Cara Hamil Anak Kembar

Apakah Anda memikirkan bagaimana cara hamil anak kembar? Ya! memiliki anak kembar merupakan salah satu impian yang sering diucapkan oleh bagi sebagian pasangan. Namun, tahukah Anda akan lebih membuat anak kembar jika Anda dalam garis keluarga Anda memiliki garis keturunan kembar, ya faktor genetis memang memegang peranan penting dalam kesuksesan memiliki bayi kembar.

Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Hamil Anak Kembar

Akan tetapi, faktor genetik bukan satu-satunya faktor yang menentukan sukses tidaknya Anda mendapatkan bayi kembar. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang mendapatkan kehamilan anak kembar :

  • Usia, wanita yang hamil pada usia 30 tahun keatas memiliki kecenderungan hamil anak kembar. Hal ini dikarenakan memasuki usia 30 tahun, terjadi peningkatkan produksi hormon Follicle Stimulating Hormone yang bertanggung jawab untuk pembentukan sel telur sebelum dilepaskan. Wanita yang telah memasuki usia 30 tahun keatas membutuhkan hormon FSH karena sel telur membutuhkan lebih banyak rangsangan untuk tumbuh, adanya hormon ini dapat membantu tubuh melepaskan lebih dari satu sel telur sehingga meningkatkan peluang hamil anak kembar.
  • Faktor Genetik, salah satu penentu keberhasilan hamil bayi kembar adalah Anda atau pasangan Anda memiliki riwayat keluarga kembar. Jika salah satu diantara pasangan memiliki riwayat keluarga yang pernah hamil bayi kembar maka peluang Anda untuk sukses hamil kembar meningkat menjadi 17 persen. Namun, bukan berarti Anda yang tidak memiliki genetik keluarga kembar tidak dapat hamil kembar.
  • Berat Badan, wanita yang memiliki Indeks Massa Tubuh lebih dari 30 memiliki peluang hamil anak kembar lebih tinggi daripada wanita yang memiliki berat badan ideal. Hal ini ironi karena umumnya kegemukan juga menurunkan kesuburan rahim wanita. Kelebihan lemak tubuh dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, hal ini dapat meningkatkan stimulasi rahim Anda untuk melepaskan lebih dari satu sel telur sehingga meningkatkan peluang hamil bayi kembar.
  • Tinggi Badan, dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita dengan rata-rata tinggi badan 165 cm umumnya memiliki peluang hamil anak kembar lebih tinggi daripada yang kurang daripada itu. Hingga saat ini belum diketahui alasan pasti mengenai hal ini, para ahli berkesimpulan bahwa nutrisi yang mempengaruhi tinggi badan berpengaruh pada kesuksesan hamil anak kembar.
  • Pernah Hamil Sebelumnya, keberhasilan program hamil anak kembar akan meningkatkan seiring dengan pengalaman Anda hamil sebelumnya. Beberapa studi menunjukan bahwa beberapa ibu mengalami kehamilan kembar setelah kehamilan pertama mereka.
  • Ibu Menyusui, wanita yang hamil saat masih dalam menyapih anak cenderung memiliki kemungkinan memiliki bayi kembar lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Memang benar bahwa saat menyusui umumnya wanita mengalami penurunan kesuburan dan hal ini dapat mencegah kehamilan pada usia enam bulan pertama bayi Anda. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa Anda hamil saat sedang menyusui dan memiliki anak kembar.

Baca Juga:

Cara Cepat Hamil
Cara Menyuburkan Rahim
Cara Meningkatkan Kualitas Sperma
Cara Hamil Anak Laki-Laki
Cara Hamil Anak Perempuan

Cara Membuat Anak Kembar saat Program Hamil

Jika Anda ingin mengusahakan memiliki anak kembar berikut ini beberapa cara membuat anak kembar selama progra hamil yang dapat Anda terapkan :

1. Konsumsi Susu Tinggi Lemak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gary Steinmann, mengonsumsi susu selama program hamil dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Wanita yang mengonsumsi susu memiliki peluang lima kali lebih tinggi untuk memiliki bayi kembar daripada mereka yang tidak mengonsumsi susu.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa hormon pertumbuhan yang terdapat dalam susu tinggi lemak dipercaya sebagai faktor yang menentukan peluang keberhasilan program hamil anak kembar.

2. Konsumsi Ubi Jalar

Kandungan nutrisi Ubi Jalar dapat meningkatkan stimulasi rahim untuk melepaskan lebih dari satu sel telur untuk dibuahi. Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan bayi kembar saat program hamil. Wanita-wanita di Afrika memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan bayi kembar dikarenakan kebiasaan mereka yang mengonsumsi ubi jalar.

Makanan lainnya yang mempengaruhi stimulasi rahim adalah Tahu, Kacang Kedelai dan Gandum utuh seperti nasi merah.

3. Hentikan Penggunaan Pil KB

Pil KB memiliki peran penting dalam membantu Anda hamil anak kembar secara alami. Ketika Anda menghentikan penggunaan Pil Kontrasepsi, tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk menemukan ritme alami.

Kondisi ini menyebabkan tubuh Anda memiliki fluks hormon yang lebih tinggi daripada biasanya. Jika Anda mencoba untuk hamil pada masa-masa ini maka peluang Anda untuk memiliki anak kembar menjadi lebih tinggi.

4. Program Bayi Tabung

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan, wanita yang menjalani program bayi tabung dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar hingga 40 persen. Namun, hal ini ditentukan pula seberapa banyak embrio yang diletakan pada rahim Anda. Beragam penelitian menunjukan bahwa program bayi tabung merupakan salah satu penyebab tingginya angka kelahiran bayi kembar pada pasangan.

Rekomendasi Artikel Selama Program Hamil:

Ciri-ciri Sperma Sehat
Kenali Masa Subur Wanita setelah Haid
Vitamin Penyubur Rahim
Vitamin Kesuburan Sperma
Olahraga agar Cepat Hamil
Makanan agar Cepat Hamil
Pantangan Program Hamil

5. Konsumsi Suplemen Asam Folat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Australia mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat selama program hamil memiliki kecenderungan memiliki bayi kembar. Hal ini dapat menjadi alasan mengapa mereka yang menjalani program bayi tabung memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan bayi kembar, hal ini dikarenakan saat menjalankan program bayi tabung Anda diharuskan untuk mengonsumsi suplemen asam folat untuk meningkatkan keberhasilan program ini.

Meski hasil penelitian ini masih menjadi pro-kontra dikalangan akademisi namun, konsumsi asam folat sebelum dan saat trimester pertama kehamilan sangat baik untuk menjaga kesehatan janin Anda.

Leave a Comment