Flek Darah saat Hamil

2 min read

Flek Darah saat Hamil

Keluarnya flek darah saat hamil muda trimester pertama umumnya bukan tanda adanya masalah kehamilan. Namun, flek darah yang keluar pada trimester kedua dan ketiga kehamilan dapat menjadi tanda adanya komplikasi kehamilan yang harus segera mendapatkan penanganan medis. Keluarnya darah saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

Penyebab Flek Darah saat Hamil Muda

Ibu hamil mungkin mendapati adanya flek darah saat hamil muda trimester pertama kehamilan karena beberapa faktor seperti:

1. Perdarahan karena Implantasi

Beberapa wanita mengalami Perdarahan karena proses implantasi embrio pada rahim pada 1 bulan pertama kehamilan. Pendarahan ringan ini disebabkan oleh saat embrio menempel pada dinding rahim dan mulai bertumbuh.

2. Hubungan Seksual

Bagi ibu hamil, pendarahan pada serviks, yakni bagian bawah rahim bisa terjadi karena aktivitas seksual yang menyebabkan luka pada area kewanitaan Anda. Hal ini dikarenakan saat hamil, rahim Anda menjadi sangat sensitif karena perubahan hromon. Untuk itu, hentikan aktifitas seksual untuk menghindari iritasi.

3. Infeksi

Infeksi pada bagian reproduksi atau dikenal sebagai Cervicitis dapat menyebabkan keluarnya flek darah dan pendarahan saat hamil muda.

4. Kehamilan Ektopik

Keluarnya flek darah atau pendarahan dapat menjadi tanda bahwa kehamilan Anda tidak terjadi di rahim, melainkan pada Tuba Falopi yang disebut sebagai kehamilan ektopik. Kehamilan Ektopik umumnya terjadi pada satu diantara 60 kehamilan.

5. Keguguran

Keluarnya flek darah bisa jadi salah satu tanda Anda mengalami keguguran. Dalam studi yang dikutip dari American Pregnancy mengungkapkan bahwa 20-30 persen wanita mengalami perdarahan saat hamil muda, dan dari data tersebut 20 persen diantaranya mengalami keguguran saat kehamilan belum menginjak 12 minggu. Beberapa penyebab keguguran tidak dapat dihindari, karena umumnya disebabkan oleh perkembangan kehamilan yang tidak sehat.

Tanda-tanda Keguguran

  • Keluarnya flek darah
  • Kram pada perut bagian bawah
  • Keluarnya selaput pada organ reproduksi Anda.

6. Hamil Anggur

Merupakan kondisi yang langka yang disebut juga sebagai Hydatidiform Mole, kondisi dimana sel telur yang telah di buahi gagal berkembang menjadi embrio bayi. Melainkan berkembang menjadi kumpulan kista yang bentuknya seperti anggur.

Gejala Hamil Anggur

  • Keluarnya Flek Darah
  • Tes darah menunjukan hCG Anda tinggi
  • Tidak adanya detak jantung dan embrio Anda
  • USG menunjukan adanya benda seperti anggur pada rahim Anda.

Flek Darah saat Hamil Tua

Berbeda dengan penyebab keluarnya flek darah saat hamil muda, darah yang keluar saat hamil tua umumnya disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini:

7. Perkembangan Serviks

Perdarahan ringan pada saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga dapat disebabkan oleh peradangan serviks karena kehamilan Anda yang semakin membesar.

8. Hemorrhoids

Seiring bertambahnya usia kehamilan, Anda mungkin akan mengalami Hemorrhoids. Yakni kondisi dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah pada Rektum atau Anus Anda yang pecah dan menyebabkan perdarahan ringan. Namun, hal ini tidak menyebabkan keluarnya flek darah pada organ reproduksi Anda, mungkin Anda akan mendapati adanya noda darah saat buang air besar.

9. Kerusakan Placenta

Pendarahan berat saat hamil tua dengan flek darah yang keluar seperti layaknya Anda sedang menstruasi umumnya mengindikasi adanya masalah pada placenta Anda. Bisa jadi itu merupakan tanda adanya kerusakan placenta dimana terlepas dari dinding rahim dan bayi Anda kekurangan pasokan oksigen, ini merupakan komplikasi kehamilan serius yang membutuhkan penanganan medis dengan segera.

Gejala Kerusakan Placenta:

  • Pendarahan pada Vagina
  • Nyeri pada Perut Anda

10. Placenta Previa

Alasan lainnya mengapa ibu hamil mengalami keluarnya flek darah saat hamil tua adalahnya adanya masalah Placenta Previa. Merupakan komplikasi kehamilan dimana placenta menutup mulut rahim.

Mereka yang Berisiko MengalamI Placenta Previa

  • Umumnya terjadi pada kehamilan kedua dan seterusnya
  • Pernah melakukan operasi caesar
  • Pernah mengalami operasi pada rahim
  • Mengandung bayi kembar

11. Kelahiran Prematur

Jika Anda mendapati flek darah saat kehamilan belum memasuki usia 9 bulan. Itu mungkin dikarenakan Anda harus segera melakukan proses persalinan prematur. Mengutip Livescience, gejala kelahiran prematur umumnya adalah perdarahan berat, nyeri pada perut bagian bawah, nyeri punggung, kram perut dan frekuensi kontraksi.

Demikian pembahasan mengenai Flek Darah Saat Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai menjaga kehamilan yang sehat.

Rekomendasi Artikel

Gatal pada Ibu Hamil Mengapa ibu hamil sering mengalami gatal? gatal pada ibu hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi. Lebih dari 20 persen ibu ha...
Masalah Kehamilan Selama proses kehamilan sudah barang tentu Anda akan mendapati masalah-masalah yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan selama kehamilan. Apa saja masal...
Keguguran Keguguran adalah gugurnya janin sebelumnya kehamilan mencapai usia 20 minggu. Keguguran merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang menjadi momok b...
Asam Lambung Naik saat Hamil Asam lambung naik saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi, terutama pada mereka yang menjalani kehamilan pertama mereka....
Kelelahan saat Hamil Kelelahan merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Belum ada yang menyimpulkan apa yang menjadi pe...
Mimisan saat Hamil Mimisan saat hamil merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering terjadi, dalam banyak kasus sering kali ibu hamil yang mengalami mimisan tidak s...