Cara Menyuburkan Kandungan

Cara menyuburkan kandungan secara alami mengharuskan Anda menerapkan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang serta menghindari pantangan program hamil yang dapat menurunkan peluang Anda mendapatkan kehamilan.

Masalah kesuburan menghantui sekitar 15 persen pasangan yang mengalami masalah kehamilan. Dalam sebuah study, ketidaksuburan atau infertilitas 40 persen berada pada pria, 50 persen pada wanita dan 10 persen pada keduanya.

Namun, Anda tidak perlu gusar. Terdapat cara untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita untuk meningkatkan kesuksesan program Hamil Anda.

Faktanya, makanan yang Anda konsumsi dan gaya hidup merupakan faktor utama untuk meningkatkan kesuburan kandungan hingga 69 persen.

Simak 16 Cara Menyuburkan Kandungan secara Alami berikut ini, sebagaimana dikutip dari Healthline.com.

Cara Menyuburkan Kandungan secara Alami

1. Konsumsi Makanan kaya Antioksidan

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti Asam Folate dan Zinc dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.Antioksidan dapat memerangi radikal bebas yang dapat merusak kualitas sperma dan sel telur dalam tubuh Anda berdua.

Dalam sebuah study, pria yang mengonsumsi 75 gram kacang walnut yang kaya akan antioksidan dalam sehari memiliki kualitas sperma yang baik.Dalam study lain yang diikuti oleh 60 pasangan yang menjalankan program bayi tabung mengungkapkan mengonsumsi suplemen antioksidan dapat meningkatkan peluang kehamilan hingga 23 persen.

Sebaiknya konsumsi makanan penambah untuk meningkatkan peluang kehamilan dengan mengonsumsi :

  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Gandum

Makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, Asam Folat dan Beta Karoten yang baik untuk kesuburan pria dan wanita.

2. Hindari Makanan Berlemak

Mulai saat ini, ketatlah dalam memilih makanan untuk kesuburan. Untuk meningkatkan kesuburan sebaiknya hindari makanan berlemak. Makanan berlemak berisiko dalam mempengaruhi kesuburan rahim wanita. Karena berdampak buruk pada sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin.

Dalam sebuah study yang dilakukan pada mereka yang mengonsumsi makanan berlemak memiliki risiko kemandulan hingga 31 persen. Sebaiknya hindari makanan berlemak seperti:

  • Makanan yang Digoreng
  • Daging Olahan
  • Daging Sosis
  • Daging Ham
  • Daging Kalengan
  • Ikan Kalengan
  • Makanan cepat Saji.

3. Hindari Produk Kedelai

Dalam beberapa penelitian mengungkapkan, kandungan phytoestrogens dalam kedelai dapat mempengaruhi tingkat hormon dan dapat menyebabkan masalah kemandulan Beberapa penelitian yang menggunakan hewan menemukan kacang kedelai dapat menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan kemandulan pada tikus.

Dalam penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa kedelai dapat mengubah perilaku sex tikus jantan. Meski penelitian tersebut baru dilakukan pada hewan, ada baiknya Anda hindari konsumsi produk kedelai dalam menu harian Anda.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Serat merupakan makanan yang baik untuk kesuburan. Serat dapat membantu tubuh Anda untuk menyeimbangkan hormon dan menjaga kadar gula dara dalam batas normal.

Beberapa jenis serat dapat menyeimbang hormon estrogen dengan mengikatnya pada usus, dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Dalam sebuah study mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi 10 gram sereal tinggi serat dapat menurunkan risiko kemandulan pada wanita berusia 32 tahun hingga 44 persen.

5. Konsumsi Protein Nabati

Konsumsi protein nabati yang terdapat pada Kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat mengurangi risiko kemandulan pada pria dan wanita.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan mengonsumsi protein nabati dapat melindungi diri Anda dari risiko kemandulan.

Penelitian tersebut menjelaskan 5 persen kalori dari protein nabati dapat mengurangi masalah kesuburan rahim hingga 50 persen.

Oleh karenanya, konsumsi makanan untuk kesuburan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan untuk mendapatkan protein nabati.

7. Konsumsi Susu Penyubur Kandungan

Sebaiknya perbanyak konsumsi susu penyubur kandungan, bagaimana kriteria susu yang baik untuk kesuburan rahim?

Pilihlah susu tinggi lemak, karena wanita yang mengonsumsi susu tinggi lemak dapat mengurangi risiko kemandulan hingga 27 persen.

Sebaliknya, susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko kemandulan.

8. Konsumsi Vitamin Penyubur Kandungan

Wanita yang mengonsumsi vitamin penyubur kandungan dapat mengatasi masalah ketidaksuburan pada rahim.

Faktanya, sekitar 20 persen masalah kemandulan wanita dapat dihindari dengan mengonsumsi vitamin penyubur rahim tiga kali dalam sepekan.

Bagi wanita yang ingin segera hamil, sebaiknya konsumsi vitamin yang mengandung asam folat yang baik untuk kesuburan.

Dalam sebuah study menemukan para wanita yang mengonsumsi vitamin seperti Vitamin E, Vitamin B6, Asam Folate berpeluang meningkatkan mendapatkan kehamilan setelah tiga bulan.

9. Konsumsi Zat Besi

Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi merupakan makanan sehat untuk kesuburan wanita karena dapat mengurangi risiko kemandulan.

Pada study yang dilakukan terhadap 438 wanita yang mengonsumsi makanan tinggi iron memiliki risiko 40 persen lebih rendah mengalami kemandulan.

Meski masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut, sebaiknya konsumsi makanan tinggi iron seperti :

  • Daging Sapi
  • Kuning Telur
  • Ikan
  • Sayuran Berdaun Hijau
  • Kacang-kacangan
  • Kurma
  • Kismis

10. Aktif Berolahraga

Cara meningkatkan kesuburan kandungan lainnya adalah dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti jogging dan jalan santai selama 30 menit, tiga kali dalam sepekan.

olahraga selain baik untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan level stress. Tetapi juga dapat meningkatkan kualitas sel telur dan menjaga siklus masa subur Anda.

11. Hindari Stress

Stress dapat mengganggu suasana hati yang mempengaruhi keseimbangan hormon Anda. Saat merencanakan kehamilan Anda dituntut untuk menjaga keseimbangan hormon untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Jalani usaha untuk mendapatkan anak dengan santai dan lakukan kegiatan bersama pasangan untuk menurunkan tekanan pada diri Anda.

12. Kurangi Asupan Kafein

Kafein dapat memberikan dampak buruk bagi kesuburan wanita.

Dalam sebuah study menemukan, wanita yang mengonsumsi lebih dari 500 mg kafein setiap hari mendapatkan kehamilan lebih lambat dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Konsumsi kafein saat hamil juga dihubungkan dengan kasus keguguran. Oleh karenanya, hindari konsumsi kafein yang terdapat pada:

  • Kopi
  • Teh
  • Coklat
  • Minuman Energi

Baca Juga:
Cara Cepat Hamil setelah Menikah
Cara Menghitung Masa Subur
Tips Meningkatkan Kualitas Sperma
Kenali Tahapan Program Bayi Tabung

13. Kurangi Asupan Alkohol

Sama seperti halnya kafein, mengonsumsi alkohol juga dikaitkan dengan lambatnya memiliki anak.

Mereka yang mengonsumsi delapan gelas alkohol dalam sepekan memiliki risiko kemandulan.

Pada penelitian yang melibatkan lebih dari 7000 wanita mengungkapkan mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dihubungkan dengan risiko kemandulan bagi pria dan wanita.

14. Diet Rendah Karbohidrat

Diet karbo sangat direkomendasikan bagi wanita yang memiliki masalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), yakni kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita saat masa subur.

Diet rendah karbohidrat juga dapat membantu menjaga berat badan, mengurangi kadar insulin, dan menurunkan berat badan serta menjaga siklus haid Anda teratur.

15. Hindari Korbohidrat Olahan

Sebaiknya saat menjalankan program hamil, hindari mengonsumsi karbohidrat olahan seperti Nasi Putih, Roti Putih, Mie dan Minuman Kemasan.

Karbohidrat olahan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin dalam tubuh Anda.

Tingginya kadar gula dalam darah sering diasosiasikan sebagai salah satu penyebab ketidaksuburan pada wanita yang memiliki masalah PCOS

16. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan Ideal secara umum akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit kardiovaskular seperti Tekanan Darah Tinggi, Kolesterol Tinggi, Penyakit Jantung, dan Stroke.

Namun, tahukah Anda bahwa kegemukan dapat menyebabkan produksi hormon yang dapat menganggu kesuburan?. Kegemukan dapat mengganggu masa haid Anda, mengurangi waktu subur Anda, dan menurunkan kesempatan Anda untuk hamil.

Di satu sisi, Jika berat badan Anda kurang dari berat ideal Anda juga menghambat produksi hormon yang mendukung kesuburan rahim tiap bulannya.

17. Konsumsi Herbal Penyubur Kandungan

Terdapat beberapa herbal penyubur kandungan yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan, berikut daftarnya :

  • Propolis : Dalam sebuah study yang dilakukan pada wanita yang memiliki masalah kista endometriosis dan diberi Propolis dua kali dalam sehari selama sembilan bulan, memiliki peluang 40 persen lebih tinggi untuk mendapatkan kehamilan.
  • Royal Jelly : Royal Jelly yang juga berasal dari lebah kaya akan asam amino esensial, lipids, vitamin, asam lemak omega-3, zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi wanita.

Kesimpulannya adalah faktor gaya hidup sangat mempengaruhi kesuburan organ reproduksi Anda dan pasangan.

Mulailah mengonsumsi makanan-makanan sehat dan jauhi makanan pantangan program hamil. Apa yang Anda makan hari ini akan mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur dalam 90 hari kedepan.

Jika Anda dalam program hamil, sebaiknya mulai mengonsumsi nutrisi dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menyuburkan Kandungan secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam usaha agar cepat hamil.

Tinggalkan komentar