Ciri-ciri Sperma Sehat

Pengetahuan akan ciri-ciri sperma sehat merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan saat menjalankan program hamil. memiliki sperma sehat merupakan salah satu cara cepat hamil.

Sebagai informasi, masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh wanita, dalam beberapa kasus kesehatan sistem reproduksi pria mempengaruhi rendahnya persentase kesuksesan program hamil. Oleh karena itu, memiliki sperma yang sehat merupakan hal terbaik yang dapat Anda berikan untuk pasangan Anda untuk meningkatkan kesuksesan program hamil kalian.

Namun, bagaimana ciri-ciri sperma sehat? terdapat tiga indikator sperma sehat, yakni Jumlah, Kemampuan Gerak dan Bentuk Sperma itu sendiri. Untuk mengetahui ketiga indikator ini tidak dapat dilakukan secara kasat mata. Anda perlu melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mendapatkan data-data tersebut dan kondisi kesehatan organ reproduksi Anda.

Ciri-Ciri Sperma yang Sehat

Berikut ini penjelasan singkat yang dapat Anda pahami mengenai ciri-ciri sperma yang sehat. Simak ulasannya dibawah ini:

  • Jumlah Sperma, Anda termasuk pria yang subur jika memiliki jumlah sperma —dalam satu ejakulasi— setidaknya 15 juta sel sperma setiap satu mililiter. Kurang dari jumlah tersebut maka akan menurunkan persentasi keberhasilan pembuahan pasangan Anda.
  • Kemampuan Gerak, Untuk mencapai dan membuahi sel telur, sel sperma harus berenang melalui serviks, rahim dan tuba falopi. Kemampuan gerak sel sperma ini dinamakan sperma motility. Anda dikatakan memiliki sperma yang sehat jika terdapat setidaknya 40 persen sperma Anda aktif bergerak satu jam setelah ejakulasi.
  • Bentuk Sperma, Sperma yang sehat memiliki bentuk kepala yang oval dan ekor yang panjang, bentuk yang sperma memudahkan pergerakan sperma untuk mencapai sel telur. Meski para ahli kesehatan menitikberatkan apda jumlah dan kemampuan gerak, namun memiliki bentuk sperma yang baik merupakan keuntungan yang baik saat program hamil.
  • Warna, Mengutip pernyataan seksologi dr. Andry Wanananda MS dari DetikHealth, warna sperma yang sehat adalah putih atau sedikit keabu-abuan. Jika berwarna merah muda bisa jadi adalah infeksi yang terjadi dalam tubuh Anda, sedangkan warna kekuningan mengindikasikan bahwa adanya peradangan pada tubuh Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Sperma

Setelah mengetahui ciri-ciri sperma yang sehat, kini saatnya Anda mempelajari mengenai cara menjaga kesehatan sperma Anda Simak ulasannya disini:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dalam program hamil dapat meningkatkan kesuburan sperm Anda. Kandungan nutrisi dan antioksidan dari makanan seperti ikan, buah dan sayuran akan memberikan perlindungan sel sperma Anda. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat untuk meningkatkan kesehatan sperma Anda :

  • Daging, konsumsi daging sapi, ikan maupun ayam merupakan salah satu cara meningkatkan kesuburan pria, kandunan vitamin B12 dalam panganan ini dapat memberikan perlindungan sel sperma Anda dari kerusakan karena radikal bebas dan peradangan tubuh Anda.
  • Buah-buahan, Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk, mangga, buah berry, dan tomat merupakan salah satu cara meningkatkan kesuburan pria. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari peradangan dan radikal bebas, selain itu nutrisi ini juga berperan dalam meningkatkan produksi sel sperma.
  • Kacang-kacangan, Panganan kacang-kacangan telah sejak lama dikenal sebagai makanan penyubur sperma. Hal ini diperkuat dengan hasil studi pada tahun 2018 silam yang meneliti 119 pria yang mengonsumsi kacang almond, walnut dan hazelnut selama 14 minggu, hasilnya mereka mengalami peningkatkan jumlah sperma hingga 16 persen.
  • Semangka, Konsumsi semangka merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas sel sperma. Kandungan Lycopene dalam buah ini dapat mengurangi Reactive Oxygen Species (ROS) dalam tubuh Anda, ROS dapat merusak DNA dan bentuk sel sperma Anda. Untuk program hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi 4 – 8 mg lycopene untuk meningkatkan produksi dan kemampuan gerak sel sperma.

2. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga ringan selama 30 menit dengan durasi tiga kali setiap minggu dapat meningkatkan produksi, kemampuan gerak dan bentuk sel sperma Anda.

Dalam studi pada tahun 2005 menunjukan bahwa kurang aktif berolahraga dan tinggi Indeks Massa Tubuh menyebabkan penurunan kualitas sperma. Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kadar hormon testosteron sehingga menurunkan gairah seksual pada pria.

Rutin berolahraga ringan dan penurunan berat badan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma Anda. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit, push up atau bahkan berkebun dapat menjadi aktifitas fisik yang baik untuk tubuh Anda serta dapat meningkatkan hormon endorphine dan menjaga sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan kata lain aktifitas ini dapat meningkatkan performa dan kualitas kehidupan seksual Anda.

3. Menggunakan Boxer

Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2018 silam menunjukan bahwa pria yang menggunakan celana boxer umumnya memiliki 17 persen sperma yang lebih banyak daripada mereka yang menggunakan celana dalam jenis lainnya.

Menggunakan boxer dinilai lebih sehat bagi kesehatan organ reproduksi pria hal ini dikarenakan jenis celana dalam ini tidak menemple terlalu ketat dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Celana dalam yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi darah ke organ reproduksi, selain itu suhu yang panas dapat menyebabkan penurunan produksi sperma.

Oleh karena itu, gunakanlah celana dalam yang tidak terlalu ketat dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Boxer merupakan salah satu pilihannya.

4. Kurang Konsumsi Alkohol dan Kafein

Dalam hasil review pada tahun 2017 silam yang melibatkan lebih dari 20.000 pria menunjukan bahwa tingginya asupan kafein yang berasal dari minuman bersoda maupun minuman kemasan lainnya dapt merusak DNA sperma dan menurunkan produksi sel sperma.

Pun demikian dengan konsumsi alkohol. Penelitian yang terbit pada tahun 2014 silam menunjukan bahwa konsumsi lima sloki atau bahkan lebih setiap minggu dapat menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas sperma Anda. Bahkan dalam studi lainnya menunjukan bahwa pria yang terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol mengalami penurunan jumlah sperma setiap ejakulasi.

5. Konsumsi Suplemen Vitamin

Salah satu cara meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengonsumsi vitamin kesuburan pria. Suplemen vitamin perlu dilakukan bila Anda kesulitan untuk memenuhinya melalui makanan yang Anda konsumsi.

Setidaknya ada beberapa jenis suplemen vitamin yang penting untuk meningkatkan kualitas sperma Anda seperti :

  • Vitamin C untuk meningkatkan produksi dan kemampuan gerak sperma.
  • Vitamin D untuk meningkatan produksi hormon testosteron.
  • Zinc untuk meningkatkan kualitas sel sperma.
  • Akar Ashwaganda untuk meningkatkan produksi sperma dan kemampuan gerak.
  • CoEnzyme Q10 untuk meningkatan kualitas sperma Anda.

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin kesuburan, ada baiknya Anda membaca takaran dosis yang disarankan untuk program hamil.

Demikian pembahasan mengenai Ciri-Ciri Sperma Sehat dan Cara untuk menjaga kesehatan sperma Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesuburan organ reproduksi Anda.

Leave a Comment