Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

2 min read

Bolehkah ibu hamil minum kopi

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Jika ya, seberapa banyak yang diperbolehkan konsumsi kopi selama kehamilan? itu adalah dua pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu hamil yang ragu karena memiliki ketergantungan dengan kopi semenjak belum kehamilan.

Saat hamil Anda memang diharuskan untuk mengetahui apa saja makanan yang sehat untuk ibu hamil dan mana saja pantangan selama kehamilan. Terutama konsumsi kopi yang menjadi perdebatan hingga kini karena dikatakan kopi dapat menyebabkan gangguan kehamilan seperti keguguran, bayi yang memiliki berat badan rendah hingga menyebabkan detak jantung tidak beraturan pada janin dalam kandungan. Benarkah Demikian?

Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas mengenai Boleh atau tidaknya konsumsi kopi bagi ibu hamil. Simak penjelasannya dibawah ini

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Banyak ibu hamil yang ragu mengenai boleh atau tidaknya mereka mengonsumsi kopi mengingat asupan kafein dapat memberikan suntikan energi dan mengatasi kelelahan terutama pada mereka yang baru pertama kali hamil atau mereka yang hamil anak kedua.

Mengutip Sarah Schenker dari BabyCentre.Co.Uk, ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi selama tidak melebihi jumlah 200 mg setiap harinya, jumlah ini setara dengan satu cangkir kopi. Lebih dari dapat menyebabkan beragam masalah kehamilan pada Anda.

Hal ini diperkuat dengan hasil Penelitian dari The American College of Obstetricians Gynecologists (ACOG) menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kopi dibawah 200 mg perhari tidak meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

Baca Juga: 

Makanan Sumber Asam Folat bagi Ibu Hamil
Olahraga Ibu Hamil
Ragam Vitamin untuk Ibu Hamil
Jenis Masalah Kehamilan yang Sering Terjadi
Mengenal Beragam Jenis Komplikasi Kehamilan 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Edmund Hey, konsumsi lebih dari jumlah yang disarankan dapat menyebabkan bayi Anda lahir dengan berat badan minimal. Para bayi yang lahir dengan berat badan minimal dapat memiliki beragam masalah kesehatan saat mereka semakin dewasa.

Konsumsi kopi dalam jumlah terbatas selama kehamilan memiliki manfaat kesehatan bagi ibu hamil, berikut ini beberapa manfaat kopi untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan :

  • Kafein dalam kopi dapat menjadi stimulan bagi otak dan sistem saraf ibu hamil yang dapat membuat otak Anda lebih aktif dan meningkatkan energi. Konsumsi kopi sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki masalah saraf tegang, depressi, gangguan kecemasan dan kelelahan saat hamil karena kopi dapat mengatasi gangguan ketidakseimbangan hormon.
  • Bagi ibu hamil yang memiliki masalah hipotensi atau tekanan darah rendah, konsumsi kopi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah Anda.
  • Sifat kopi yang merupakan diuretik alami dapat membantu mengatasi pembengkakan tubuh ibu hamil, diuretik akan membuat Anda mengeluarkan cairan tubuh Anda melalui metabolisme tubuh.
  • Kandungan senyawa aktif dan antioksidan dalam kpi dapat memberikan perlindungan tubuh Anda dari risiko kerusakan karena radikal bebas, meredakan peradangan dan infeksi virus serta bakteri.

Jumlah 200 mg atau dua cangkir kopi setiap hari merupakan jumlah keseluruhan kafein yang Anda konsumsi setiap hari, termasuk saat Anda mengonsumsi Teh Hijau, Minuman Bersoda, Minuman Energi dan Coklat.

Berikut ini tabel informasi terkait kandungan kafein dalam tiap makanan dan minuman yang mungkin Anda temui sehari-hari:

 
Makanan-MinumanTakaran SajiJumlah Kandungan Kafein
Kopi1 Cangkir60-200 mg
Espresso1 shot30-50 mg
Minuman Energi1 Kaleng50-160 mg
Teh1 Cangkir20-120 mg
Minuman Ringan1 Botol30-60 mg
Minuman Coklat1 Cangkir3-32 mg
Susu Coklat1 Cangkir2-7 mg
Teh Kemasan1 Botol15-25 mg

Efek Samping Kopi bagi Ibu Hamil

Seperti yang dijelaskan di atas, konsumsi kopi dalam jumlah terbatas memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil. Namun, jika melebihi batas yang direkomendasikan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada ibu dan bayi dalam kandungan.

Berikut ini beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan kopi bagi ibu hamil :

  • Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi sebelum dan saat hamil, sebaiknya hindari konsumsi kopi karena dapat menyebabkan naiknya tekanan darah Anda, hal ini dapat menyebabkan komplikasi preeklamsia.
  • Kandungan asam yang cukup tinggi dalam minuman ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada ibu hamil seperti maag atau bahkan asam lambung naik. Oleh karenanya, Anda yang rentan terhadap masalah pencernaan sebaiknya hindari konsumsi kopi.
  • Terlalu banyak minum kopi saat hami dapat menyebabkan kafein menembus placenta Anda, hal ini dapat menyebabkan gangguan detak jantung pada bayi dalam kandungan serta akan mengubah pola tidur janin Anda. Sebaiknya Anda hindari konsumsi terlalu banya kopi terutama pada trimester pertama kehamilan.
  • Seperti yang dijelaskan diatas, konsumsi lebih dari satu cangkir setiap hari dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan minimal.

Demikian jawaban atas pertanyaan mengenai boleh tidaknya ibu hamil minum kopi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan Anda.

Rekomendasi Artikel

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Cepat, mudah, mengenyangkan dan lezat. Namun, Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Saat hamil, gaya hidup seperti konsumsi makanan dan rutinitas olahr...
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Dengan rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang beragam dalam buah durian menjadikan buah ini salah satu makan sehat untuk kehamilan. Namun, Bolehka...