Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

2 min read

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan

Cepat, mudah, mengenyangkan dan lezat. Namun, Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Saat hamil, gaya hidup seperti konsumsi makanan dan rutinitas olahraga dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi pantangan kehamilan yang dapat menganggu perkembangan calon bayi Anda.

Konsumsi mie instan dalam jumlah terbatas selama kehamilan merupakan hal yang aman untuk dilakukan. Proses pengolahan yang mudah dan rasa lezat yang ditawarkan produk mie instan memang telah menjadi kebiasaan di Indonesia, namun konsumsi mie instan secara rutin selama kehamilan tidak disarankan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ibu dan bayi dalam kandungan Anda.

Bolehkah Bumil Makan Mie Instan?

Banyak dari kita memasukan mie instan sebagai makanan favorit, terlebih saat hamil kebiasaan ngidam menjadikan kita menginginkan rasa mie instan lebih dari biasanya.

Namun, perlu dicatat bahwa meski rasa lezat dan mengenyangkan, nyatanya makan mie instan saat hamil tidak memberikan Anda nutrisi kehamilan yang diperlukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Sebaliknya, mie instan dapat menyebabkan beragam gangguan kehamilan.

Oleh karenanya, kami memasukan mie instan kedalam makanan pantangan ibu hamil yang sebaiknya dihindari karena beberapa alasan sebagai berikut :

  • Alasan pertama kenapa mie instan tidak aman untuk ibu hamil adalah karena kandungan bahan-bahan kimia dan zat adiktif yang terkandung di dalamnya. Terutama MSG atau zat perasa. MSG merupakan bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan rasa dan aroma mie instan, bagi ibu hamil konsumsi MSG berlebih dapat menyebabkan efek samping negatif seperti mudah lelah, persendian kaku, sakit kepala, nyeri dada, mual-muntah, hingga gangguan detak jantung.
  • Alasan kedua adalah karena tingginya kandungan garam dalam produk makanan cepat saji ini, Setiap 100 gram produk mie instan terkandungan hampir 2500 mg sodium, konsumsi makanan tinggi garam saat hamil sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan hipertensi dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi preeklamsia.
  • Kandungan lemak trans dalam makanan ini merupakan alasan ketiga kenapa ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi mie instan, minyak sayur yang digunakan dalam produk mie merupakan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan naiknya berat badan ibu hamil secara tidak sehat dan buruk bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi saat hamil.
  • Terakhir, kandungan zat pewarna, zat perasa dan pengawet buatan yang bernama Tertiary Butylhydroquinone atau TBHQ dalam mie instan dapat meningkatkan konsentrasi zat kimia berbahaya dalam tubuh Anda, hal ini dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang janin dalam kandungan dan kesehatan ibu hamil secara umum.
    TBHQ merupakan bahan kimia beracun yang digunakan sebagai pengawet pada mie instan, bahan ini lazimya digunakan pada produk-produk cat, kosmetik bahkan pestisida. Zat kimia ini bila dikonsumsi dalam jangka pendek oleh ibu hamil akan menyebabkan masalah kesehatan seperti mual disertai muntah, sesak napas, telinga berdengung, sedangkan dalam jangka panjang TBHQ dapat menyebabkan gangguan metabolisme seperti hipertensi, obesitas dan tingginya kadar kolesterol.

Baca Juga:

Bolehkah Minum Kopi Selama Kehamilan?
Olahraga Ibu Hamil

Membuat Mie Instan Lebih Sehat untuk Ibu Hamil

Meski demikian, ibu hamil umumnya mengalami perubahan mood yang cepat karena ketidakseimbangan hormon di tubuhnya dan hal ini juga mempengaruhi nafsu dan keinginan untuk mengonsumsi mie instan. Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi mie, konsumsilah maksimal dua porsi dalam sebulan, untuk menghindari dampak negatif pada kehamilan Anda.

Selain itu, tambahkan bahan-bahan makanan sehat seperti kacang-kacangan, sawi, kembang kol, pakchoy, wortel, jamur, tomat dan bawang putih untuk memberikan nilai nutrisi pada mie instan. Selain itu, jika memungkinkan gunakan bumbu olahan sendiri yang rendah garam pada mie instan Anda.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam memilih makanan sehat selama kehamilan demi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan Anda.

Rekomendasi Artikel

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Bolehkah ibu hamil minum kopi? Jika ya, seberapa banyak yang diperbolehkan konsumsi kopi selama kehamilan? itu adalah dua pertanyaan yang sering ditan...
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Dengan rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang beragam dalam buah durian menjadikan buah ini salah satu makan sehat untuk kehamilan. Namun, Bolehka...