Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

4 min read

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Ketidaksuburan merupakan masalah yang terjadi diseluruh dunia. Setidaknya hal ini dialami satu diantara enam pasangan dan peneliti menemukan satu diantara tiga kasus yang terjadi masalah terletak pada pria.

Faktor Penyebab Pria Tidak Subur

Pria yang tidak subur tentu memiliki peluang yang kecil untuk membuat pasangannya hamil. Umumnya faktor penyebab tidak suburnya pria adalah karena kualitas sperma yang rendah dan disfungsi seksual.

Berikut aspek yang dapat menjadi penyebab tidak suburnya pria :

  • Libido: Dikenal sebagai dorongan seksual, yang membuat seorang pria berhasrat untuk berhubungan seksual. Banyak suplemen obat kuat merangsang libido pada pria.
  • Disfungsi Ereksi: dikenal juga sebagai impotensi, kondisi dimana penis pria tidak bisa mengeras secara sempurna. Umumnya disebabkan oleh faktor psikologis dan makanan yang dikonsumsi.
  • Jumlah Sperma Rendah: Hal terpenting dari kualitas sperma adalah jumlah atau konsentrasi sel sperma. Rendahnya jumlah sperma merupakan pertanda adanya masalah kesehatan dan psikologis pada pria.
  • Gerakan Sperma: Sperma yang sehat memiliki kemampuan untuk berenang menuju sel telur. Sperma yang tidak sehat tentu akan mati sebelum mencapai tuba falopi untuk membuahi sel telur.
  • Hormon Testosteron: Rendahnya level hormon testosteron atau hormon seksual pria dapat menjadi penyebab ketidaksuburan pria.

Masalah kesuburan pria bisa jadi disebabkan oleh beragam faktor seperti faktor genetik, kesehatan, kurangnya aktivitas olahraga, dan komplikasi penyakit.

Meski ketidaksuburan tidak selalu dapat diatasi, namun Anda dapat mengatasi ketidaksuburan dengan diet sehat, konsumsi suplemen tertentu dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Artikel ini akan membahas Tips meningkatkan Kesuburan Pria dan Kualitas Sperma dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mengonsumsi makanan dan suplemen penambah kesuburan untuk Pria sebagaiman dikutip dari Healthline.com.

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria secara Alami

    1. Rutin Berolahraga

      Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan kepercayaan diri, olahraga juga dapat meningkatkan level hormon testosteron. Dalam sebuah study menunjukan bahwa pria yang rutin berolahraga memiliki level testosteron dan kualitas sperma yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

      Meski demikian, pilihlah olahraga ringan dan dalam intensitas sedang. Terlalu banyak olahraga dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda.Pilih olahraga ringan seperti Jogging, Jalan Santai, Bersepeda dan berenang dan rutin dilakukan 30 menit dengan intensitas tiga kali dalam sepekan.

    2. Konsumsi Vitamin C

      Oxidative Stress terjadi karena radikal bebas mencapai level yang membahayakan dalam tubuh Anda. Hal tersebut terjadi ketika anti body dalam tubuh Anda rusak karena penyakit, usia tua, gaya hidup tidak sehat dan polusi udara.

      Tingginya radikal bebas dapat menyebabkan cedera otot, peradangan dan memicu penyakit kronis lainnya. Ternasuk dapat mempengaruhi kondisi kesehatan organ reproduksi Anda.Untuk mencegah hal tersebut, disarankan untuk mengonsumsi vitamin C yang kaya akan antioksidant. Dan juga, terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

      Vitamin C sebagai vitamin kesuburan pria diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada pria yang mengonsumsi 1.000 mg vitamin C dua kali dalam sehari selama dua menunjukan peningkatan jumlah sperma dan gerakan sperma yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Dalam penelitian tersebut juga menemukan manfaat vitamin C dalam mengurangi sperma mati hingga 55 persen.

    3. Konsumsi Vitamin D

      Vitamin D merupakan nutrisi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan level hormon testosteron. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan pria mengalami rendahnya level testosteron.

      Vitamin D terbukti mengatasi masalah pada pria yang diungkapkan dalam study yang dilakukan pada 65 pria dengan memberikan vitamin D dosis 3.000 IU satu kali dalam sehari selama setahun penuh itu menunjukan peningkatan hormon testosteron hingga 25 persen.

      Vitamin D juga disebut sebagai vitamin kesuburan pria karena dapat meningkatkan kualitas sperma.

    4. Konsumsi Suplemen Zinc

      Zinc merupakan mineral esensial yang umumnya ditemukan pada makanan seperti: daging, ikan, telur dan kerang. Memenuhi kebutuhan Zinc dapat meningkatkan kesuburan pria. Pasalnya, kekurangan asupan Zinc dapat menyebabkan menurunnya level testosteron, rendahnya kualitas sperma dan kemandulan pada pria.

      Selain mendapatkan dari sumber makanan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen Zinc untuk mengatasi masalah kesuburan pria.

    5. Hindari Stress

      Stress dapat mempengaruhi kehidupan seksual Anda dan berpengaruh pada kualitas sperma anda. Peneliti percaya bahwa hormon kortisol bertanggung jawab sebagai penyebab masalah kesuburan pria.Stress dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol yang berdampak negatif pada hormon testosteron. Karena saat hormon kortisol meningkat maka testosteron akan mengalami penurunan.

      Hindarilah stress dengan mengambil jeda sejenak dari rutinitas dengan berlibur bersama pasangan, meditasi dan beribadah.

    6. Hindari Produk Kedelai

      Terlalu banyak mengonsumsi kacang kedelai dan produk turunannya seperti Susu Kedelai, Tahu dan Tempe dapat berpengaruh pada menurunnya jumlah sperma pada pria. Dalam sebuah study yang dilakukan pada mereka yang mengonsumsi kacang kedelai dalam jumlah banyak memiliki jumlah dan kualitas sperma yang rendah.

      Namun, rendahnya jumlah dan kualitas sperma turut dipengaruhi faktor lain seperti obesitas. Oleh karena itu, sebagai tindakan preventive ada baiknya hindari mengonsumsi produk kedelai seperti:

      • Tahu
      • Tempe
      • Susu Kedelai
      • Minuman Energi
      • Energi Bar
    7. Berhenti Merokok

      Tidak diragukan lagi, kebiasaan merokok merupakan penyebab masalah kesuburan pada pria. Rangkaian study yang dilakukan mengungkapkan bahwa merokok dapat mempengaruhi kualitas sperma, menurunkan jumlah sperma dan mengurangi kemampuan sperma untuk bergerak.

      Jika Anda bertanya-tanya mulai darimana mulai agar cepat hamil maka menjauhi asap rokok adalah jawabannya. Meski Anda perokok aktif maupun pasif.

    8. Konsumsi Herbal Penyubur

      Selain menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan untuk kesuburan pria, terdapat pula herbal penyubur yang dapat Anda konsumsi sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan Anda.Berikut ini tanaman herbal yang telah terbukti secara empiris dapat membantu masalah kesuburan. Simak penjelasannya berikut ini.

      • Tribulus Terretris: Dikenal juga sebagai puncturevine, merupakan pengobatan herbal yang umum digunakan untuk mengatasi masalah kesuburan pria. Mengonsumsi 6 gram akar tribulus terretris dapat mengembalikan kemampuan ereksi dan libido pria.
      • Fenugreek: Mengonsumsi ramuan tanaman Fenugreek dapat meningkatkan vitalitas dan level testosteron pria. Selain itu, terdapat laporan yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi 600 mg dosis Fenugreek dapat meningkatkan libido, kemampuan seksual dan vitalitas.
      • Ashwagandha: Merupakan tanaman herbal asal India dan banyak digunakan dalam pengobatan ayurveda selama ribuan tahun. Study menemukan bahwa ashwaganda dapat meningkatkan level hormon testosteron, meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan pria.
      • Akar Maca: Tumbuhan yang berasal dari Peru bermanfaat untuk meningkatkan libido dan kesuburan pria. Selain itu, akar maca juga dapat mengembalikan performa seksual dan mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan.
    9. Gaya Hidup Sehat

      Beberapa cara mungkin dapat meningkatkan kesuburan pria, meski hal tersebut tergantung faktor penyebab ketidaksuburan itu sendiri. Namun, hal penting yang harus diingat adalah kesuburan dan libido umumnya dipengaruhi oleh kondisi kesehatan Anda secara umum.

      Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dalam rangka meningkatkan kesuburan.Berikut ini tambahan delapan cara meningkatkan kesuburan pria dan kualitas sperma secara alami.

      • Pola Hidup Sehat: Gaya hidup tidak sehat dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan termasuk kesuburan pada pria dan wanita.
      • Kurangi Berat Badan: Kelebihan berat badan juga merupakan faktor penyebab kemandulan pada pria. Oleh karenanya, jaga berat badan Anda tetap ideal.
      • Kurangi Alkohol: Kurangi konsumsi alkohol karena dapat mempengaruhi kadar hormon testosteron dalam tubuh Anda.
      • Konsumsi Suplemen Asam Folat: Kekurangan asam folat berdampak pada menurunnya kualitas sperma, oleh karenanya konsumsi suplemen asam folat saat menjalankan program hamil.
      • Cukup Istirahat: Tidur merupakan kebutuhan penting bagi tubuh Anda. Sering begadang dapat berdampak buruk pada kualitas sperma Anda.
      • Antioksidan: Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan baik bagi kesuburan pria. Oleh karenanya konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan seperti jeruk, mangga, dan kacang walnut

Baca Juga:
Pantangan Program Hamil
Tips Meningkatkan Kesuburan Wanita

Demikian pembahasan mengenai cara meningkatkan kesuburan pria secara alami. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Artikel Terkait

Cara Menyuburkan Kandungan Salah satu cara cepat hamil adalah dengan meningkatkan kesuburan organ reproduksi Anda beserta pasangan pasangan.Masalah kesuburan menghantui seki...
Cara Cepat Hamil Setelah menikah hal yang paling keluarga kecil Anda tunggu-tunggu adalah kehadiran buah hati. Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menggendong mom...
Program Bayi Tabung Pasangan suami-istri yang telah menjalani program hamil untuk mendapatkan anak dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan dulu putus asa. Mungkin suda...
Pantangan Program Hamil Menjalani program hamil memerlukan kesabaran karena Anda dan pasangan tidak akan tahu di bulan keberapa mendapatkan kehamilan. Namun, selama menunggu ...
Olahraga agar Cepat Hamil Olahraga sangat penting dalam mempersiapkan tubuh Anda agar sehat dan fit sebelum kehamilan. Olahraga mendukung kesuburan dan mempersiapkan tubuh Anda...