Cara Cepat Hamil

Cara cepat hamil setelah haid mengharuskan Anda dan pasangan memiliki kesehatan organ reproduksi yang prima untuk menyambut kehamilan. Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menggendong momongan ada baiknya Anda simak beberapa tips cepat hamil  sebagaimana dikutip dari webmd.com berikut ini.

Cara Cepat Hamil Setelah Haid

1. Lakukan Pemeriksaan Prakonsepsi

Sebelum menjalankan program hamil ada baiknya Anda beserta pasangan melakukan pemeriksaan prakonsepsi untuk mendapatkan data kesehatan fisik terutama kesehatan organ reproduksi Anda berdua dan mengetahui faktor risiko, seperti melakukan pemeriksaan Hysterosalpingogram untuk mengetahui penyumbatan pada tuba falopi.

Selain itu, Anda dapat men-konsultasikan kondisi kesehatan Anda dan Anda dapat bertanya mengenai jenis vitamin yang baik bagi kesuburan organ reproduksi Anda dan pasangan.

2. Kenali Siklus Haid Anda

Siklus haid Anda dimulai pada hari pertama menstruasi dan berlanjut pada hari pertama siklus haid bulan selanjutnya.

Anda yang memiliki siklus haid setiap 28 hari sekali memiliki enam hari masa subur, terhitung hari terakhir haid hingga enam hari kedepan. Pada masa-masa ini sel telur keluar dari ovarium dan menjadi masa tersubur tubuh Anda.

Dengan mengetahui secara pasti siklus haid Anda, Anda dapat dengan mudah menghitung kapan saja masa-masa subur tubuh Anda agar cepat hamil. Hal ini sangat penting dilakukan karena tiap wanita mengalami siklus haid yang berbeda-beda sehingga mereka kesulitan memperkirakan masa subur mereka.

3. Ketahui Masa Subur

Apakah Anda mengetahui kapan masa-masa subur Anda? pengetahuan akan siklus subur pribadi sangat membantu untuk mengetahui kapan waktu tersubur Anda. Berhubungan di waktu subur akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Untuk mengetahui kapan waktu tersubur Anda, caranya dengan melakukan hubungan suami-istri pada hari ke-sembilan setelah haid, lakukan test kehamilan dengan test pack dari hari ke-sembilan hingga hari ke empat belas. Waktu-waktu tersebut merupakan masa tersubur Anda oleh karenanya jangan terlewat kesempatan tersebut.

Saat ini sudah banyak alat pendeteksi masa subur yang dapat membantu Anda memprediksi kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda.

4. Posisi Sex Terbaik

Mengutip Webmd.com tidak ada posisi terbaik yang secara khusus meningkatkan persentase kehamilan. Namun, penting bagi Anda untuk berbaring selama 10 – 15 menit setelah berhubungan seksual. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi sperma untuk berenang masuk ke servix dan akan bertahan di sana selama 72 jam setelah berhubungan.

5. Menjaga Kesehatan Sperma

Tidak hanya bagi wanita, pasangan Anda juga harus melakukan usaha untuk meningkatkan peluang hamil setelah haid selesai. Peluang kehamilan juga dapat dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas sperma.

Mengutip Journal Fertility dan Sterility menunjukan beberapa kebiasaan yang mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma seperti, Mengenakan celana ketat yang dapat mempengaruhi turunnya jumlah sperma, seringnya mandi dengan air panas dan mereka yang sering mengantongi smartphone mereka cenderung memiliki kualitas sperma yang buruk.

Oleh karenanya, mulai saat ini Anda dapat pasangan harus memperhatikan kesehatan alat reproduksi satu sama lain.

6. Hindari Stress

Penting bagi Anda dan pasangan untuk melakukan usaha mendapatkan kehamilan dengan perasaan relaks. Stress dapat mempengaruhi ovulasi Anda, saat stress tubuh Anda melepaskan hormon kortisol yang berdampak negatif bagi wanita yang ingin hamil.

Selingi program kehamilan Anda dengan melakukan aktivitas yang membahagiakan buat Anda tanpa adanya perasaan di kejar target untuk segera hamil.

7. Olahraga

Olahraga merupakan kebiasaan yang baik bagi kesehatan khususnya jika itu dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Terlalu gemuk dapat mempengaruhi siklus haid wanita, sehingga melakukan olahraga merupakan salah satu cara menjaga kesuburan rahim Anda.

Olahraga juga dapat menjaga sirkulasi darah ke seluruh tubuh, ini berarti pasokan oksigen dan nutrisi yang didapatkan dari makanan akan tersalurkan ke seluruh organ dan sel-sel tubuh Anda. Khususnya ke organ reproduksi Anda, hal ini dapat menjaga fungsi organ reproduksi bekerja optimal pada program hamil.

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 45 menit tiga kali dalam sepekan dapat meningkatkan kesuburan Anda.Hindari melakukan olahraga berat dengan durasi yang terlalu sering. Hal tersebut dapat mempengaruhi siklus menstruasi bagi beberapa wanita.

Sebaiknya saat program hamil sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Berikut ini olahraga agar cepat hamil yang cocok dilakukan saat program hamil untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita :

  • Yoga (kecuali bikram yoga)
  • Pilates
  • Jalan Santai
  • Jogging
  • Sepeda Statis
  • Stretching

Selain itu, hindari asap rokok. Kebiasaan merokok atau paparan asap rokok dapat berdampak negatif bagi kesuburan pria dan wanita.

8. Lakukan Detoksifikasi

Lakukan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda. detoks dapat membersihkan fungsi dan sistem organ tubuh Anda. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol. Terdapat banyak penelitian yang menunjukan bahwa perempuan yang aktif merokok berisiko melahirkan anak dengan penyakit jantung bawaan.

9. Konsumsi Vitamin Kesuburan

Selain dengan mengonsumsi makanan agar cepat hamil, mengonsumsi vitamin kesuburan dapat memastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama program hamil.

Untuk itu, selama program hamil konsumsi suplemen seperti 400 mcg asam folat, 300 mg DHA setiap hari pada tiga bulan sebelum dan saat menjalankan program hamil. Vitamin kesuburan dikonsumsi oleh Anda dan pasangan selama program hamil.

10. Makanan Peningkat Kesuburan

Makanan memegan peranan penting dalam meningkatkan kesuburan Anda, berikut ini merupakan daftar makanan yang harus Anda konsumsi agar cepat hamil karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, sebagaimana dikutip dari Livestrong.com:

  • Protein Nabati, Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh demi menjaga fungsi organ berfungsi normal. Namun, pastikan Anda mendapatkan protein yang seimbang antara protein hewani dan protein nabati.Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health mengonsumsi protein nabati seperti Susu dan sayur-sayuran dapat meningkatkan kesuburan wanita.Dalam penelitian yang sama juga dijelaskan bahwa terlalu banyak mengonsumsi protein hewani yang terdapat dalam daging hewan justru menurunkan persentase untuk mendapatkan kehamilanOleh karenanya penting bagi wanita yang sedang dalam program hamil untuk mengonsumsi protein nabati dengan mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, lentil, susu dan tahu
  • Susu Tinggi Lemak, Susu Tinggi lemak merupakan makanan kesuburan rahim. Dalam sebuah study yang dilakukan pada sekelompok siswi sekolah keperawatan mengungkapkan mereka yang mengonsumsi susu tinggi lemak atau produk turunannya seperti Yoghurt, Keju dan Es Krim memiliki kesuburan rahim yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi susu.Susu tinggi lemak dapat meningkatkan produksi hormon progesteron yang baik dalam mempersiapkan kehamilan.
  • Makanan kaya Zat Besi, Penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan zat besi untuk mempersiapkan kehamilan. Hal ini dikarenakan, saat hamil kelak janin akan membutuhkan zat besi yang dimiliki oleh ibunya, hal ini dapat menyebabkan sang ibu mengalami anemia atau kekurangan darah.Oleh karenanya penting bagi wanita untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi untuk meningkatkan peluang kehamilan dengan mengonsumsi makanan seperti Daging sapi dan ayam, bayam, lentil.
  • Biji-Bijian, Cara meningkatkan kesuburan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi biji-bijian utuh. Kandungan asam folat yang terdapat dalam biji-bijian diperlukan selama masa persiapan kehamilan dan trimester pertama kehamilan untuk mencegah janin mengalami kelainan saraf.Asam folat adalah vitamin B yang diperlukan untuk memproduksi sel-sel baru. Jika wanita memenuhi kebutuhan asam folat saat sebelum dan pada trimester pertama kehamilan maka dapat mencegah kelainan pada saraf otak bayi.Untuk itu, sebaiknya mulai saat ini perbanyak konsumsi biji-bijian seperti Beras Merah, Beras Coklat, dan Oatmeal.
  • Buah dan Sayuran, Buah dan sayuran yang berwarna cerah mengandung Phytonutrient yang baik untuk menjaga kesehatan karena sifatnya sebagai antioksidan dan meningkatkan kesuburan wanita.Buah dan sayuran dengan warna cerah selain memiliki kandungan antioksidan juga berperan sebagai multivitamin yang berperan dalam meningkatkan kualitas sperma.Oleh karenanya, selama program hamil sebaiknya konsumsi buah dan sayuran seperti Labu, Jeruk, Pisang, Pomegranat, Mangga, Kale, Buah tin, Bayam dan Brokoli.
  • Ikan, Asam lemak omega-3 merupakan makanan penambah hormon kesuburan wanita dan meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi Anda. Direkomendasikan untuk mengonsumsi ikan untuk mendapatkan Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic (EPA) dengan mengonsumsi ikan Salmon, Nila atau Lele.
  • Dark Chocolate, Biar cepat hamil sebaiknya mulai saat ini Anda harus mengonsumsi dark chocolate. Dark Chocolate kaya akan asam amino L-Arginine yang baik untuk meningkatkan jumlah sperma dan kemampuan geraknya saat ejakulasi.Semakin gelap warna coklatnya makin bagus dampaknya bagi kesehatan organ reproduksi pria.
  • Madu, Madu telah lama dikenal sebagai makanan yang bisa menyuburkan kandungan.Dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan pada 2010 silam mengungkapkan dengan mengonsumsi bee pollen dapat meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan rahim secara signifikan.Mengonsumsi madu dapat menstimulasi sel telur dan meningkatkan kesuburan pada wanita.
  • Royal Jelly, Royal Jelly kaya akan kandungan asam amino esensial, protein, Vitamin D, Vitamin E dan sumber iron dan kalsium sehingga dapat dikatakan sebagai makanan kesuburan wanita.Royal jelly merupakan penyeimbang hormon dan dapat membantu masalah kesuburan seperti menopause dini.
  • Kerang Tiram, Kerang tiram dikenal sebagai makanan yang dapat membangkitkan libido. Selain itu, kerang juga merupakan makanan yang bisa menyuburkan kandungan. Hal ini dimungkinkan karena kandungan Zinc yang terdapat dalam kerang tiram sangat tinggi.Zinc diperlukan untuk meningkatkan kualitas sel sperma dan sel telur.Beberapa penelitian menyebutkan Zinc dibutuhkan oleh pria untuk meningkatkan jumlah sperma dan produksi hormon testosteron. Sementara bagi wanita, Zinc berguna untuk meningkatkan ovulasi dan kesuburan rahim.

Butuh Berapa Lama Wanita bisa Hamil Setelah Berhubungan?

Tentu setiap wanita akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tentang berapa lama wanita bisa  hamil setelah berhubungan seksual, seperti:

  • Usia Anda
  • Kesehatan Anda Secara Umum
  • Kesehatan Organ Reproduksi
  • Frekuensi Berhubungan Seksual

Mengutip data dari NHS.UK 84 dari 100 pasangan yang diteliti mendapatkan kehamilan setelah satu tahun menjalankan program hamil dengan melakukan frekuensi hubungan sex regular dan tidak melakukan kontrasepsi. Selain itu, usia wanita turut mempengaruhi kesuburan organ reproduksi.

Dalam data yang sama menunjukan bahwa :

  • Wanita berusia 19 – 26 tahun memiliki persentase kehamilan hingga 92 persen pada tahun pertama program hamil,
  • Wanita yang berusia antara 35 – 39 tahun memiliki persentase kehamilan sebanyak 82 persen pada tahun pertama menjalankan program hamil.

Jadi, Bagi Anda yang memasuki kurang dari 30 tahun biasanya akan memakan waktu satu tahun hingga Anda hamil. Hal ini dipengaruhi oleh masa subur Anda yang datang sekali setiap bulannya. Bagi Anda yang telah berusia diatas 35 tahun dan belum hamil setelah enam bulan mencoba, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dan pasangan.

Lakukan usaha mendapatkan kehamilan dengan sabar dan tidak terburu-buru untuk mendapatkan hasil dengan segera. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda stress. Stress dapat menganggu siklus menstruasi Anda dan membuat upaya untuk mendapatkan kehamilan menjadi terhambat. Nikmati segala prosesnya.

Demikian pembahasan mengenai Cara Cepat Hamil setelah Haid, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai kegiatan merencanakan kehamilan.

Tinggalkan komentar