1 bulan akan mengalami pembentukan organ seperti:

  • Tulang Belakang
  • Tulang Ekor
  • Tulang Iga
  • Otak
  • Sistem Saraf
  • Jantung
  • Pembuluh Darah
  • Mata
  • Hidung
  • Mulut
  • Tangan
  • Kaki
USG Janin 1 Bulan
USG Janin 1 Bulan – Sumber : infobaby.org

Tips Sehat Ibu Hamil Muda

Saat mengetahui Anda positif hamil, ini berarti Anda harus memulai memperhatikan gaya hidup Anda karena kehamilan trimester pertama merupakan fase krusial tumbuh kembang janin Anda. Berikut ini tips kehamilan sehat bagi ibu hamil 1 bulan :

  • Olahraga, melakukan olahraga dan aktivitas ringan akan membuat sistem tubuh Anda berjalan normal. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari merupakan olahraga terbaik yang dapat ibu hamil lakukan. Anda juga dapat mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil.
  • Makanan Tinggi Serat, memperhatikan makanan yang Anda konsumsi selama hamil merupakan hal penting. Makanan untuk Ibu Hamil 1 Bulan yang baik adalah makanan tinggi serat seperti Tauge, Bayam, Sereal dan Legum. Konsumsi makanan sedikit namun sering lebih baik daripada mengonsumsi dalam porsi besar sekali waktu.
  • Minum Air Putih, Penuhi kebutuhan cairan Anda sebanyak delapan gelas atau dua liter setiap hari. Memenuhi kebutuhan cairan akan melancarkan kerja organ tubuh Anda.
  • Konsumsi Suplemen Asam Folat, Asam folat sangat baik dikonsumsi semenjak program hamil hingga trimester pertama kehamilan. Asam Folat membantu mempersiapkan rahim Anda dalam menyambut kehamilan.
  • Berpikir Positif, Emosi dan Mood Anda akan mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Oleh karenanya, jaga agar pikiran Anda selalu positif, percaya diri dan bahagia. Lakukan meditasi atau rekreasi untuk keluar dari rutinitas harian Anda.
  • Cukup Tidur, Tubuh Anda mengalami perubahan hormon dan fisik yang menguras tenaga. Oleh karena itu, cukup istirahat merupakan hal terbaik untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.
  • Hindari Kafein, Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Hal ini dikarenakan kafein yang terdapat pada kopi, teh dan coklat dapat menyebabkan masalah kehamilan seperti bayi lahir dengan berat badan rendah dan gangguan pada sistem saraf bayi Anda. Selain itu, pada ibu hamil kafein dapat menyebabkan maag dan asam lambung.
  • Hindari Makanan Cepat Saji, Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah makanan cepat saji. Makanan pantangan ibu hamil ini tidak memiliki nilai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, sebaliknya malah membawa dampak negatif pada ibu hamil seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi dan melemahkan sistem imun tubuh.
  • Hindari Mandi Air Hangat, Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda. Suhu tubuh yang panas akan mempengaruhi tumbuh kembang janin Anda. Oleh karena itu, hindari mandi air hangat atau sauna.
  • Hindari Alkohol, Mengonsumsi alkohol saat trimester pertama kehamilan dapat mempengaruhi perkembangan janin Anda, alkohol dapat merusak sistem saraf dan kemampuan berpikir bayi Anda kelak.
  • Hindari Asap Rokok, Asap rokok sangat berbahaya bagi kehamilan Anda. Meski Anda tidak merokok, paparan asap rokok dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan memiliki masalah pernafasan. Oleh karena itu, jauhi asap rokok mulai saat ini.

Baca Juga:
Vitamin Kesehatan Kandungan
Makanan yang Baik untuk Kandungan
Pantangan Ibu Hamil

Demikian pembahasan mengenai Kehamilan 1 Bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Artikel Terkait

Kehamilan 3 Bulan Usia kehamilan 3 Bulan merupakan tanda bahwa Anda memasuki fase terakhir dari trimester pertama kehamilan, sebuah pencapaian yang cukup membanggakan. ...
Kehamilan 2 Bulan Setelah melewati perubahan fisik dan hormon pada bulan pertama kehamilan serta pengalaman hamil yang tentu saja menjadi penanda fase lain dalam hidup ...